9 JENIS ACID AMPUH ATASI PERMASALAHAN KULIT

Kenali 9 Jenis Acid yang Kaya Manfaat Kecantikan. Acid sebagai kandungan utama produk perawatan kulit saat ini sedang menjadi tren kecantikan. Acid dipercaya dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan kulit tergantung jenisnya. Pada umumnya, acid bertindak sebagai eksfoliator dalam produk skin care. Baca juga KULIT CANTIK DENGAN DOUBLE TONING Manfaat Double Toning

9 JENIS ACID AMPUH ATASI PERMASALAHAN KULIT

Meskipun sama-sama mengeksfoliasi, Anda tetap harus teliti memilih acid sesuai kebutuhan dan jenis kulit untuk mendapat hasil yang maksimal serta mencegah terjadinya iritasi.

Berikut 9 kandungan acid yang biasa digunakan.

1. Myristic Acid

Kandungan acid yang diperoleh dari minyak kelapa dan biji pala ini mungkin kurang terdengar familiar di telinga Anda. Padahal, myristic acid seringkali digunakan di industri kecantikan sebagai salah satu komponen sabun pencuci wajah atau sabun mandi karena sifatnya yang mampu menyerap minyak berlebih dan kotoran di kulit. Selain itu, myristic acid juga memiliki sifat melembapkan, sehingga sangat baik untuk mempertahankan kelembapan alami kulit. Jenis acid ini juga diketahui sangat baik untuk Anda yang memiliki tipe kulit kering dan bersisik.

2. Alpha Lipoic Acid

Alpha Lipoic Acid merupakan salah satu senyawa kimia yang memiliki sifat anti-oksidan. Jenis acid ini biasa ditemukan di dalam sayuran, seperti tomat, wortel, bayam, dan juga brokoli. Kandungan acid ini termasuk jenis anti-oksidan yang sangat kuat dan memiliki beragam manfaat kecantikan kulit, di antaranya sebagai anti-aging, memperbaiki tekstur sekaligus warna kulit. Tergolong sebagai jenis acid yang kuat serta berfungsi sebagai exfoliating acid. Meski jenis kandungan asam ini sangat bermanfaat, namun Anda harus tahu bahwa konsentrasi penggunaan alpha lipoic acid pada produk kecantikan dibatasi hanya maksimal 5% saja.

3. Lauric Acid

Lauric acid merupakan asam lemak jenuh yang biasanya ditemukan dalam santan dan minyak kelapa. Secara alami, lauric acid memiliki sifat anti-bakteri dan juga anti-inflamasi yang baik untuk tipe kulit sensitif. Lauric acid biasa digunakan sebagai salah satu kandungan di dalam makeup remover dan pelembap wajah. Bentuk lauric acid yang diekstraksi, biasanya juga digunakan sebagai bahan pembuat sabun atau kosmetik karena acid ini memiliki umur penyimpanan yang cukup lama.

4. Palmitic Acid

Jenis acid yang satu ini merupakan asam lemak jenuh yang biasa ditemukan di dalam minyak pohon palem. Palmitic acid sering dimanfaatkan dalam industri kecantikan sebagai komponen sabun dan produk pembersih lainnya karena memiliki sifat sebagai surfaktan. Tak hanya itu, palmitic acid juga termasuk sebagai emolien yang sangat baik, sehingga dapat mempertahankan kelembapan alami sekaligus menghaluskan kulit. Kadar asam palmitat yang diizinkan di dalam produk kecantikan adalah maksimal 13%.

5. Palmitoleic Acid

Palmitoleic acid merupakan anti-oksidan yang juga mengandung asam lemak omega 7, bermanfaat untuk menyembuhkan luka, termasuk mengobati luka bakar. Tak hanya itu, jenis acid ini juga kaya akan vitamin E dan C yang dapat membantu mencegah kerutan halus di wajah sekaligus menghaluskan kulit. Pemakaian rutin dari produk kecantikan yang mengandung palmitoleic acid diketahui dapat meningkatkan peremajaan sel kulit serta mengurangi dermatitis dan eczema.

6. Azelaic Acid

Azelaic Acid asam yang terbuat secara alami dari barley dan biji gandum. Memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, serta sifat dan khasiat lainnya membuat Azelaic Acid semakin diliirik sebagai kandungan utama dalam produk perawatan kulit untuk atasi jerawat juga memudarkan bekasnya.

Azelaic acid bisa digunakan untuk semua kulit, bahkan kulit sensitif sekalipun.

Tapi, seperti halnya produk acids pada umumnya, reaksi di kulit orang berbeda-beda, dan efek samping yang biasa dialami dengan azelaic acid adalah rasa gatal dan kemerahan.

7. Citric Acid

Citric Acid (asam sitrat) merupakan senyawa asam organik lemah. Biasanya senyawa ini ditemukan pada jeruk lemon, jeruk purut dan jeruk nipis.

Ketika diaplikasikan di kulit, Citric Acid dapat membantu menyamarkan bintik hitam, bekas jerawat garis halus serta warna kulit yang tidak merata.

8. Glycolic Acid

Glycolic Acid merupakan asam yang didapat dari tumbuhan dan sayuran yang mengandung kadar gula tinggi. enis asam ini tergolong lembut karena tidak menembus ke kulit bagian dalam.

Asam glikolat ini banyak digunakan sebagai bahan untuk peremajaan kulit dengan mengurangi munculnya keriput, garis-garis halus, flek-flek hitam, dan noda bekas jerawat. Asam glikolat juga dapat merangsang regenerasi sel-sel baru dan kolagen yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Selain fungsi peremajaan kulit, asam glikolat juga dikenal efektif sebagai bahan eksfoliasi dengan mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki tekstur kulit yang kasar.

Glycolic acid juga merangsang kinerja kolagen, yang dapat membuat kulit lebih kenyal dan kencang.

9. Lactic Acid

Lactic acid merupakan asam yang didapat dari susu, buah atau sayuran. Jenis asam yang satu ini masih satu kelompok dengan glycolic acid, namun tekstur dan sifatnya ringan. Lactic acid bekerja secara efektif pada lapisan terluar kulit sampai dapat mengikis kulit mati. Selain itu, dapat memudarkan noda hitam pada wajah dan menjaga kulit tetap lembap. Bila sering dipakai, dapat meningkatkan produksi kolagen kulit

0 Response to "9 JENIS ACID AMPUH ATASI PERMASALAHAN KULIT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel