Sunday, January 13, 2019

INI DIA BAHAN ALAMI UNTUK MENGGANTIKAN SABUN CUCI MUKA

8 Bahan Alami Ini Bisa Gantikan Sabun Cuci Muka. Ritual membersihkan muka menjadi bagian penting dari perawatan wajah agar tetap cantik dan sehat. Membersihan wajah dari kosmetik dan kotoran yang menempel tidak bisa ditingggalkan. Jika lalai, bersiap saja jerawat dan masalah kulit lainnya akan muncul. Lihat juga PEMBERSIH MAKEUP ALAMI SAAT DARURAT

INI DIA BAHAN ALAMI UNTUK MENGGANTIKAN SABUN CUCI MUKA

Anda bisa membuat sendiri sabun untuk cuci muka dari bahan-bahan alami yang ada di rumah. Hal ini dapat menghindari Anda dari iritasi akibat kandungan senyawa kimia dalam pencuci wajah kemasan.

Berikut 8 bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengganti facial wash Anda setiap harinya.

1. Minyak kelapa

Bahan alami yang satu ini sangat baik untuk melembabkan kulit wajah. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang sangat baik untuk dermatitis atopik.

Aplikasikan minyak kelapa dengan pada wajah gerakkan memutar selama sekitar 30 detik. Lalu bilas dengan air hangat. Hal ini sangat baik untuk membersikan pori-pori pada kulit wajah Anda.

2. Cuka sari apel

Bahan yang satu ini sudah tak diragukan lagi soal mengatasi masalah kesehatan kulit wajah. Cuka sari apel dapat memulihkan tingkat pH Anda untuk membantu meredakan jerawat, mencegah pori-pori tersumbat, dan melembapkan wajah.

Caranya cukup mudah, Anda hanya jadikan cuka apel ini sebagai toner. Campurkan 1 bagian cuka sari apel dengan 2 bagian air, dan kocok hingga tercampur. Kemudian, oleskan ke wajah yang bersih dengan selembar kapas atau pad.

3. Madu dan Lemon

Kombinasi ini sangat baik dan cocok untuk membersihkan wajah sebagai pelembab alami dan antiseptik. Madu secara alami bersifat antibakteri dan penuh antioksidan, yang terbukti mencegah jerawat dan memperlambat proses penuaan kulit Anda. Madu juga bagus jika Anda mencerahkan warna kulit.

Cara mengaplikasikannya mudah, Campurkan 2 sendok teh madu dan 1 sendok teh jus lemon segar. Hangatkan di antara jari-jari Anda, lalu ratakan lapisan tipis ke wajah dan leher Anda. Biarkan campuran itu sampai kering, lalu bilas dengan air hangat.

4. Yogurt

Yogurt adalah pembersih wajah alami yang sempurna, kaya protein dan asam laktat. Senyawa-senyawa tersebut bekerja bersama untuk membantu detoksifikasi kulit.

Aplikasikan yogurt pada wajah lalu pijat secara perlahan, hal ini dapat membantu membersihkan sisa kotoran atau make up. Biarkan yoghurt selama 5-10 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat dan handuk.

5.Susu dan madu

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, dua bahan alami susu dan madu ini bisa Anda jadikan pilihan untuk membersihkan wajah di rumah. Mencuci wajah dengan susu dan madu juga dapat mencerahkan kulit jika dilakukan secara rutin.

Ambil satu sendok madu dan campurkan dengan dua sendok susu cair. Aplikasikan pada wajah dan pijat dengan gerakan melingkar selama 2-3 menit. Kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat. Lakukan cuci wajah dengan susu dan madu ini dua kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

6. Anggur

Beberapa penelitian kecil telah menemukan bahwa fitonutrien dalam anggur dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari radiasi UV yang berbahaya. Anggur juga mengandung vitamin C, yang terbukti membantu membentuk kolagen, protein yang meningkatkan elastisitas kulit dan membuat Anda terlihat muda.

Caranya, potong anggur besar (merah atau hijau) menjadi 3 atau 4 bagian, buang bijinya. Lalu, gosokkan interior yang berdaging ke wajah dan leher Anda. Ini akan mengkondisikan kulit Anda dan mengurangi kekeringan. Bilas dengan air dingin dan tepuk-tepuk kulit dengan lembut.

7. Pepaya

Pepaya kaya akan nutrisi seperti betakaroten, vitamin C, vitamin B, enzim dan mineral. Lumatkan pepaya lalu oleskan sembari dipijat ke wajah. Anda bisa menambahkan madu atau air mawar. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

Rasakan kesegarannya, pasti jauh lebih segar dari sekedar cuci muka biasa. Lakukan dengan cara yang sama kalau ingin menggunakan pisang atau mangga.

8. Gel lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya adalah pilihan yang tepat buat Anda yang ingin memiliki kulit tampak segar setiap saat. Aloe vera juga bisa mempercepat penyembuhan kulit yang iritasi dan berfungsi sebagai anti inflamasi pada kulit. Teteskan minyak esensial pada gel aloe vera yang akan Anda gunakan untuk membersihkan wajah agar lebih cepat meresap ke kulit wajah.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon