MENGENAL JENIS KETOMBE DAN CARA TEPAT MENGATASINYA

6 Jenis Ketombe dan Cara mengatasinya. Serpihan putih di rambut atau ketombe tentu mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, perlu diketahui terlebih dahulu jenis ketombe yang Anda miliki agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Lihat juga CARA TEPAT MERAWAT RAMBUT DENGAN MASKER RAMBUT

MENGENAL JENIS KETOMBE DAN CARA TEPAT MENGATASINYA

Berikut ini jenis ketombe yang ada dan cara mengatasinya.

1. Ketombe akibat kulit kepala kering

Memiliki kulit kepala yang kering juga bisa menyebabkan ketombe pada kepala Anda. Jika ini menjadi penyebabnya, pastikan untuk mencari formula sampo yang ringan sehingga tidak mengikis minyak alami pada kulit kepala Anda.

2. Ketombe akibat Kulit kepala berminyak

Sebum adalah minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar sebasea untuk melembapkan rambut dan kulit, melindunginya jadi kering, juga mencegah tanda penuaan. Namun, produksi sebum yang berlebihan (karena pubertas, kehamilan, stres, dan keramas yang ngga teratur) yang kemudian bercampur dengan kotoran dan sel kulit mati dapat menimbulkan ketombe. Pada jenis ini, ketombe akan terlihat seperti serpihan kekuningan pada kulit kepala, muncul rasa gatal, dan rambut yang berminyak.

3. Ketombe akibat jamur

Jamur pada kulit kepala atau yang dikenal dengan Malassezia globosa akan memproduksi asam oleat yang dapat meningkatkan produksi sl kulit pada kulit kepala. Untuk mengetahuinya, coba lihat ketombe yang dimiliki. Jika berwarna putih kekuningan dan disertai rasa gatal, itu tandanya Anda mengalami ketombe yang diakibatkan oleh jamur. Dalam hal ini, penanganan ahli seperti dokter kulit mampu menuntaskan masalah ketombe Anda.

4. Ketombe akibat kotoran di kulit kepala

Biasanya ini terjadi bagi Anda yang gemar menggunakan produk styling. Produk tersebut akan meninggalkan residu apabila tidak tuntas membersihkannya. Jadi pastikan untuk rutin cuci rambut agar residu produk styling luruh sempurna

5. Ketombe akibat psoriasis

Kondisi ini membuat membentuk kulit menjadi kronis yang diakibatkan oleh sistem imun yang menyerang jaringan kulit sehar. Produksi sel kulit akan meningkat sebelum kulut mati mengelupas dan membentuk lapisan baru yang terasa gatal dan kemerahan. Untuk mengatasinya, penggunaan sampo dengan kandungan Salicylic acid dan zinc dapat menjadi solusi tepat untuk Anda.

6. Ketombe akibat Seborrheic dermatitis

Seborrheic dermatitis adalah kondisi kulit inflamasi kronis yang dapat berkembang di beberapa area tubuh dengan konsentrasi kelenjar sebasea tinggi. Ini meliputi kulit kepala, leher, belakang telinga, wajah, dan alis. Penelitian menemukan kalau kondisi ini disebabkan oleh reaksi inflamasi pada ragi alami pada permukaan kulit, stres, dan perubahan hormon. Kalau ketombe terlihat seperti serpihan kulit mati, disertai kulit kepala yang terasa berminyak, iritasi, dan terlihat kemerahan, berarti Anda mengalami ketombe akibat Seborrheic Dermatitis.

0 Response to "MENGENAL JENIS KETOMBE DAN CARA TEPAT MENGATASINYA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel