ANEKA MANFAAT MINYAK KEMIRI UNTUK PERAWATAN RAMBUT

Mencegah Kebotakan Dini dan Rambut Beruban dengan Minyak Kemiri. Kemiri (Aleurites moluccanus) dikenal sebagai alat bantu untuk membuat bumbu masakan, namun selain itu, kemiri juga banyak manfaatnya untuk kecantikan. Kehebatan kemiri ini mengandung nutrisi yang meliputi vitamin, antioksidan, dan berbagai lemak sehat. Seperti Vitamin C dan D yang diperlukan untuk kulit serta rambut yang indah. Baca juga Eksfoliasi Kulit Kepala Rambut Sehat Berkilau dengan Mengeksfoliasi Kulit Kepala

ANEKA MANFAAT MINYAK KEMIRI UNTUK PERAWATAN RAMBUT



Berdasarkan beberapa penelitian, ditemukan bahwa kemiri kaya akan kandungan, gliserida, asam linoleat, protein, vitamin B1, vitamin E, dan mineral yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut. Jadi, tak heran jika banyak produk perawatan rambut yang memanfaatkan minyak kemiri sebagai salah satu bahan utamannya. 

1. Mencegah Munculnya Uban di Usia Muda

Munculnya uban di usia muda termasuk sebagai salah satu tanda penuaan dini. Namun, sebaiknya tak perlu khawatir karena permasalahan tersebut dapat diatasi dengan minyak kemiri. Bahan alami yang satu ini diketahui memiliki kandungan vitamin E sebagai anti-oksidan yang berfungsi untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini, salah satunya rambut beruban. 

Anda bisa memanfaatkan minyak kemiri sebagai perawatan rambut dengan cara mengaplikasikannya ke seluruh batang hingga ujung rambut. Jika dilakukan secara rutin, uban pun secara perlahan akan menghilang.

2. Mengatasi Rambut Rontok

minyak kemiri juga dapat mengatasi masalah kebotakan dini atau rambut semakin tipis karena mudah rontok. Selain punya kandungan omega, minyak kemiri juga memiliki kandungan thiamin atau vitamin B1 yang mampu meresap dengan baik ke dalam kulit kepala yang nantinya akan menutrisi akar rambut.

Anda bisa mengaplikasikan minyak kemiri pada kulit kepala sembari memijatnya dengan lembut tiap dua kali dalam seminggu.

3. Memperkuat Akar Rambut

Salah satu sebab rambut menjadi mudah rontok adalah akar rambut yang rapuh. Untuk memperkuat akar rambut, dapat memanfaatkan minyak kemiri sebagai perawatan rambut. Seperti yang telah disebutkan, minyak kemiri kaya akan kandungan vitamin dan berbagai nutrisi yang tak hanya sekadar mampu menutrisi, tapi juga memperkuat rambut hingga ke bagian akar rambut.

4. Mencegah rambut kering

Manfaat minyak kemiri yang pertama adalah melembapkan rambut karena kandungannya kaya akan asam amino dan asam lemak esensial yang dapat menembus hingga ke dalam lapisan kulit kepala.

Hal ini membuat minyak kemiri dapat membuat rambut terlihat sehat dan tidak kering. 

5. Mengurangi Peradangan Akibat Ketombe

Asam linoleat merupakan jenis asam lemak tak jenuh Omega-6 yang memiliki fungsi sebagai anti inflamasi yang terkandung dalam minyak kemiri. Selain bersifat sebagai anti inflamasi, kandungan tersebut juga dikenal efektif dalam mengurangi peradangan pada kulit kepala akibat ketombe. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengoleskan minyak kemiri pada bagian kulit kepala yang meradang atau seluruh bagian kulit kepala. Setelahnya, pijat selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

6. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Selain berfungsi sebagai anti peradangan, asam linoleat pada minyak kemiri juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut. Dengan mengoleskan minyak kemiri pada rambut secara rutin, maka rambut pun secara perlahan akan tumbuh menjadi lebih subur. Tak hanya itu saja, minyak kemiri juga bisa menjaga kealamian rambut hitam serta menjadikannya tampak berkilau.

0 Response to "ANEKA MANFAAT MINYAK KEMIRI UNTUK PERAWATAN RAMBUT "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel