MENGATASI SEBACEOUS FILAMENTS, BINTIK HITAM MIRIP KOMEDO

Mengenal Sebaceous Filaments dan Perawatan untuk Mengatasinya. Selama ini kita sering salah mengira, pori-pori yang terlihat seperti bintik-bintik gelap kecil sebagai komedo. Padahal bisa  jadi itu sebaceous filaments. Baca juga 9 CARA ALAMI MENGHILANGKAN KOMEDO DAN TANPA RASA SAKIT

MENGATASI SEBACEOUS FILAMENTS, BINTIK HITAM MIRIP KOMEDO


Berbeda dengan komedo, sebaceous filaments bukanlah sebuah masalah kulit yang perlu disingkirkan. Bahkan, sebenarnya kondisi ini tergolong normal. 

Sebaceous filaments merupakan partikel yang dirilis oleh kelenjar minyak. Partikel ini diperlukan untuk mendistribusikan sebum ke permukaan kulit melalui folikel rambut, tujuannya adalah untuk menjaga kulit agar tetap lembap dan fleksibel. Saat menumpuk dalam jumlah yang banyak, partikel ini memiliki tampilan menyerupai komedo. Namun, saat jumlahnya sedikit, sebaceous filaments berwarna kekuningan atau keabuan. Hal lain yang membedakan komedo dengan sebaceous filaments adalah bentuknya yang rata dengan permukaan kulit.

Sebaceous filaments adalah proses alami dan normal. Pada orang yang memiliki kulit yang sangat berminyak atau cenderung memiliki pori-pori yang membesar atau pori-pori yang tersumbat dengan mudah, sebaceous filaments mungkin lebih terlihat. Sebaceous filaments dapat sangat terlihat di bagian hidung dan juga dapat muncul di dagu, pipi, dahi, bahkan dada. 

Keberadaan sebaceous filaments sebenarnya tergolong normal dan tidak menyebabkan dampak buruk bagi kulit. Kondisi ini juga tidak bisa dihilangkan karena akan terus-terusan muncul secara alami. Maka itu, Anda hanya bisa meminimalisir tampilannya saja.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu meminimalisir tampilan sebaceous filaments. Cara pertama adalah dengan melakukan ekstraksi. Namun, prosedur ini wajib dilakukan oleh profesional karena berisiko menyebabkan efek samping seperti iritasi dan menimbulkan bekas luka. Setelah melakukan ekstraksi pun, sebaceous filaments akan tetap muncul.

Cara kedua adalah dengan melakukan pencegahan. Mulai dari eksfoliasi secara rutin, menggunakan masker untuk menyerap sebum, hingga menggunakan pelembap yang meminimalisir produksi sebum.

Jika Anda ingin membuat sebaceous filaments kurang terlihat, sebaiknya konsultasikan dengan ahli kecantikan untuk memastikan apakah mereka sebenarnya adalah sebaceous filaments atau bukan. Jangan menggunakan perawatan-perawatan DIY karena khawatir itu akan memperparah kondisi kulit. 

0 Response to "MENGATASI SEBACEOUS FILAMENTS, BINTIK HITAM MIRIP KOMEDO"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel