Monday, November 7, 2016

OKRA Manfaat Khasiat Okra Bagi Kesehatan

Manfaat Khasiat Okra Bagi Kesehatan-Okra adalah buah sekaligus sayur yang masih belum popular di Indonesia. Selain dijadikan sayut okra juga mempunyai manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Okra dikenal akan kandungan vitamin C-nya yang tinggi, vitamin K, dan kandungan folat.

OKRA

Okra juga mengandung kadar Air 70-80%, protein 3.90%, lemak 2.05%, kalium 6.68%, fosfor 0.77%, karbohidrat 1.4%, dan kalori 39.97 kal/100g.

Manfaat Okra untuk kesehatan sebagai berikut :

1. Mencegah Sembelit
Okra merupakan jenis sayuran polong yang kaya akan zat lendir. Hal ini berguna untuk membantu peristaltik makanan yang dicerna melalui usus. Dengan demikian okra dapat membantu meredakan atau mencegah sembelit.

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Kandungan serat dan anti oksidan okra seperti katekin, epicatehin, procyanidin, quercetin, dan rutin dipercaya mampu menurunkan resiko penyakit jantung.

3. Menyehatkan Paru-Paru
Tanaman ini mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan, senyawa itu adalah beta-karoten, xanthin dan lutein yang dapat membantu melindungi paru-paru agar tetap sehat. Nah jadikanlah tanaman okra sebagai sayur pada menu makan anda agar anda mempunyai paru-paru yang sehat.

4. Dapat Membunuh Sel Kanker
Okra Mengandung Antioksidan. Antioksidan sering kali dikaitkan sebagai senyawa yang dapat membunuh sel kanker atau mencegah kanker. Kandungan antioksidan dari okra sangat tinggi dibandingkan dengan sayuran yang lain.

5. Mengurangi Kolesterol dan Trigliserida.
Kolesterol sering kali dikaitkan bahwa penyakit jantung karena sering menyumbat pembulu darah. Trigliserida adalah lemak jahat yang menyumbat pembulu darah untuk itu okra dapat digunakan untuk menurunkan kadar trigliserida anda.

6. Menurunkan Resiko Penyakit Ginjal
Satu hal yang harus anda waspadai setelah di diagnosis diabetes tipe 2 adalah ancaman kerusakan pada ginjal. Karena kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes dapat menyebabkan kerusak pada ginjal. Untungnya tanaman okra memiliki manfaat mencegah penyakit ginjal dan juga dapat mengendalikan gula darah. dengan makan okra, penderita diabetes menerima manfaat tambahan lainnya yaitu ginjal akan lebih sehat.

7. Membantu Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Mengkonsumsi okra dapat membantu tubuh untuk mengembangkan sistem kekebalan terhadap infeksi, mengurangi batuk dan melindungi tubuh dari radikal bebas yang berbahaya berbahaya. Hal ini dikarenakan dalam sebuah okra terdapat 36% kandungan manfaat vitamin C dari rekomendasi harian untuk tubuh.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon