Monday, October 1, 2018

ANTARA WATER ATAU OIL SKINCARE, INI MANFAAT DAN KELEBIHANNYA

Pilih Water atau Oil Skincare. Kulit yang terlampau kering rentan terhadap iritasi. Dibutuhkan kelembapan agar kulit senantiasa terasa nyaman, tampak halus dan sehat. Lihat juga TAHAPAN SKINCARE YANG TEPAT DI DAERAH TROPIS

ANTARA WATER  ATAU OIL SKINCARE, INI MANFAAT DAN KELEBIHANNYA

Dalam menjaga kelembapan kulit, selain dengan mengonsumsi air yang cukup, diperlukan produk kosmetik berupa pelembap untuk membantu kulit menahan air agar tidak mudah menguap.

Selain karena dirasa aman, produk berbahan dasar air ini juga sehat dan bisa digunakan siapa saja, serta dinilai cocok untuk iklim tropis Indonesia yang bersuhu lembap.

Karena itu, produk berbahan air itu sangat ringan dan nyaman dipakai.

Sebaliknya, produk krim biasanya mengandung lebih banyak minyak, sehingga partikelnya terasa lebih “berat”.

Tak heran bila sebagian perempuan sekarang sudah memilih untuk beralih ke produk berbahan dasar air.

Minyak dan air punya fungsi yang mirip dalam merawat kulit wajah.

Perbedaannya adalah produk water-based ditujukan untuk memberikan hidrasi pada kulit, sedangkan oil-based ditujukan untuk memperkuat lapisan kulit dan memberikan perlindungan, serta membantu melarutkan minyak yang terdapat pada wajah (khususnya untuk produk cleanser).

Hanya saja memang keduanya punya keunggulan dan kekurangan masing-masing, sebaiknya disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit.

Biar tidak bingung memilih, simak manfaat dan keuntungan dari berbahan dasar minyak atau air berikut ini.

A. Water-Based Skincare

1. Lebih mudah diserap pori-pori kulit.
2. Tidak membuat pori-pori rusak dan membesar.
3. Walau cocok dan nyaman untuk hampir semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif, water based skincare bekerja paling maksimal untuk tipe kulit berminyak, karena tidak menyumbat pori-pori yang bisa menimbulkan jerawat.
4. Wajah tidak mudah bruntusan, karena produk berbahan dasar air sudah dikemas aman untuk kulit sensitif dan bebas alkohol.
5. Kandungan air diklaim bebas racun, polutan, dan mikroba.

B. Oil-Based Skincare

1. Sangat cocok untuk perempuan yang banyak beraktivitas di luar ruangan, karena lebih tahan lama menempel di wajah.
2. Mudah menghapus makeup, karena minyak sejatinya sangat berguna untuk menghapus kosmetik, terutama yang waterproof.
3. Minyak di wajah berguna untuk merangsang regenerasi sel-sel, sehingga wajah tidak mudah terkena garis-garis halus dan tanda penuaan lainnya.

Perlu diketahui, tidak ada pula aturan yang mengikat bahwa tipe kulit tertentu harus menggunakan produk water-based atau sebaliknya. Kulit berminyak bisa saja menggunakan produk oil-based. Bisa juga mengombinasikan cleansing oil untuk mengangkat makeup yang dilanjutkan dengan micellar water untuk mengangkat sisa-sisa kotoran.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon