WHITE TEA, KAYA MANFAAT BAIK UNTUK KECANTIKAN KULIT DAN RAMBUT

Menjaga Kecantikan Kulit dengan Rutin Konsumsi White Tea. White tea merupakan jenis teh yang dikenal memiliki kandungan anti-oksidan lebih tinggi dari jenis teh lainnya. Berkat kandungan tersebut, white tea dipercaya memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Lihat juga TEH HITAM KOMBUCHA DAN KECANTIKAN Cegah Penuaan Dini dan Hilangkan Flek di Wajah dengan Teh Kombucha

WHITE TEA, KAYA MANFAAT BAIK UNTUK KECANTIKAN KULIT

White tea atau teh putih berasal dari daun camellia sinensis yang diolah dengan proses minim, karenanya ia kaya akan antioksidan. Daun dan pucuk camellia yang dipetik harus yang masih muda, belum berkembang dan masih diselimuti rambut putih. Dari sinilah nama 'white tea' berasal.

Setelah pucuk daun yang dipetik melayu, kurang lebih dalam waktu 72 jam, dedaunan tersebut dikeringkan untuk mencegah oksidasi. Ini membantu menjaga nutrisi dan warna alami teh.

Teh putih atau white tea ini memiliki antioksidan, polifenol, katekin, flavonoid, dan tanin dalam jumlah tinggi. Serta mengandung lebih sedikit kafein dibandingkan dengan varietas teh lainnya seperti teh hijau dan teh hitam.

Satu cangkir white tea memiliki kandungan anti-oksidan yang lebih besar daripada 10 gelas jus apel, serta memiliki kandungan vitamin C 31 kali lebih banyak, dan vitamin E 100 kali lebih banyak dari minuman lain yang mengandung anti-oksidan. Selain kaya anti-oksdian, white tea juga memiliki aroma yang lebih harum dan lembut, serta rasa yang lebih segar berkat usia daun yang masih muda.

Manfaat Mengonsumsi White Tea Untuk Kulit

Menjaga kulit dari efek buruk sinar UV

senyawa aktif dalam ekstrak white tea dapat mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan dari stres oksidatif. Selain itu, ekstrak white tea dapat membantu memperbaiki kerusakan DNA pada sel-sel kulit yang terjadi akibat sinar UV.

Mengatasi masalah jerawat

Masalah kulit berjerawat bukan hanya disebabkan oleh faktor hormon, tetapi juga dapat terjadi akibat polusi dan penumpukan racun dalam tubuh. Menurut penelitian yang dilakukan Kinsington University London, kandungan anti-oksidan yang tinggi dalam white tea dapat membantu mengeluarkan tumpukan racun dalam tubuh, sehingga masalah jerawat pun dapat teratasi. Untuk merasakan manfaat ini, Anda dapat mengonsumsi white tea sebanyak 2 kali sehari secara rutin untuk membantu proses detoksifikasi tubuh. Selain itu, Anda juga bisa mengompres area kulit bermasalah menggunakan kantung teh untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Sebagai anti-aging

Bahan-bahan alami dengan kandungan anti-oksidan dikenal memiliki manfaat sebagai bahan anti-aging. Demikan pula dengan white tea yang memiliki kandungan anti-oksidan paling tinggi di antara jenis teh lainnya. Mengonsumsi teh putih dipercaya dapat membantu kulit menangkal masalah penuaan pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas, seperti flek hitam, warna kulit yang tidak merata, dan juga garis-garis halus. Tak hanya itu, kandungan fenol yang tinggi pada teh ini juga dapat memperkuat kolagen dan elastin yang dapat mencegah munculnya keriput.

Meredakan iritasi atau ruam kulit

Selain kaya akan anti-oksidan, white tea juga kaya akan zat aktif yang berfungsi sebagai anti-inflamasi. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa teh putih memiliki manfaat untuk meredakan iritasi, hingga kulit kemerahan pada penderita kondisi kulit rosacea dan psoriasis. Catechin pada white tea juga dapat mengurangi pelebaran pembuluh darah yang menjadi penyebab munculnya ruam pada kulit. Selain itu, kandungan zat anti peradangan yang terdapat di dalam teh jenis ini juga dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan pada kulit.

Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman menemukan fakta bahwa white tea dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara membakar dan mencegah pembentukan sel-sel lemak. Selain itu, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School, katekin yang ditemukan dalam white tea juga memiliki sifat antiangiogenik atau dapat mencegah kelebihan berat badan.

Menjaga kesuburan rambut

Teh putih merupakan sumber Epigallocatechin gallate (EGCG) yang penting untuk kelangsungan hidup sel rambut.

Menurut hasil penelitian dari Konkuk University, Korea Selatan, EGCG juga menjadi komponen penting dalam perawatan untuk dermatitis kulit kepala.

0 Response to "WHITE TEA, KAYA MANFAAT BAIK UNTUK KECANTIKAN KULIT DAN RAMBUT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel