JANGAN TERTIPU! 8 MAKANAN SEHAT INI JUSTRU MEMBAHAYAKAN KESEHATAN TUBUH

Ancaman Kesehatan Dibalik Label Makanan Sehat. Di tengah maraknya tren makanan sehat di media sosial belakangan ini, ternyata beberapa produk yang selama ini kita anggap bernutrisi ternyata juga bisa merusak tubuh kita. Baca juga KANDUNGAN SUPERFOOD DI DALAM SKINCARE DAN MANFAATNYA UNTUK KECANTIKAN KULIT 

JANGAN TERTIPU! 8 MAKANAN SEHAT INI JUSTRU MEMBAHAYAKAN KESEHATAN TUBUH

Salah satunya adalah jus buah segar yang terlihat sehat dibandingkan dengan minuman bersoda lainnya, tetapi sebenarnya dapat membawa kita selangkah lebih dekat ke penyakit diabetes. Berikut ini 8 makanan yang terlihat sehat, padahal sebenarnya bisa membahayakan kesehatan kita.

1. Jus buah segar

Buah dianggap penting untuk asupan nutrisi dan jus segar adalah cara mudah untuk menambahkannya ke dalam menu harian kita.

Namun, dalam bentuk cair, buah-buahan kehilangan sebagian besar unsur sehatnya, seperti serat, yang berperan penting dalam pencegahan diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

Selain itu, konsumsi jus yang tidak terkontrol sebenarnya dapat menyebabkan masalah kesehatan, karena jumlah gula yang dikandungnya.

Faktanya, beberapa dari jus buah memiliki gula sebanyak satu kaleng cola!

Dianjurkan untuk makan buah utuh daripada minum jus.

Satu buah sudah cukup untuk membuat kita kenyang dan memuaskan keinginan kita akan sesuatu yang manis, sedangkan untuk membuat segelas jus biasanya membutuhkan beberapa buah sekaligus.

2. Granola bars

Meski kaya nutrisi, beberapa granola bars juga kaya akan gula tambahan.

Menurut Nutrient Database, granola bars paling populer mengandung 15 hingga 30 gram gula per porsi.

Di sisi lain, jika dipilih dengan benar, snack bar adalah cara sempurna untuk membunuh rasa lapar dan menghindari makan berlebihan karena sudah proporsional dan mengandung banyak nutrisi penting.

Granola bars yang ideal harus mengandung setidaknya 3 g serat, 5 g protein, dan kurang dari 10 g gula.

3. Sushi

Sushi itu sendiri tidak berbahaya. Namun, berbagai bahan dan aditif dalam sushi yang menyebabkan masalah utama.

Banyak sushi saat ini mengandung mayones, krim keju, saus, dan produk kontroversial lainnya yang membuat satu sushi berkalori tinggi.

Untuk menghindari masalah berat badan, pilih sushi sederhana dengan salmon atau sashimi.

4. Ikan hasil budidaya

Ikan liar kaya akan sumber asam lemak Omega-3 yang sehat, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Namun kandungannya sangat tergantung pada apa yang dimakan ikan tersebut.
Sayangnya, ikan yang kita beli di supermarket biasanya tidak berasal dari laut, tetapi dari peternakan.

Oleh karena itu, mereka tidak hanya kekurangan nutrisi yang sehat, tetapi juga mengandung bahan kimia tambahan yang digunakan petani untuk mempercepat pertumbuhannya.

5. Makanan bebas lemak

Pada abad terakhir, diet bebas lemak pernah booming. Hingga ahli gizi menyadari bahwa produsen mulai mengganti lemak sehat dengan gula olahan untuk menjaga rasa alami produk.

Jadi, alih-alih mendapatkan apa yang tampak seperti camilan sehat, kita benar-benar mengonsumsi bom gula terselubung.

Sekarang para ahli merekomendasikan untuk memilih produk susu yang kaya protein dan lemak sehat, seperti keju cottage atau yogurt Yunani, yang tidak mengandung gula olahan.

6. Sereal

Sereal selalu dianggap sebagai solusi sederhana untuk sarapan yang sehat dan bergizi. Namun, tidak semua jenis sereal memberikan jumlah manfaat yang sama.

Mayoritas sereal terbuat dari biji-bijian olahan. Selama pemrosesan ini, sereal kehilangan sejumlah besar serat dan nutrisi lain yang membantu kita tetap kenyang.

Belum lagi jumlah gula yang ditambahkan ke sereal agar terasa lebih enak dan lebih menarik bagi anak-anak.

Asupan gula yang meningkat dapat menyebabkan diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Alih-alih sereal, pilih oatmeal atau alternatif biji-bijian yang mengandung cukup serat untuk membuat kita kenyang dan energik.

7. Roti putih

Roti putih adalah produk lain yang terbuat dari biji-bijian olahan yang kekurangan nutrisi dan serat yang sehat.

Sementara serat berkontribusi pada berat badan yang sehat, tekanan darah yang baik, dan risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

Fakta bahwa roti putih tidak memilikinya mungkin menjadi alasan mengapa kita menghadapi semua masalah itu.

Roti gandum utuh bisa menjadi alternatif yang baik. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi harian mengurangi risiko penyakit yang disebutkan di atas.

8. Kedelai

Tanaman kedelai dikatakan sebagai tanaman tunggal yang paling merusak karena merampas nutrisi tanah.

Selain itu, sebagian besar kedelai dimodifikasi secara genetik, yang berarti kita hampir tidak mendapatkan nutrisi yang dijanjikan.

Masalah lain dengan kedelai adalah konsentrasi isoflavon yang tinggi, atau estrogen tanaman, yang meningkatkan kadarnya dalam tubuh dan mengganggu siklus menstruasi.

Untuk alasan yang sama, asupan kedelai biasanya dikaitkan dengan peningkatan aktivitas hormon tiroid, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak terduga, berkeringat, dan pembengkakan di leher.

0 Response to "JANGAN TERTIPU! 8 MAKANAN SEHAT INI JUSTRU MEMBAHAYAKAN KESEHATAN TUBUH"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel