Thursday, August 17, 2017

4 Makanan Terbaik Untuk Penderita Maag

Sebagaimana kita tahu, maag merupakan salah satu penyakit asam lambung yang sangat mengganggu. Bagi penderita maag, ia akan merasakan rasa perih yang begitu menyiksa di dalam perut mereka. Tidak hanya itu, maag kronis yang terjadi dapat mengakibatkan ketidakstabilan pencernaan yang jika tidak segera ditindaklanjuti, bahkan bisa mengakibatkan penderitanya meregang nyawa.

4 Makanan Terbaik Untuk Penderita Maag


Karena bagian tubuh yang diserang oleh maag adalah sistem pencernaan, maka jika anda memiliki riwayat penyakit ini maka anda harus memilah makanan yang hendak anda konsumsi dengan sangat bijak. Hal ini cukup beralasan karena sistem pencernaan adalah salah satu sistem yang paling penting dalam tubuh dan memiliki tingkat sensitivitas yang cukup tinggi. Kesalahan memilih makanan, misalnya makanan yang terlalu asam atau pedas, akan membuat asam lambung seketika naik dan maag akan menyerang. Oleh karena itu, berikut kita akan membahas beberapa makanan terbaik untuk penderita maag yang bisa menjaga kondisi tubuh anda tetap sehat.

Makanan Sehat bagi Penderita Maag


Brokoli

Brokoli merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk para penderita maag. Hal ini dikarenakan brokoli memiliki kandungan kalium serta zat sulfur yang cukup tinggi dan sangat baik bagi penderita maag untuk menekan tingkat asam lambung mereka. Sulfur yang ada dala brokoli bersifat prelusor glutation tang dapat menjadi antioksidan. Selain itu, brokoli juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Kol

Selain brokoli, kol juga merupakan salah satu makanan yang sangat bagus bagi para penderita maag. Untuk menjaga kondisi penderita maag agar tidak kambuh, kol memiliki kandungan asam amino glutamin yang akan meningkatkan aliran darah ke dalam perut, memberikan nutrisi yang lebih untuk sel dalam lambung. serta mengobati luka yang terjadi pada saluran pencernaan. Selain itu, kandungan lain yang ada dalam kol mampu menetralisir asam lambung agar tetap pada posisi yang normal.

Lidah buaya

Mungkinn anda tidak percaya jika lidah buaya mampu digunakan dalam perawatan penderita maag. Ya, memang, lidah buaya lebih terkenal sebagai bahan perawatan rambut harian. Namun, jangan salah, lidah buaya memiliki kandungan lain yang cukup baik untuk perawatan maag sehingga disebut sebagai salah satu makanan yang sehat untuk penderita maag.

Dalam hal ini, lidah buaya memiliki kandungan saponin yang bersifat antiseptic yang tentu saja bisa meredamkan panas dan asam lambung yang tinggi. Selain itu, lidah buaya juga memiliki senyawa antrakuinon yang berguna sebagai antibiotic dan penghilang rasa sakit yang bisa meredakan perih yang menyerang tiba-tiba.

Pisang

Untuk anda yang memiliki masalah penyakit maag, pisang dapat diandalkan sebagai salah satu buah yang sangat baik untuk meredakan sakit yang anda derita. Pisang adalah buah yang memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi. Kandungan kalium ini akan menyeimbangkan kadar keasaman yang timbul di dalam lambung sehingga asam lambung cenderung akan lebih stabil dan maag tidak akan terjadi. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan potassium yang baik untuk menjaga tekanan darah tetap stabil.

Beberapa buah dan makanan di atas dapat menjadi pilihan terbaik bagi anda yang memiliki penyakit maag yang terkadang kambuh. Dengan konsumsi beberapa makanan di atas, tentu saja masalah maag dapat ditanggulangi dengan sangat baik sehingga anda tidak perlu khawatir lagi. Hasil terbaik akan didapatkan dengan konsumsi secara teratur. Namun, di sisi lain, anda tetap harus berusaha menjaga pola konsumsi anda dan berusaha mengurangi makanan yang mengandung asam tinggi dan rasa pedas.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon