MANFAAT KANDUNGAN GLYCERIN YANG ADA PADA PRODUK KECANTIKAN

Manfaat Glycerin dalam Kosmetik. glycerin kerap digunakan dalam berbagai produk kecantikan seperti produk perawatan kulit, perawatan rambut, maupun perawatan tubuh. Glycerin atau yang juga dikenal dengan nama glycerol adalah kandungan yang berasal dari bahan-bahan alami seperti minyak nabati atau lemak hewani. Lihat juga 14 KANDUNGAN BERBAHAYA YANG HARUS DIHINDARI DI DALAM PRODUK KECANTIKAN

MANFAAT KANDUNGAN GLYCERIN YANG ADA PADA PRODUK KECANTIKAN

Kandungan ini dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari masalah medis seperti psoriasis atau eczema, hingga masalah kulit sehari-hari seperti jerawat atau kulit kering.

Berikut manfaat glycerin yang sering Anda temui dalam produk kecantikan.

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Glycerin dapat berperan sebagai pelembap kulit yang sangat efektif. Kandungan ini mampu mengoptimalkan kemampuan kulit untuk menyerap kadar air lebih banyak. Oleh karena itu, glycerin dapat membantu melembapkan kulit sekaligus membantu mengatasi masalah kulit kering dan kasar. Tidak hanya itu, sifat humectant pada glycerin juga membuatnya mampu menjaga, menahan, dan ‘mengunci’ kelembapan pada kulit agar bertahan lebih lama. Melihat manfaatnya, tidak heran glycerin banyak digunakan dalam kandungan lotion dan moisturizer yang ditujukan untuk pemilik kulit kering.

2. Membantu Mengatasi Masalah Kulit

Selain memiliki khasiat melembapkan, glycerin juga bersifat antibakteri. Karena itulah glycerin mampu membantu mengatasi jerawat yang disebabkan oleh bakteri dengan efektif. Selain itu, glycerin juga mempercepat proses pematangan sel sehingga membantu mempercepat proses pemulihan kulit. Dengan kedua kombinasi manfaat tersebut, yaitu sifat antibakteri sekaligus mempercepat proses pemulihat kulit, glycerin kerap digunakan sebagai bahan untuk membantu mengatasi masalah kulit seperti eczema dan psoriasis. Untuk kasus psoriasis, glycerin akan membantu proses mengelupas dan pematangan sel-sel kulit sehingga mengurangi risiko peradangan kulit.

3. Menghilangkan komedo

Kulit kasar karena komedo juga bisa diatasi dengan gliserin. Cukup campurkan gliserin dengan sedikit air dan gosok di wajah agar kulit halus bebas komedo.

4. Menjadi toner terbaik bagi kulit
Gliserin juga bisa dijadikan toner untuk membersihkan dan menjaga pH kulit. Campurkan gliserin dengan air. Kemudian semprotkan pada wajah sebagai toner. Bisa dilakukan juga sebelum tidur.

5. Merawat Kesehatan Rambut

Tidak hanya untuk kulit, ternyata glycerin juga menyimpan banyak manfaat untuk kecantikan rambut. Mulai dari melembapkan rambut dan kulit kepala, mengurangi rasa gatal pada rambut, hingga mempercepat proses pertumbuhan rambut. Jika Anda memiliki masalah ketombe atau rambut bercabang, glycerin juga merupakan salah satu kandungan yang mampu mengatasi kedua masalah rambut tersebut. Hal ini disebabkan oleh kandungan glycerin yang mampu melembapkan sekaligus memberikan nutrisi.

Perlu diperhatikan untuk kaum muslim, Gliserin bisa berasal dari lemak nabati ( kelapa sawit) maupun dari hewan. Gliserin yang berasal dari hewan perlu dikritisi apakah hewannya halal dan melalui proses yang syar’i dalam pengolahannya. Pembentukan gliserin ini juga bisa melibatkan enzim yang berasal dari hewan yang perlu diwaspadai juga aspek kehalalannya.

0 Response to "MANFAAT KANDUNGAN GLYCERIN YANG ADA PADA PRODUK KECANTIKAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel