Saturday, February 4, 2017

PEMBERSIH WAJAH Macam Pembersih Wajah Sesuai dengan Jenis Kulit

Jenis-jenis Pembersih wajah. Membersihkan muka dengan rutin merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan untuk mendapatkan muka atau wajah yang sehat dan mulus.


Saat membersihkan wajah, penggunaan pembersih wajah atau cleanser yang tepat sangatlah penting. Jika salah memilih tipe tipe pembersih wajah yang tepat, justru akan membuat masalah baru.

Berikut jenis-jenis pembersih wajah yang banyak beredar di pasaran.

Normal cleanser

Bersyukur lah bagi Anda yang punya tipe kulit wajah normal, karena pembersih untuk jenis kulit normal adalah pembersih yang paling populer sehingga sangat mudah didapatkan. Untuk kulit normal, jenis pembersih yang bisa digunakan biasanya hadir dalam bentuk cairan atau liquid dan sabun gel.

Dry cleanser

Cleanser dengan tekstur krim yang dapat membersihkan sekaligus melembapkan kulit biasanya ditujukan untuk kulit wajah yang kering. Selain berjenis krim, dry cleanser juga biasanya hadir dalam bentuk hard milled soap dan synthetic detergents yang ringan di kulit, contohnya seperti Cetaphil atau Aquanil.

Oily skin cleanser

Pembersih jenis ini menggunakan formula water-based, alias mengandung kandungan air yang cukup tinggi mengingat digunakan untuk yang mempunyai kulit wajah berminyak agar mengurangi produksi sebum di wajah. Oily skin cleanser biasanya hadir dalam bentuk sabun batangan, sabun gel dan sabun cair yang kebanyakan juga cocok dikenakan untuk yang mempunyai wajah berjerawat.

Combination skin cleanser

Lain lagi dengan pembersih kulit wajah kombinasi. Cleanser untuk kulit kombinasi tersedia dalam bentuk busa (foam), gel, ataupun lotion yang punya formula pH balance yang diatur sedemikian rupa untuk membersihkan kulit wajah campuran atau kombinasi ini.

Sensitive skin cleanser

Orang-orang yang memiliki kulit wajah sensitif kebanyakan sangat mudah bereaksi jika mencium aroma wewangian atau aroma bahan kimia. Seperti pembersih untuk kulit kombinasi, cleanser untuk kulit sensitif yang kebanyakan bertekstur cair atau liquid ini biasanya mengutamakan kandungan pH yang seimbang agar tidak menimbulkan iritasi di kulit wajah sensitif. Cleanser untuk kulit sensitif tidak akan hadir dalam tekstur kimia seperti cleansing grains (butir-butir pembersih), brushes dan loofahs.

Acne cleanser

Pembersih kulit berjerawat biasanya dihadirkan dengan formula yang mampu mengurangi minyak di wajah, sisa tumpukan polesan produk make-up, keringat, dan debu. Pembersih untuk wajah berjerawart kebanyakan dianjurkan untuk digunakan maksimal 2 kali dalam sehari, mengingat pemakaian berlebih dapat menimbulkan risiko iritasi.

Anti-bacterial cleanser

Bertujuan utama untuk membunuh kuman-kuman bakteri, pembersih wajah anti-bakteri mengedepankan kandungan zat Triclosan sebagai zat aktif untuk membunuh kawanan kuman penyebab masalah kulit wajah. Namun menurut banyak dermatologists, pembersih satu ini sebetulnya juga dapat membuat kulit wajah menjadi kering. Untuk Anda yang ingin menggunakan cleanser anti-bakteri namun memiliki jerawat di wajah, produk seperti Tersaseptic mungkin bisa dicoba.

Mild cleanser

Pembersih wajah dengan formula ringan atau mild cleanser kini hadir di pasaran dengan variasi yang lebih banyak, ada yang ditujukan untuk penggunaan sehari-hari ada juga yang tipe nya dibuat khusus untuk kulit berjerawat, oil free, sampai non-comedogenic. Mild cleanser kebanyakan hadir dengan tekstur yang enteng, sehingga gentle alias nyaman dipakai dalam keseharian.

Anda dapat memilih pembersih wajah yang tepat sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon