Tuesday, October 3, 2017

Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Di dunia ini banyak orang yang mengalami gangguan pendengaran yang serius. Tidak heran hal tersebut terjadi karena cara menjaga kesehatan telinga yang sangat penting sendiri tidak banyak diketahui.

Tips Menjaga Kesehatan Telinga


Telinga juga merupakan salah satu panca indera yang harus dijaga kesehatannya, karena semakin tua umur kita maka kemampuan telinga untuk mendengar akan semakin menurun. Sama dengan kesehatan mata yang dapat menurun dalam kemampuan melihatnya.

Tips Menjaga Kesehatan Telinga


Untuk tetap menjaga kesehatan telinga kita dapat melakukan beberapa cara atau tips. Mulai dari membersihkan telinga dengan cara yang benar, melindungi telinga dari suara keras, menjaga telinga supaya tetap kering dan lakukan pemeriksaan telinga yang teratur ke dokter.

Cara membersihkan telinga dengan benar caranya dengan memberihkan daerah sekitar rongga telinga menggunakan handuk lembut. Kita juga dapat meminta bantuan dari dokter khusus untuk membersihkan telinga dengan alat yang khusus.

Fungsi telinga merupakan untuk mendengar, tapi kapasitas kemampuan untuk mendengar juga terbatas. Tidak semua kategori suara aman didengar oleh telinga kita. Untuk melindungi telinga dari suara keras saat menggunakan alat listrik atau pemotong rumpu sebaiknya menggunakan pelindung telinga.

Saat kita suka mendengarkan musik, disarankan untuk mengatur volume pemutar musik supaya tidak terlalu keras. Jangan mendengarkan 2 sumber suara yang keras dalam 1 waktu, karena dapat merusak pendengaran. Saat anda suka menonton konser, sebaiknya menggunakan penyumbat telinga.

Sedangkan untuk menjaga telinga tetap kering, saat berenang kita dapat menggunakan penyumbat telinga supaya air tidak masuk ke dalam telinga dan jangan lupa untuk mengeringkan telinga menggunakan handuk kering setelah berenang atau mandi.

Gangguan-gangguan Pada Telinga

Ada beberapa orang yang dapat mengalami sulit menangkap pembicaraan diantara keramaian, ada juga orang yang harus menambah volume televisi sampai ada orang lain yang mengeluh karena terlalu keras atau anda sering terganggu oleh suara dengungan dari dalam telinga.

Penyakit telinga atau gangguan pendengaran biasanya terjadi karena beberapa alasan. Mulai dari orang yang dilahirkan sudah memiliki gangguan pendengaran sementara atau kehilangan pendengaran secara perlahan.

Dari sekian banyaknya penyakit ada penyakit yang ringan atau tidak perlu dikhawatirkan dan ada juga beberapa penyakit pendengaran yang tergolong berat sehingga membutuhkan perawatan yang tidak murah.

Gangguan telinga tersebut dapat berupa infeksi pada telinga, kanker telinga, otosklerosis dan penyakit menier. Pada penyakit gangguan infeksi terdiri dari infeksi telinga luar dan infeksi telinga tengah.

Pada infeksi telinga luar terjadi diantara liang telinga bagian luar sebelum gendang telinga. Biasanya disebabkan oleh kebersihan yang kurang, kebiasaan mengorek telinga berlebihan dan kotoran telinga yang menumpuk. Sedangkan infeksi telinga tengah merupakan penyakit yang umum terjadi pada anak-anak. Infeksi telinga luar tersebut biasanya berasal dari virus atau bakteri.

Pada gangguan kanker telinga terdiri dari dari telinga luar dan kanker liang telinga dan kanker telinga tengah. Pada kanker telinga luar biasanya menyerang jaringan kulit, terjadi luka berkeropeng tidak teratur, terjadi pengerasan kulit mulai dari tepi atas bagian luar telinga.

Penyebab dari kanker telinga luar ini biasanya karena terpapar sinar matahari secara langsung dengan waktu yang cukup lama.

Untuk kanker liang telinga dan kanker telinga tengah gejalanya hampir sama, dengan adanya cairan dari liang telinga, dapat menyebabkan kelumpuhan pada wajah di bagian sisi telinga yang terkena, dapat menyebabkan gangguan pendengaran sampai rasa sakit di telinga. Penyakit kanker liang telinga ini juga lebih sering terjadi pada orang dewasa.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon