Sunday, September 24, 2017

TIPS PERAWATAN KULIT KAKI Perawatan Wajib Agar Kulit Kaki Sehat dan Mulus

Merawat Kulit Kaki Agar Tampak Sehat dan Mulus. Memiliki kaki yang belang atau kusam, bahkan teksturnya kasar membuat kita jadi tak percaya diri. Rutin merawat dan menjaga kesehatan kulit kaki juga menjadi bagian perawatan kecantikan sehari-hari yang wajib dilakukan, agar kaki terhindar dari bakteri penyebab kaki bau ataupun kulit kaki yang pecah-pecah. Lihat juga TUMIT KERING & PECAH_PECAH Cara Alami Mengatasi Tumit yang Pecah-pecah

TIPS PERAWATAN KULIT KAKI Perawatan Wajib Agar Kulit Kaki Sehat dan Mulus

Berikut cara mudah perawatan kaki yang wajib dilakukan untuk mendapatkan kulit kaki yang sehat dan mulus.

1. Rendam kaki

Kaki yang tidak dirawat bakalan kering dan kasar. Makanya kita butuh waktu untuk merendam kaki kita di rumah setelah seharian berada di luar rumah, tujuannya agar kulit mati pada kaki kita terangkat.

Rendam kaki dalam baskom yang berisi air hangat. Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun atau minyak essensial lainnya.

Rendam paling lama 10-15 menit untuk menghindari kaki menjadi keriput. Lakukan 2-3 kali seminggu agar hasilnya maksimal.

2. Scrub

Kaki kita juga perlu di scrub biar jadi mulus. Setelah merendam kaki, kita bisa langsung gunakan body scrub atau facial scrub.

Gunakan bahan-bahan yang ada di rumah, seperti campuran kopi, gula, dan madu.

Seperti eksfoliasi wajah, eksfoliasi kaki juga perlu dilakukan dengan lembut.

3. Rajin potong kuku

Rutin menggunting kuku pada kaki dapat menghindari bau tak sedap pada kaki. Kuku kaki yang panjang juga tidak enak dilihat dan tidak nyaman saat memakai sepatu.

Usahakan memotong kuku setiap seminggu sekali. Tapi pastikan jangan memotong terlalu pendek karena bakal bikin kaki kita jadi tidak nyaman.

4. Bersihkan dari cat kuku

Sama seperti kuku jari tangan, kuku jari kaki kita juga perlu dirawat dan diberikan nail art sekali-kali.

Sebelum mengaplikasikan cat kuku yang baru, pastikan enggak ada cat kuku lama yang masih menempel. Setelah itu, diamkan beberapa jam sebelum mengaplikasikan yang baru.

Lebih baik lagi, tinggalkan kuku jari kaki tanpa tersentuh cat kuku selama beberapa hari.

5. Lembapkan

Kaki tidak memiliki kelenjar minyak yang berguna untuk melembabkan. Oleskan pelembab secara rutin pada area kaki agar terhindar dari kulit kering.

Gunakan foot cream atau minyak alami, seperti minyak zaitun atau minyak almond.

Untuk hasil lebih maksimal, gunakan foot cream atau minyak alami dengan cara diurut ke kaki kita selama beberapa menit sambil membiarkan cairannya meresap ke kulit kaki kita.

6. Biarkan kaki bernapas

Membiarkan kaki bernapas adalah hal paling penting untuk merawat kaki. Kalau kita jalan seharian, pastikan untuk menyempatkan kaki kita bernapas dengan cara melepas sepatu kita selama beberapa menit.

Kalau kita pakai kaus kaki, pastikan langsung melepas kaus kaki saat sampai di rumah. Jika tidak, keringat dan kotoran yang ada pada kaki bakal bersarang di kaki dan membuat kaki jadi bau.

7. Pakai sepatu yang pas di kaki

Sepatu yang pas di kaki bakal membuat kaki jadi nyaman. Oleh karena itu, jangan memakai sepatu yang kekecilan, karena akan membuat kaki lecet. Sebaliknya, jangan juga menggunakan sepatu yang terlalu besar, karena bakal membuat kita jadi susah berjalan.

Selain itu, sepatu yang baru dibeli juga butuh waktu penyesuaian agar benar-benar nyaman di kaki kita. Lebih baik jangan memakai sepatu baru selama beberapa hari berturut-turut.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon