SERBA-SERBI ASAM KOJIC, KANDUNGAN DALAM KOSMETIK YANG DAPAT MENCERAHKKAN KULIT

Asam Kojic, Bahan Alami Pencerah Kulit. Asam kojic adalah asam alami yang berasal dari jamur dan beras. Menurut para ahli, asam kojic merupakan pilihan terbaik untuk merawat kulit yang terlalu sensitif dan kusam, karena memiliki fungsi seperti retinol dan hidrokuinon. Baca juga MANFAAT TRANEXAMIC ACID DALAM PRODUK PERAWATAN KULIT
SERBA-SERBI ASAM KOJIC, KANDUNGAN DALAN KOSMETIK YANG DAPAT MENCERAHKKAN KULIT


Asam ini sebenarnya telah lama digunakan sebagai bahan tambahan makanan, seperti untuk mematangkan buah dan mencegahnya menjadi busuk. Hal yang sama dapat dilakukan asam kojic pada kulit. 

Asam kojic biasanya digunakan dalam produk skincare topikal untuk mengurangi pigmentasi dengan menghambat aktivitas tirosinase. Tirosin adalah asam amino yang diperlukan untuk memproduksi melanin yang merupakan pigmen yang mempengaruhi warna rambut, kulit, dan mata.

Kegunaan utama dari asam kojic sebenarnya adalah meringankan kerusakan akibat paparan sinar matahari, bintik-bintik gelap akibat penuaan, dan bekas luka. 
Kegunaan lainnya yang juga populer adalah memudarkan perubahan warna kulit.

Berikut manfaat lain dari Asam Kojic.

1. Mengurangi Pigmentasi
Selain bintik-bintik dan melasma, ada banyak pula jenis masalah lain dari pigmentasi kulit yang dapat diatasi dengan asam kojic, karena ia mampu memperlambat produksi melanin. 

Lebih spesifik lagi, asam kojic memiliki sifat-sifat antioksidan yang dinamakan enzim tirosinase, di mana mereka bereaksi dengan asam amino yang terbukti ampuh dalam menghentikan produksi melanin. 

Dengan menghentikan produksi melanin, maka asam kojic dapat mengembalikan warna kulit yang semula gelap akibat paparan sinar matahari berlebihan menjadi kulit yang lebih cerah merata. 

2. Menghilangkan Bintik-Bintik
Semua orang memiliki sel-sel yang menghasilkan warna pigmen pada kulit yang disebut lapisan melanosit. Lapisan ini berguna untuk memproduksi melanin pada kulit yang selama ini sering terpapar sinar matahari dan zat-zat berbahaya lainnya.

Sementara pigmen melindungi Anda dari sinar matahari, lapisan melanosit dapat rusak jika kulit sering terkena paparan sinar matahari terus-menerus. Hasil dari rusaknya melanosit ini sering membuatnya memproduksi melanin yang berlebih.

Akibatnya, mulai timbul bintik-bintik hitam pada kulit. Komponen dari asam kojic mampu melawan bintik-bintik hitam tersebut untuk memutihkan kulit. 

3. Melasma
Melasma adalah gelap pada kulit yang lebih besar daripada bintik. Hal ini merupakan akibat dari kelebihan produksi melanin pada melanosit. 

Melasma dapat menggelapkan kulit wajah, biasanya mempengaruhi area di sekitar pipi, dahi, rahang dan daerah di sekitar mulut. 

Melasma dapat terjadi karena sering berpaparan langsung dengan sinar matahari atau radiasi selular. Khususnya untuk wanita, melasma dapat juga dipicu oleh suplemen estrogen, pil KB, atau kehamilan. 

Asam Kojic memiliki serangkaian produk krim pemutih dan gel yang dirancang untuk mengurangi bintik-bintik melasma tersebut. 

Jika Anda memiliki melasma, maka Anda harus menghindari berhadapan dengan matahari langsung dan segera diskusikan produk asam kojic dengan penyedia layanan kesehatan Anda. 

Para ahli percaya bahwa asam kojic bekerja lebih baik dan lebih cepat jika digunakan bersama-sama dengan kandungan pencerah kulit lainnya, seperti hidrokuinon dan asam glikolat. 

Namun, kamu harus berhati-hati, terutama jika menggunakan asam kojic bersamaan dengan asam yang sering mengiritasi, seperti retoinoid, asam alfa hidroksi, dan vitamin C. 

Sebaiknya gunakan asam kojic secara bertahap, karena menggunakan asam ini dalam waktu lama dapat membuat kulit lebih rentan terhadap paparan sinar matahari. Aturan utama menggunakan asam kojic adalah mengaplikasikannya di area kulit yang hiperpigmentasi, tidak boleh di seluruh permukaan kulit.

Asam kojic juga bisa digunakan sebagai pengganti atau penyesuaian terhadap hidrokuinon. 

0 Response to "SERBA-SERBI ASAM KOJIC, KANDUNGAN DALAM KOSMETIK YANG DAPAT MENCERAHKKAN KULIT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel