Wednesday, August 16, 2017

5 Buah Terbaik untuk Pertumbuhan Bayi

Kita tentu setuju bahwa buah merupakan salah satu makanan terbaik yang mengandung banyak nutrisi dan kaya akan vitamin. Dengan kandungan yang dimilikinya, tentu buah dapat dijadikan makanan pilihan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh secara umum, tentu saja dengan konsumsi yang teratur. Di sisi lain, rasa buah yang enak dan nikmat juga akan membuat anda menjadi suka untuk mengkonsumsinya.

5 Buah Terbaik untuk Pertumbuhan Bayi


Buah tidak hanya baik untuk menjaga kondisi kesehatan orang dewasa tetapi juga baik untuk tumbuh kembang bayi. Sebagaimana kita tahu, bayi membutuhkan banyak nutrisi untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya yang salah satunya dapat diambil dari buah. Memberika buah untuk konsumsi bayi memang diperbolehkan dan justru dianjurkan. Namun, tentu saja, buah yang diberikan haruslah buah dengan rasa yang cenderung manis agar aman untuk pencernaan bayi. Berikut ada beberapa buah terbaik untuk diberikan pada bayi sejak usia lima bulan. Selamat membaca.

Buah Terbaik untuk Bayi


Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Beberapa kandungan gizi yang ditemukan dalam pisang antara lain kalium, vitamin, magnesium, kalsium, selenium dan juga mineral. Kandungan yang baik dalam pisang tersebut mampu mencukupi nutrisi harian yang dibutuhkan oleh bayi, terutama untuk menjaga kondisi tubuh mereka.

Untuk pemberian pisan pada bayi, anda bisa memberikannya sebagai salah satu buah di awal pemberian MPASI atau makanan penunjang ASI. Hal ini dikarenakan tekstur buah pisang yang cenderung lembut sehingga memudahkan bayi untuk mengkonsumsinya. Jenis buah pisang yang disarankan untuk diberikan pada bayi adalah pisang Ambon.

Pepaya

Buah kedua yang sangat baik untuk pertumbuhan bayi adalah pepaya. Buah dengan warna orange ini memiliki rasa manis yang khas yang tentu saja akan sangat disukai bayi. Selain itu, tekstur buah ini juga tergolong lembut dan mudah dihancurkan sehingga akan memudahkan bayi untuk mengkonsumsinya meskipun ia belum memiliki gigi untuk mengunyah.

Lalu, bagaimana dengan kandungan gizi dari buah ini? Warna orange yang mendasari warna buah ini menunjukkan kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam pepaya. Kandungan vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata bayi. Selain itu, pepaya juga memiliki kandungan vitamin B1, B2 dan juga vitamin C yang akan bermanfaat untuk menjaga kestabilan kondisi bayi agar tidak mudah sakit.

Alpukat

Alpukat juga termasuk salah satu buah yang paling baik untuk memaksimalkan pertumbuhan bayi, selain pisang dan juga pepaya. Buah yang satu ini cukup kaya dengan vitamin A, B, E, zat besi, serat, kalium, fosfor, magnesium dan mineral lainnya. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak sehat yang sangat baik untuk memaksimalkan pertumbuhan otak bayi anda.

Pir

Buah selanjutnya yang baik untuk diberikan dalam rangka memaksimalkan pertumbuhan bayi adalah pir. Pir memiliki tingkat keasaman yang relative rendah sehingga sangat aman untuk diberikan pada bayi. Buah yang satu ini mengandung beragam nutrisi penting yang sangat dibutuhkan bayi anda, seperti magnesium, fosfor, vitamin A, B, E, serat dan lainnya yang akan menjaga kesehatan bayi secara umum dan memaksimalkan pertumbuhannya.

Apel

Apel juga termasuk salah satu buah terbaik yang bisa diberikan pada bayi untuk menunjang perkembangannya. Apel memiliki banyak zat bagus yang sangat berguna bagi bayi, seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, dan tentu saja vitamin A dan C. Selain itu, apel juga mudah dicerna dan memiliki rasa yang relative enak yang akan menyenangkan bayi anda saat mengkonsumsinya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon