Wednesday, May 16, 2018

MANFAAT CICA (DAUN PEGAGAN) UNTUK KECANTIKAN KULIT Wajah Bebas Kerutan dengan Cica

Cica, Tanaman Ajaib Mengandung Antioksidan Baik untuk Kecantikan. Cica atau pegagan (Centella Asiatica) merupakan tanaman yang lazim digunakan sebagai tanaman obat di Indonesia, India, serta beberapa negara Asia lainnya. Pegagan terbukti efektif dapat digunakan baik untuk perawatan kulit maupun untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Pegagan mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat untuk kulit. Lihat juga DAUN KEMANGI DAN KECANTIKAN Manfaat Daun Kemangi Mengatasi Masalah Kulit Wajah

MANFAAT CICA (DAUN PEGAGAN) UNTUK KECANTIKAN KULIT Wajah Bebas Kerutan dengan Cica

Kandungan utama pegagan yaitu komponen yang meliputi : asiaticoside, madecassoside, madasiatic acid, riterpenoid atau saponins.

Cica telah terbukti membantu meredakan peradangan melalui kandungan antioksidan yang kuat dan membantu meningkatkan penyembuhan luka."

Selain itu, cica juga dikenal sebagai bahan pengobatan tradisional di Bangkok dan di dunia kedokteran Barat.

Berikut beberapa manfaat cica untuk perawatan kulit.

1. Mempercepat penyembuhan dan merawat kulit yang luka

Pegagan mengandung komponen triterpenoid yang berfungsi efektif memperkuat jaringan kulit dan meningkatkan anti oksidan. Asiaticoside dan madecassoside dalam pegagan telah teruji klinis mampu meningkatkan sintesa kolagen yang dapat mempercepat proses penyembuhan kulit yang terluka dan meminimalkan bekas lukanya. Pegagan juga memiliki komponen yang mampu mengurangi peradangan dan tekanan darah pada urat sehingga dapat digunakan untuk mengatasi pembuluh darah yang pecah. Pegagan, sama seperti menthol dan garam, dapat digunakan pada luka yang meradang.

Pegagan cukup efektif dioleskan pada pasien luka bakar level ketiga, yaitu pasien luka bakar yang tidak parah dan dapat segera melakukan perawatan lukanya beberapa saat setelah kecelakaan terjadi. Pegagan dapat membantu mencegah terbentuknya bekas luka atau keloid pada kulit.

2. Memiliki manfaat peremajaan kulit (mengatasi tanda-tanda penuaan)

Pegagan dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Pegagan dapat digunakan pada kulit yang muda untuk mencegahnya dari penuaan dini. Pada kulit yang tua, ada cara mengatasi kulit keriput dan pegagan juga mampu mengurangi keriput. Pegagan juga mampu mengembalikan kesegaran kulit yang telah hilang.

3. Mengatasi Selulit

Pegagan memiliki khasiat yang luar biasa dalam mengatasi selulit. Mengoleskan pegagan pada daerah selulit dapat mengurangi selulit pada kulit. Jadi, anda dapat menggunakan pegagan baik secara oral maupun topikal untuk mengatasi selulit.

4. Mengatasi Jerawat

Pegagan juga terbukti efektif untuk mengatasi jerawat. Jerawat banyak dialami oleh pemilik kulit berminyak. Ada banyak cara mengatasi muka berminyak. Konsumsi ekstrak pegagan dengan diminum dapat membantu merawat dan mengurangi jerawat dari dalam. Pemakaian jerawat secara topikal dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Pemakaian secara topikal ini juga dapat digunakan untuk merawat noda – noda bekas jerawat agar memudar.

5. Perawatan untuk lepra (kusta)

Pegagan, baik topikal (dioleskan), oral (diminum) maupun injeksi (suntik), telah lama digunakan untuk perawatan lepra. Pegagan mampu meredakan nyeri pada lepra karena memiliki komponen anti bakteri. Beberapa penelitian menunjukan bahwa asiaticoside dalam pegagan mampu merusak dinding bakteri penyebab lepra. Bakteri lepra yang telah lemah tersebut selanjutnya dapat dibasmi dengan mudah oleh imun tubuh.

Skincare yang mengandung cica dapat melindungi kulit agar tetap lembap, bebas kerutan dan berseri. Cica banyak digunakan sebagai bahan dasar moisturizer, krim dan balm.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon