KOSMETIK & KESUBURAN WANITA Bahan Kosmetik Berbahaya Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Zat Kimia Berbahaya dalam Kosmetik Wanita. Menggunakan produk kosmetik menjadi bagian keseharian wanita. mulai dari lipstik, bedak, losion, pewarna kuku, sabun antibakteri, hingga krim anti-penuaan. Akan tetapi, jika Anda belum dikaruniai seorang anak, sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan produk kosmetik tersebut. Para praktisi kesehatan meng-klaim beberapa produk kosmetik mengandung zat kimia yang sangat tinggi, dapat mengganggu kesuburan wanita.


Berbagai zat kimia pada produk-produk kecantikan perempuan justru tidak bagus buat hormon dan sistem reproduksi.

Bila jumlah hormon tidak seimbang, peluang untuk memproduksi sel-sel telur dan sperma yang sehat akan berkurang.

Beberapa zat kimia yang bisa merusak hormon endokrin ditemukan pada produk kosmetik dan dipastikan bisa mengganggu fungsi ovarian, menyebabkan keguguran, dan ketidaksuburan.

Diantaranya, sabun antibakteri yang bisa mengurangi peluang hamil. Sabun antibakteri mengandung triclosan yang bisa menyebabkan terganggunya produksi endokrin dan sistem reproduksi. Begitu juga dengan paraben, pengawet dan pembasmi bakteri yang terdapat pada sampo, sabun, dan kondisioner, yang berbahaya buat kesuburan bila jumlahnya terlalu banyak.

Bukan hanya pewarna kuku yang berbahaya buat kesuburan. Pembersih cat kuku juga tidak baik karena mengandung aseton, methyl methacrylate, toluene, dan ethyl acetate. Zat lain yang berbahaya adalah toluene, yang digunakan untuk membuat cat kuku terlihat berkilau. Begitu juga dengan phthalates, yang bisa ditemui di hampir semua produk kosmetik. Zat ini bisa mengganggu kesuburan, produksi hormon, juga berkumpul di air susu ibu selama masa kehamilan. Tentu saja berbahaya jika diminum bayi.

Menurut pakar kesehatan, paparan dari zat-zat kimia tersebut membuat risiko keguguran makin tinggi. Begitu pula risiko bayi lahir dengan cacat fisik atau mental. Pemulas bibir adalah produk kosmetik dengan jumlah rata-rata jenis zat kimia terbanyak, 33, diikuti losion tubuh (32), pemulas mata (26), krim pembuat kulit cokelat (22), pemulas pipi (16), sampo (15), dan deodoran (15).

Tampil cantik saat sedang merencanakan kehamilan ataupun saat hamil sebaiknya harus berhati-hati dan selalu memperhatikan kandungan kosmetik yang Anda gunakan. Pastikan kosmetik Anda tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya buat kesuburan dan calon bayi Anda.


0 Response to "KOSMETIK & KESUBURAN WANITA Bahan Kosmetik Berbahaya Mempengaruhi Kesuburan Wanita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel