INI DIA FUNGSI TIAP PRODUK SKINCARE DAN URUTAN PAKAINYA

10 Jenis Produk Skincare dan Urutan Pemakaiannya. Untuk Anda pemula yang baru memulai untuk merawat kulit, banyaknya jenis produk skincare tentu membuat sedikit bingung. Beberapa skincare, beda negara terkadang berbeda pula istilahnya, terutama di Asia yang memiliki lebih banyak produk skincare dibanding Amerika atau Eropa. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya kita mengetahui fungsi dari macam jenis produk skincare dan urutan pemakaiannya. Sebagai referensi, baca juga MENGENAL ISTILAH LABEL PADA PRODUK KOSMETIK Arti Cruelty Free Beauty, No Animal Testing, Vegan Beauty dan Leaping Bunny  

INI DIA FUNGSI TIAP PRODUK SKINCARE DAN URUTAN PAKAINYA


Kulit wanita Asia tidak bisa disamakan dengan kulit wanita Kaukasia. Kulit kita cenderung lebih mudah menerima produk yang teksturnya ringan. Tak heran bila untuk urusan rutinitas perawatan wajah wanita Asia membutuhkan lebih dari 5 lapis produk.

Yang Anda harus ingat, pakailah produk dari yang paling ringan teksturnya, lalu lanjut dengan produk yang teksturnya lebih pekat atau kental. Pakai produk di wajah yang sudah bersih setelah melakukan double cleansing dan sesuaikan seberapa produk yang dipakai sesuai kebutuhan kulit Anda masing-masing.

Berikut ini fungsi tiap produk skincare dan urutan pakai yang benar.

1. Exfoliating Toner
Exfoliating toner digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan memperjelas garis halus pada kulit. Exfoliating toner mengandung berbagai macam acid yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Contohnya, kandungan salicylic acid baik untuk jerawat dan bekas jerawat, glycolic acid baik untuk stimulasi produksi kolagen. Toner seperti ini bisa dipakai setiap hari, 2 hari sekali atau disesuaikan dengan jenis kulit dan kandungan yang ada di toner tersebut.

2. Hydrating Toner / Lotion / Skin Refresher
Hydrating toner dibutuhkan untuk mengembalikan kelembapan dan menyeimbangkan pH kulit. Ada beberapa istilah yang populer untuk hydrating toner. Istilah Lotion umumnya digunakan oleh brand Jepang, dan Skin Refresher banyak ditemukan pada produk-produk keluaran Korea. Teksturnya sedikit lebih kental. Biasanya digunakan langsung di telapak tangan, lalu tepuk-tepuk perlahan dan ratakan pada kulit wajah sampai meresap.

3. Booster
Booster berfungsi untuk memberi nutrisi tambahan yang dibutuhkan kulit dan mempersiapkan kulit untuk menerima produk skincare yang akan dipakai setelahnya. Teksturnya pun beragam, ada yang cair, agak kental, bahkan gel. Cara pakainya pun sama seperti hydrating toner, tepuk-tepuk di kulit wajah secara perlahan.

4. Serum
Serum memiliki konsentrasi kandungan aktif lebih tinggi dibandingkan produk lain. Tiap serum memiliki kandungan yang ditargetkan untuk kebutuhan kulit secara lebih spesifik, seperti serum yang mengandung vitamin C untuk mencerahkan kulit, atau serum yang mengandung snail extract yang dikenal dapat memperbaiki struktur kulit dan memperkecil pori-pori.

5. Essence
Ada beberapa brand yang memiliki essence, namun tidak memiliki serum, dan begitu juga sebaliknya. Keduanya tidak jauh berbeda dan kembali lagi pada kebijakan setiap brand. Namun bagi brand yang memiliki serum dan juga essence, biasanya essence memiliki konsentrasi kandungan aktif yang sedikit lebih rendah dibandingkan serum. Teksturnya pun beragam, ada yang cair, sedikit lebih kental, sampai gel.

6. Ampoule
Ampoule dikenal sebagai produk yang memiliki konsentrasi kandungan aktif paling tinggi. Ukurannya biasanya paling kecil dan teksturnya paling cair jika dibandingkan dengan serum dan essence sehingga mudah menyerap.

7. Emulsion
Emulsion juga dikenal sebagai light moisturizer. Teksturnya cukup cair seperti susu yang berfungsi untuk melembapkan kulit. Di Korea, light moisturizer atau emulsion ini dikenal dengan istilah Lotion. Padahal di Jepang, istilah lotion dipakai sebagai toner. Jangan sampai tertukar, ya. Perhatikan asal brand yang Anda pakai agar tidak salah penggunaan.

8. Moisturizer
Moisturizer akrab dikenal sebagai pelembap. Bagi Anda yang punya kulit berminyak, pilih moisturizer dengan tekstur gel, sedangkan bagi pemilik kulit kering, pilih yang teksturnya krim.

9. Face Oil
Face oil seperti namanya memang ditargetkan untuk kulit wajah. Teksturnya lebih ringan dan mudah menyerap pada kulit. Kita hanya membutuhkan 2 - 4 tetes saja untuk seluruh wajah.

10. Sleeping Mask
Sleeping Mask adalah langkah terakhir dalam rutinitas perawatan skincare yang penting untuk digunakan untuk memberi kelembapan dan memperbaiki tekstur kulit selama proses regenerasi. Masker jenis ini biasanya memiliki tekstur seperti gel, digunakan dengan meratakannya ke seluruh wajah, lalu diamkan selama semalam, dan bilas di keesokan harinya.

0 Response to "INI DIA FUNGSI TIAP PRODUK SKINCARE DAN URUTAN PAKAINYA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel