MANFAAT BUNGA CHAMOMILE UNTUK MENGATASI MASALAH KULIT

5 Khasiat Bunga Chamomile. Bunga Chamomile adalah salah satu jenis bunga yang masih merupakan satu rumpun dengan keluarga bunga Matahari. Bunga chamomile sendiri sudah sering digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad oleh orang Mesir dan Yunani. Bunga chamomile memiliki fungsi sebagai antimikroba (anti bakteri), antialergi, antiradang, antioksidan, dan analgesik (pereda nyeri) untuk penyakit radang kulit, terapi luka, ataupun terapi luka bakar. Baca juga LOTUS DAN PERAWATAN KECANTIKAN KULIT Kaya Manfaat, Lotus Menjaga Keindahan Kulit dan Awet Muda

MANFAAT BUNGA CHAMOMILE UNTUK MENGATASI MASALAH KULIT

Sebenarnya terdapat banyak spesies yang berbeda dari chamomile, namun yang terkenal di antaranya adalah German Chamomile (Marticaria recutita) dan Roman Chamomile (Chanmaemelum nobile). Bunga chamomile jenis ini juga sering digunakan sebagai penenang, anti-bakteri, dan anti peradangan bagi kulit.

Chamomile bisa diolah dalam bentuk bunga kering, teh, ekstrak cair, minyak esensial, krim dan salep. Kantong teh adalah bentuk yang paling umum yang biasa kita dapatkan di toko dan apotek. Bahan aktif dalam minyak esensial dari chamomile dikenal sebagai bisabolol, yang berfungsi untuk membantu meredakan iritasi, perdangan, dan anti jamur.

Berikut manfaat bunga chamomile masalah kulit:

1. Mengatasi Alergi Pada Kulit

Eksim dan jerawat merupakan masalah yang paling umum yang menimpa kulit yang alergi. Minyak chamomile terbukti memiliki senyawa yang disebut azulene dengan sifat menenangkan. Ketika minyak dioleskan ke kulit, azulene akan bekerja pada alergi kulit sehingga mengurangi alergi.

2. Sebagai Pembersih Wajah

Dengan banyaknya manfaat chamomile, kita bisa juga menggunakannya untuk membersihkan wajah. Bunga Chamomile digunakan sebagai pencuci muka karena dapat melembutkan kulit. Bunga ini juga sangat direkomendasikan untuk kulit sensitif seperti kondisi jerawat, eksim dan psoriasis meradang. Chamomile juga dapat berfungsi sebagai toner kulit.

3. Menangkal radikal bebas

Chamomile memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Kemampuan menangkal radikal bebas ini membantu memperlambat kerusakan sel-sel tubuh. Tidak heran, ekstrak chamomile sering ditambahkan pada berbagai produk perawatan tubuh untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.

4. Mencerahkan kulit

Bunga chamomile sejak dahulu juga dijadikan salah satu perawatan tradisional untuk kecantikan. Bunga chamomile kering yang diseduh dengan air panas dan ditambahkan sedikit madu dapat dijadikan masker atau toner untuk membersihkan wajah sekaligus mencerahkan wajah.

Teh atau bunga chamomile kering adalah salah satu bahan pemutih alami yang memiliki manfaat lain yakni mengencangkan pori-pori dan dapat menyamarkan bintik hitam pada wajah.

5. .Menghilangkan Mata Panda
Teh chamomile juga dapat digunakan untuk mengobati lingkaran hitam di bawah mata. Cukup celupkan kantong teh chamomile selama 5 menit dan kemudian dinginkan untuk beberapa waktu sebelum menempelkannya di bawah mata.

Hal ini dilakukan agar suhu kantung teh tersebut tidak menyebabkan efek terbakar pada bawah mata. Tunggu selama 5 menit dan kemudian bilas sampai bersih. Jika digunakan secara terus menerus, hal ini dapat sangat membantu menghilangkan lingkaran hitam dibawah mata.



0 Response to "MANFAAT BUNGA CHAMOMILE UNTUK MENGATASI MASALAH KULIT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel