SERING TIDUR DENGAN RAMBUT BASAH? INI DIA 8 BAHAYA YANG MENGINTAI

8 Bahaya Mengintai dari Kebiasaan Tidur dengan Rambut Basah. Mandi dan mencuci rambut di malam hari menjadi kegiatan yang menenangkan setelah seharian beraktivitas. Namun rasa kantuk membuat beberapa orang tidak sempat mengeringkan rambut setelah keramas di malam hari. Padahal, tidak mengeringkan rambut dapat menyebabkan beberapa risiko penyakit. Baca juga ANEKA MANFAAT MINYAK KEMIRI UNTUK PERAWATAN RAMBUT 

SERING TIDUR DENGAN RAMBUT BASAH? INI DIA 8 BAHAYA YANG MENGINTAI

1. Iritasi kulit kepala

Umumnya, iritasi kulit kepala disebabkan oleh sampo. Namun jangan langsung menyalahkan sampo atas hal ini. Bisa jadi karena kebiasaanmu tidur dengan rambut basah. Ketika tidur dengan rambut basah, lingkungan lembap dan hangat dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri.

2. Infeksi jamur
Tidur dengan rambut basah akan meningkatkan risiko terkena infeksi jamur di kulit kepala. Jamur, seperti Malassezia, dapat memicu pertumbuhan ketombe atau dermatitis.

Seiring dengan jamur yang hadir secara alami di kulit kepala, bantal juga bisa menjadi sarang jamur. Jamur tumbuh subur di lingkungan yang hangat. Sarung bantal menjadi tempat berkembang biak ideal.

Sebuah penelitian menemukan, ada sekitar 6 hingga 16 spesies jamur dalam setiap sarung bantal. Di antaranya termasuk pula Aspergillus fumigatus, spesies jamur yang dapat menyebabkan infeksi parah pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

3. Membuat rambut kusut

Rambut basah lebih rentan terhadap kerontokan dan kusut. Ketika kamu tidur dengan rambut basah bisa membuat rambut kusut. Pada pagi hari, kamu akan menemukan rambut yang sulit diatur yang menambbah stres ekstra pada rutinitas pagi.

4. Sakit kepala

Beberapa ahli perawatan rambut mengatakan bahwa tidur dengan rambut basah menurunkan suhu tubuh dan itu menyebabkan sakit kepala. Pasalnya, tubuh berusaha untuk menghangatkan tubuh. Spesialis lain percaya bahwa tidur dengan terbungkus handuk menyebabkan sakit yang mengganggu tidur.

5. Rambut menjadi keriting

Secara tidak langsung, mungkin tidur dengan rambut basah tidak menyebabkan masalah serius. Namun, secara langsung rambutmu akan menjadi keriting karena adanya gesekan yang kuat dengan sarang bantal.

6. Mengurangi volume rambut

Tidur dengan rambut basah juga berpotensi membuat volumenya berkurang. Pasalnya, rambut tidak dapat dengan mudah mengembalikan volumenya setelah keramas.

7. Rambut bercabang

Kebiasaan tidur dengan rambut basah menjadi salah satu alasan kamu sering memotong rambut yang bercabang. Rambut basah memang rentan terhadap kerusakan, seperti rambut bercabang.

8. Iritasi kulit secara keseluruhan

Selain kulit kepala, kulit di daerah lain juga berpotensi terkena iritasi. Rambut bisa menyentuh wajah dalam kondisi basah. Perpaduan rambut basah dan suhu di kamar menjadi kondisi yang sempurna untuk pertumbuhan bakteri yang mengiritasi kulit.

0 Response to "SERING TIDUR DENGAN RAMBUT BASAH? INI DIA 8 BAHAYA YANG MENGINTAI "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel