INI DIA 11 MANFAAT TEMULAWAK UNTUK PERAWATAN KECANTIKAN KULIT

Manfaat Temulawak untuk Kulit. Temulawak, selain bermanfaat untuk kesehatan, juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit. Temulawak yang memiliki nama ilmiah (Curcuma xanthorrhiza) ini menjadi bahan produk perawatan kecantikan yang bertujuan untuk membantu masalah jerawat. Sebagai referensi, lihat juga CHIZU SAEKI METHOD, METODE SKIN CARE YANG MUDAH DAN MURAH

INI DIA 11 MANFAAT TEMULAWAK UNTUK PERAWATAN KECANTIKAN KULIT

Temulawak memiliki bentuk rimpang yang sangat mirip dengan kunyit, namun jika diperhatikan keduanya memiliki beberapa perbedaan. Temulawak memiliki warna kuning-oranye yang lebih kalem dibandingkan dengan kunyit. Terdapat juga perbedaan lainnya mulai dari bentuk daun, aroma, hingga rasa.

Memiliki bentuk yang mirip, kandungan dan manfaat keduanya memiliki kesamaan. Baik kunyit maupun temulawak, sama-sama memiliki manfaat untuk kesehatan hingga kecantikan.

Pada temulawak memiliki kandungan utama kurkumin yang merupakan salah satu jenis polifenol. Kemudian temulawak juga memiliki kandungan minyak atsiri yang mengandung berbagai senyawa organic seperti phelandren, xanthorrizol, sineal, turmerol, dan borneol.

Selain itu, temulawak juga memiliki kandungan protein, karbohidrat, dan berbagai mineral seperti mangan, besi, kalium, natrium, dan magnesium.

Ekstrak dari temulawak bisa menetralisir kulit yang terlalu berminyak tanpa membuat wajah menjadi kering. Karena itu, temulawak sangat bermanfaat untuk orang-orang yang memiliki kulit berminyak.

Berikut adalah 11 manfaat temulawak untuk wajah.

1. Membantu mengatasi jerawat
Jerawat merupakan peradangan pada wajah yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Faktor pemicunya sangat beragam mulai dari faktor hormon, polusi, hingga kebiasaan kurang bersih membersihkan wajah. Munculnya jerawat memang sangat meresahkan karena selain menimbulkan rasa sakit, jerawat juga sering kali merusak penampilan kita.

Manfaat temulawak untuk wajah yang pertama adalah untuk mengatasi jerawat. Temulawak dipercaya memiliki efek antiinflamasi untuk membantu meredakan peradangan jerawat dan membuat jerawat menjadi lebih cepat kering.

2. Menghaluskan wajah
Wajah yang kasar umumnya disebabkan oleh kulit wajah yang kering. Wajah yang kasar bukan hanya terlihat kurang menarik, tetapi juga membuat kita lebih sulit untuk mengaplikasikan make up.

Perawatan wajah menggunakan masker temulawak secara rutin dipercaya dapat memelihara kulit sehingga kulit pun akan menjadi lebih halus. Wajah pun menjadi lebih segar dan make up akan telihat lebih menyatu dengan wajah.

3. Kulit menjadi lebih cerah
Temulawak memiki khasiat untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Penumpukan sel kulit mati di wajah memang merupakan salah satu penyebab dari kulit yang kusam dan gelap.

Exfoliating wajah secara rutin untuk mengangkat sel kulit mati sangatlah penting untuk mengemablikan kecarahan kulit. Temulawak dapat membantu proses exfoliating tersebut dan mewujudkan kulit cerah yang Anda impikan.

4. Mengencangkan kulit
Menjaga kekencangan dan elastisitas kulit merupakan hal yang sangat penting. Jika kulit tidak terlihat kencang, maka penampilan seseorang akan terlihat kurang segar dan terlihat lebih tua dari usianya. Mengencangkan kulit bisa dilakukan dengan cara alami yaitu menggunakan temulawak.

Penggunaan temulawak secara rutin dipercaya dapat mengahasilkan kulit yang lebih kencang. Kandungan antioksidan dalam temulawak memiliki peran dalam proses mambantu mengencangkan kulit.

5. Menyamarkan noda hitam
Paparan sinar matahari dan radikal bebas, bekas jerawat, dan gejala penuaan bisa memicu timbulnya noda hitam pada wajah. Jika dibiarkan, noda hitam bisa semakin banyak jumlahnya dan akan semakin sulit ditutupi.

Cara menyamarkan noda hitam bisa dilakukan dengan menggunakan masker secara rutin. Salah satu masker alami yang bisa Anda gunakan untuk membantu menyamarkan noda hitam adalah masker temulawak.

6. Melembapkan kulit
Banyak orang yang berpendapat bahwa jenis kulit yang berminyak adalah yang paling bermasalah, tentunya hal ini tidak sepenuhnya benar. Pada dasarnya masalah kulit kering juga tidak bisa dianggap sepele.

Kulit kering lebih rentan terhadap iritasi jika dibandingkan dengan kulit berminyak. Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa menjaga kelembapan kulit menjadi sangat penting. Kulit yang lembap dan terhidrasi dengan baik adalah salah satu ciri kulit sehat.

7. Mencegah terjadinya penuaan dini
Perawatan anti-aging merupakan hal yang penting dilakukan, bahkan ketika baru memasuki usia 20-an.

Terdapat berbagai macam pilihan perawatan anti-aging, tapi jika menginginkan yang paling aman, maka sebaiknya pilihlah perawatan secara alami. Anda bisa memilih temulawak sebagai salah satu perawatan anti-aging.

8. Meremajakan kulit
Manfaat temulawak untuk wajah ternyata tidak hanya dapat mencegah gejala penuaan, tapi juga bisa membantu meremajakan kulit.

Perawatan dengan temulawak dapat memberikan nutrisi pada kulit sehingga kulit pun menjadi lebih sehat. Kulit yang sehar akan terlihat lebih segar sehingga Anda pun akan terlihat lebih muda.

9. Menyamarkan bekas luka di wajah
Bekas luka di kulit adalah hal yang mengganggu, terutama jika letaknya di bagian wajah. Khasiat temulawak untuk wajah lainnya adalah dapat membantu menyamarkan bekas luka di wajah. Manfaat temulawak untuk wajah yang satu ini tentunya baru akan menunjukkan hasil jika dilakukan secara rutin dan konsisten.

10. Mengecilkan pori-pori
Pori-pori yang besar bisa menjadi masalah yang serius untuk sebagian orang. Selain sulit untuk ditutupi dengan make up, pori-pori yang besar juga membuat wajah rentan terhadap jerawat. Temulawak bisa menjadi salah satu solusi untuk masalah tersebut karena temulawak dipercaya dapat membantu mengecilkan pori-pori.

11. Antioksidan bagi kulit
Sebagai antioksidan alami, temulawak dapat membantu memelihara kesehatan kulit dan mencegah berbagai masalah kulit akibat radikal bebas yang mungkin menyerang Anda.

0 Response to "INI DIA 11 MANFAAT TEMULAWAK UNTUK PERAWATAN KECANTIKAN KULIT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel