KELEBIHAN DAN KEKURANGAN NIACINAMIDE, JENIS VITAMIN B3 YANG BERMANFAAT DALAM PERAWATAN KULIT

Manfaat Niacinamide, Jenis Vitamin B yang Bagus untuk Kulit. Berbagai brand perawatan kulit kini banyak yang menggunakan bahan Niacinamide sebagai kandungan utama, dari mulai pencuci wajah, toner, face mist, essence, hingga serum. Niacinamide atau yang biasa disebut Niacin merupakan kelompok dari vitamin B yang terdiri dari gabungan vitamin B3 dan nicotinic acid. Niacinamide dikenal mudah larut dalam air yang bagus untuk kesehatan kulit. Sebagai referensi, baca juga FAKTA PENTING SEPUTAR PH KULIT WAJIB DIKETAHUI

KEEBIHAN DAN KEKURANGAN NIACINAMIDE, JENIS VITAMIN B3 YANG BERMANFAAT DALAM PERAWATAN KULIT

Niacinamide terkandung di beberapa jenis makanan, seperti ayam, salmon, tuna, dan sayuran hijau. Tubuh manusia membutuhkan niacinamide ini untuk kesehatan otak, sistem pencernaan, dan sistem saraf manusia. Mengutip dari OSKIA Skincare, niacinamide mulai digunakan pada abad ke-20 untuk mengobati pellagra, penyakit kulit yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin B3 yang menyebabkan kulit menjadi radang, kering, dan bahkan mengelupas. Sekarang, niacinamide mulai sering digunakan sebagai bahan produk skincare karena beragam kegunaannya untuk kulit, terutama untuk kulit berjerawat.

Berikut beberapa info mengenai Niacinamide berdasarkan kelebihan dan kekurangannya.

1. Mengatasi hiperpigmentasi
Untuk kulit yang bermasalah dengan bekas jerawat atau warna kulit yang belang, skincare dengan kandungan Niacinamide dapat mendorong produksi kolagen pada kulit sehingga kulit tampak lebih cerah dan beberapa bagian yang gelap pada wajah akan kembali merata.

2. Mengatasi kemerahn pada kulit berjerawat
Niacinamide membantu memperkuat pertahanan lapisan kulit yang paling luar. Karena kemampuan tersebut, vitamin B3 ini dapat mengencangkan kulit dan mempunyai sifat anti-inflammatory yang bagus untuk menghilangkan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat dan meredakan jerawat yang meradang.

3. Mengontrol produksi minyak
Kandungan Niacinamide dapat memperbaiki kelenjar lipid sehingga produksi minyak pada wajahmu dapat terkontrol, hal itu juga dapat mencegah tumbuhnya jerawat. Bagi pemilik kulit berminyak, Anda bisa mencoba mulai dari produk toner atau essence yang memiliki tekstur mudah terserap pada kulit.

4. Mengatasi tanda penuaan pada kulit
Penuaan pada kulit umumnya terjadi karena kurangnya produksi kolagen pada kulit wajah. Hal tersebut dapat diatasi oleh kandungan Niacinamide yang dapat mendorong produksi kolagen dan terbentuknya elastin baru sehingga kerutan halus dan kulit yang kendur dapat kembali menjadi lebih sehat.

5. Menjaga kelembapan kulit
Niacinamide juga menjaga kelembapan kulit karena vitamin B3 ini meningkatkan produksi ceramide, kandungan yang mengunci kadar air pada kulit.

6. Tidak semua kulit bisa menggunakan Niacinamide
Walaupun kandungan Niacinamide memang aman untuk semua jenis kulit, namun perlu diketahui bahwa ada sebagian kulit yang alergi dengan kandungan yang satu ini. Biasanya kulit yang alergi Niacinamide harus mencari produk kecantikan dengan kandungan alternatif lainnya yang dapat diterima oleh kulitnya.

7. Dapat menimbulkan iritasi
Kandungan Niacinamide yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit biasanya tergantung oleh persenan kandungan tersebut pada produk skincare yang digunakan. Jika ingin mencoba, mulailah dengan kandungan Niacinamide yang paling rendah agar Anda mengetahui batas penggunaan bahan tersebut.

8. Tidak dapat digunakan oleh kulit sensitif
Buat pemilik kulit sensitif, sepertinya kandungan Niacinamide kurang bersahabat dengan kulit. Walaupun belum ada penelitian yang memberikan alasan kuat untuk hal ini namun bagi sebagian orang yang memiliki kulit sensitif mengaku bahwa produk skincare dengan kandungan Niacinamide yang mereka coba dapat memberikan reaksi kemerahan pada kulit. Jika mengalami hal yang sama, sebaiknya segera hentikan pemakaian.


0 Response to "KELEBIHAN DAN KEKURANGAN NIACINAMIDE, JENIS VITAMIN B3 YANG BERMANFAAT DALAM PERAWATAN KULIT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel