Sunday, April 23, 2017

PERUBAHAN TIPE KULIT Faktor Penyebab Kondisi Kulit Berubah

Perubahan kondisi kulit. Faktor penuaan dan dehidrasi merupakan beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan pada kondisi kulit kita.


Kulit kita adalah suatu organ yang berinteraksi erat dengan lingungan dalam maupun luar tubuh. Akan selalu ada perubahan yang terjadi pada kulit kita. Kondisi tersebut sangat bervariasi tergantung pada usia, kadar hormon, cuaca, tingkat stress, an perubahan lainnya dari dalam maupun luar tubuh.

Berikut ini beberapa faktor yang bisa mempengaruhi perubahan tipe kulit Anda.

1. Perubahan cuaca atau musim
Menurut para ahli, kulit akan melakukan penyesuaian terhadap cuaca untuk menjaga organ tubuh lain tetap aman. Namun, setiap jenis kulit memiliki reaksi yang berbeda-beda.

Selain itu, cara Anda menggunakan pemanas atau pendingin ruangan untuk menanggapi cuaca di luar ruangan juga dapat mempengaruhi kulit. Penting untuk menghindari pemanas atau pendingin yang terlalu ekstrim untuk menjaga kulit tetap seimbang.

2. Kerusakan lingkungan
Selain Cuaca, faktor eksternal lainnya yang bisa mempengaruhi kesehatan kulit adalah polutan, radikal bebas, dan sinar matahari juga turut punya andil. Bahkan, sinar matahari dapat menyebabkan penuaan dini lebih cepat sekitar 80 persen.

3. Tingkat hormon
Ada beberapa tingkatan hormon yang bisa menyebabkan perubahan pada kulit Anda, seperti menstruasi, penggunaan pil KB, kehamilan, menopause, dan pra-menopause. Dalam masa-masa ini, kulit kan lebih berminyak dan berjerawat.

4. Nutrisi
Faktor nutrisi juga dapat mempengaruhi perubahan tipe kulit, yaitu pilihan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Contohnya seperti tidak cukup minum air, kekurangan vitamin, mengonsumsi alkohol, kafein, dan tidak melakukan diet seimbang dapat menyebabkan kulit sensitif.

5. Gaya hidup
Gaya hidup Anda juga bisa menyebabkan perubahan pada kulit, seperti stres, kurang tidur, kurang olahraga, dan merokok. Anda memiliki kontrol terhadap tipe kulit yang dimiliki, jadi lakukanlah yang terbaik.

6. Pengobatan topikal
Pengobatan topikal mengandung beberapa bahan yang bisa menyebabkan kulit lebih sensitif, seperti perubahan warna, terasa terbakar, iritasi, alergi, dan mengelupas. Untuk mengatasi hal ini, pastikan untuk selalu menggunakan tabir surya.

7. Obat-obatan
Beberapa jenis obat dapat membuat kulit terasa lebih kering. Sebaiknya, datang dan berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon