Friday, February 8, 2019

WASPADAI EFEK SAMPING RUTIN MENGGUNAKAN LIDAH BUAYA UNTUK PERAWATAN KULIT

Efek Negatif Menggunakan Lidah Buaya untuk Perawatan Kulit. Tanaman yang memiliki nama latin aloe vera ini sudah sejak lama digunakan untuk perawatan kulit. Lidah buaya dipercaya mampu merawat kulit agar tidak memiliki banyak kerutan, juga bisa mengatasi jerawat, memudarkan bekas luka, mengatasi luka bakar akibat paparan sinar matahari, dan juga menghidrasi kulit. Kulit yang kering terasa lebih lembab dan sehat. Baca juga BAHAN ALAMI UNTU KECANTIKAN KULIT

WASPADAI EFEK SAMPING RUTIN MENGGUNAKAN LIDAH BUAYA UNTUK PERAWATAN KULIT

Namun, di balik manfaat lidah buaya yang sangat menakjubkan itu, ternyata tidak luput dari efek negatif atau efek samping. Berikut beberapa efek samping menggunakan lidah buaya secara alami yang mungkin terjadi.

Gatal pada kulit

Bagi sebagian orang, terutama yang memiliki kulit super sensitif, getah lidah buaya akan menimbulkan rasa gata. Baik pada kulit wajah, tubuh, dan bahkan kulti kepala. Jadi, jika rasa gatal ini terus timbul setiap kali mengaplikasikan aloe vera gel langsung dari tanamannya, lebih baik memilih produk lidah buaya yang sudah diolah dan dikemas.

Reaksi Alergi

Rasa gatal dan juga burning atau perih juga bisa saja timbul. Pada beberapa kasus, aloe vera juice bisa menimbulkan reaksi alergi yang sangat serius. Seperti rasa terbakar, panas, dan juga perih.

Banyak orang yang menggunakan getah lidah buaya untuk meredakan iritasi ringan dan bahkan luka. Namun, jika Anda memiliki alergi atau kulit sangat sensitif, rasa panas, perih, dan terbakar akan timbul.

Kulit Meradang

Efek samping lidah buaya untuk wajah yang berasal dari gelnya dapat menyebabkan ruam dan iritasi. Mengaplikasikan lidah buaya ke wajah setelah proses peeling, misalnya setelah proses mikrodermabrasi atau prosedur chemical peeling juga dapat menyebabkan kulit menjadi merah dan terbakar. Mengaplikasikannya setelah terbakar matahari juga beresiko membuat kulit mengalami ruam dan membengkak.

Mengubah Warna Kulit

Latex dari lidah buaya bisa saja digunakan secara eksternal atau topikal, namun ini pun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Kesalahan penggunaan latex pada kulit wajah bisa menyebabkan kulit berubah warna menjadi kuning. Anda bahkan perlu menghindari penggunaan latex secara topikal apabila memiliki beberapa kecenderungan alergi, karena latex jauh lebih berpotensi menimbulkan alergi daripada gel lidah buaya.

Menimbulkan Bruntusan

Idealnya pemakaian masker wajah lidah buaya hanya digunakan selama beberapa menit saja untuk cara membuat wajah glowing sehingga tidak akan menimbulkan reaksi buruk bagi mereka yang memiliki ciri – ciri kulit sensitif. Namun pemakaian yang terlalu lama pada kulit wajah bisa menimbulkan bruntusan yang kemerahan dan menyebar, bahkan bisa menimbulkan jerawat.

Memperlambat penyembuhan kulit

Walaupun dikatakan cara menggunakan masker lidah buaya dapat menghilangkan bekas luka dengan ampuh, namun hal tersebut ternyata tidak dapat diterapkan pada semua kondisi luka di kulit. Efek samping lidah buaya untuk wajah juga bisa memperlambat penyembuhan luka, termasuk luka bekas operasi dan luka bakar yang parah.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon