KULIT SEHAT DAN CANTIK DENGAN RUTIN KONSUMSI NUTRISI SEHAT INI

Nutrisi Penting untuk Kesehatan Kulit. Kulit yang sehat sangat bergantung pada pola makan yang sehat. Semakin baik nutrisi kita, semakin sehat dan bersinar pula kulit kita. Selain memiliki pola makan yang sehat, melakukan perawatan kulit merupakan cara terbaik menjaga kecantikan dan keindahan kulit. Baca juga 10 GEJALA TUBUH KEKURANGAN NUTRISI

KULIT SEHAT DAN CANTIK DENGAN RUTIN KONSUMSI NUTRISI SEHAT INI

Tak hanya tubuh yang membutuhkan zat-zat bergizi untuk tetap sehat, tetapi kulit pun sangat membutuhkan nutrisi setiap harinya agar tetap sehat dan mampu menggantikan sel-sel kulit mati dengan sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

Berikut ini sejumlah vitamin dan kandungan gizi yang disarankan agar kulit sehat.

Asam lemak omega 3 untuk cegah kulit kering
Asam lemak omega 3 berperan terhadap kondisi kesehatan membran sel yang mempengaruhi kemampuan kelembapan, kelembutan, dan cegah kerut pada kulit. Menurut Jess Nelson, ahli diet terdaftar dan pelatih pribadi bersertifikat merekomendasikan makanan kaya asam lemak omega 3 untuk merawat dan merevitalisasi kulit.

Vitamin terbaik untuk kulit bisa didapatkan dari salmon Alaska, kenari, biji rami, dan minyak zaitun. Konsumsi pula makanan yang mengandung sifat anti-inflamasi seperti minyak biji anggur dan rempah-rempah seperti kunyit dan jahe. Ketika pola diet Anda kekurangan lemak sehat (tak jenuh tunggal), suplemen omega 3 bisa bermanfaat bagi kulit dan kesehatan secara keseluruhan.

Vitamin B1 + B6 untuk keseimbangan kulit
Kandungan vitamin B1, tiamin, banyak ditemukan dalam biji-bijian, kacang-kacangan, dan daging. Sementara itu, vitamin B6, piridoksin, terkandung pula dalam kacang-kacangan, telur, ikan, dan sayuran seperti wortel, bayam dan kacang polong. Beberapa kandungan vitamin B1+B6 bisa lebih efektif manfaatnya dibandingkan vitamin B kompleks yang merupakan vitamin esensial untuk kulit, rambut, dan kuku yang sehat.

Vitamin B1 dan B6 penting dalam menjaga keseimbangan dalam kulit. Vitamin B6 juga membantu berkurangnya kelebihan sebum atau produksi minyak pada kulit.

Vitamin A, C + E untuk antioksidan
Vitamin dengan kandungan antioksidan tinggi ampuh melindungi dan memberikan kekuatan ekstra pada kulit. Vitamin A berperan sebagai kunci pertumbuhan dan pembelahan sel. Sementara itu, vitamin C sangat penting dalam memproduksi kolagen dan melindungi dari radikal bebas. Kemudian, vitamin E melindungi membran sel dari kerusakan dan mengatur kadar vitamin A.

Ketika tubuh memecah polutan, bahan kimia, dan makanan tertentu, maka terciptalah radikal bebas. Antioksidan akan berperan membantu pemecahan radikal bebas, mengurangi stres, dan kerusakan pada kulit. Tak hanya itu, ikut pula membantu perbaikan dan pertumbuhan pada kulit.

Probiotik untuk kulit lebih bersinar
Manfaat probiotik dalam produk perawatan kulit semakin berkembang pesat. Penelitian menunjukkan peran probiotik dalam mengurangi peradangan dan eksim, serta mengurangi produksi minyak dan mengurangi jerawat.

Zinc untuk proteksi kulit
Lapisan terluar kulit Anda memiliki kandungan zinc lima kali lebih banyak daripada lapisan di bawahnya. Beragam manfaat kebaikan zinc untuk kulit di antaranya membantu kulit Anda sembuh setelah cedera, menjaga dinding sel stabil, serta membantu pembelahan dan pertumbuhan sel. Zinc juga bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan bertindak seperti antioksidan.

Flavonoid (dari green tea dan cokelat) untuk melindungi kulit dari kanker
Banyak riset yang membuktikan bahwa kandungan flavonoid dalam green tea atau coklat adalah antioksidan yang kuat dan bisa melindungi kulit dari kanker serta peradangan. Sebuah studi menemukan, bahwa wanita yang mengonsumsi minuman cokelat hangat dengan konsentrasi flavonoid yang tinggi secara rutin selama 3 bulan mempunyai kulit yang lebih halus dan lembut dibanding dengan wanita yang mengonsumsi minuman yang sama tapi dengan konsentrasi flavonoid yang rendah.

Lalu, studi lainnya menemukan bahwa wanita yang kulitnya diolesi dengan ekstrak green tea akan lebih terlindungi dari efek paparan sinar matahari. Walaupun tampak menjanjikan, namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan jika flavonoid memang bekerja sembari menentukan dosis yang tepat.

Polypodium Leucotomos Extract (PLE) untuk melindungi kulit dari paparan matahari
Fungsi dari kandungan PLE ini mampu melindungi kulit dari paparan matahari yang menyebabkan kerusakan, perubahan warna, dan kulit kendur.

Ekstrak ini berasal dari Central American yang melestarikan fibroblast kulit manusia untuk membangun dan memulihkan kolagen kulit sehingga membantu pengurangan kulit keriput tempur dan kulit kendur. Penelitian terbaru dalam International Journal of Dermatology pun menunjukkan bahwa ekstrak PLE ini dapat mencegah kerusakan akibat sinar matahari dengan meningkatkan dosis radiasi UV yang dibutuhkan untuk membuat kulit terbakar.

Glukosamin untuk mengatasi keriput
Kandungan glukosamin membantu kulit terhindar dari garis-garis halus atau kulit yang kendur. Penelitian menemukan khasiat dari asam amino dalam glukosamin dapat menurunkan 34 persen garis halus dan keriput pada wajah.

0 Response to "KULIT SEHAT DAN CANTIK DENGAN RUTIN KONSUMSI NUTRISI SEHAT INI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel