Tuesday, October 31, 2017

Beragam Manfaat Cabai Untuk Kesehatan

Cabai memang terkenal menjadi lalapan dengan rasanya yang pedas yang menjadi lalapan wajib bagi sebagian orang Indonesia. Padahal, selain rasanya yang menantang, cabai juga menyimpan beragam manfaat yang bisa menyehatkan untuk tubuh dan memberikan kesehatan untuk tubuh.

Beragam Manfaat Cabai Untuk Kesehatan


Cita rasa yang pedas membuat cabai menjadi salah satu jenis cita rasa yang paling disukai oleh sebagian orang. Bahkan banyak juga yang begitu suka dan tiada hari tanpa mengkonsumsi cabai. Meskipun banyak efek buruk yang dikabarkan, namun ternyata cabai juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk tubuh dan membuat tubuh mendapatkan manfaat luar biasa dari cabai.

Aneka nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, serat, gula, karbohidrat, kalium, air, magnesium, zat besi, vitamin B6 hingga air dan capsaicin menjadi kandungan pada cabai. Bahkan untuk kandungan vitamin C, betakaroten dan juga provitamin A pada cabai lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan seperti nanas, mangga, jeruk ataupun semangka.

Berikut Manfaat dari Cabai Untuk Kesehatan


Mengatasi Kanker

Cabai memiliki kandungan capsaicin dimana kandungan ini bisa menghilangkan sel kanker yang ada pada tubuh. Meskipun menghilangkan sel kanker namun kemudian tidak merusak se-sel normal yang ada pada tubuh. Tak hanya itu, cabai juga memiliki manfaat untuk mengurangi kolesterol dan juga membakar kalori bahkan hingga 25% yang ada pada tubuh.

Dengan adanya manfaat ini tentunya akan membuat tubuh bisa lebih terhindar dari kanker dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Meskipun belum banyak yang menyadari akan manfaat luar biasa dari cabai, namun dengan beragam nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh dan juga menjadi penawar ataupun mengatasi permasalahan pada tubuh.

Berguna Untuk menghambat Penuaan

Cabai juga memiliki kandungan antioksidan berupa vitamin C yang tinggi. Zat antioksidan inilah yang berfungsi sebagai kandungan yang mencegah penuaan dini pada tubuh. Selain itu, cabai juga memiliki kandungan betakaroten yang tinggi dimana kandungan ini juga berguna untuk menghindarkan tubuh dari penuaan dini.

Membantu Sistem Pencernaan lebih Lancar

Mengkonsumsi cabai bisa membantu untuk menstimulasi sistem pencernaan dan juga meningkatkan arus produksi enzim dan juga asam lambung. Dengan adanya sistem tersebut kemudian bisa sangat membantu tubuh untuk melakukan metabolisme pada makanan. Selain itu, cabai juga memperlancar proses pengeluaran gas dari dalam tubuh.

Gas pada tubuh akan lebih mudah untuk dikeluarkan karena cabai bisa digunakan untuk memperlancar gerakan peristaltic yang ada pada perut. Dengan adanya proses ini maka semakin memperlancar proses asimilasi dan juga eliminasi pada tubuh supaya memiliki sistem pencernaan yang lebih maksimal dan lebih lancar lagi.

Meningkatkan Nafsu Makan

Dibalik rasa pedas, cabai juga bisa digunakan untuk lebih meningkatkan nafsu makan. Cabai memiliki kandungan zat capsaicin dimana zat ini bisa merangsang dan meningkatkan produksi hormone endorphin pada tubuh. Hormon ini berguna untuk meningkatkan rasa nafsu makan yang ada pada tubuh sehingga membuat nafsu makan menjadi lebih maksimal lagi.

Membakar Lemak

Cabai juga sangat ampuh untuk dijadikan sebagai makanan yang berguna untuk membakar lemak yang menumpuk pada tubuh. Dengan kandungan yang terdapat pada cabai membuat cabai sangat berguna untuk membakar kalori dan bahkan lemak pada tubuh.

Meredakan Nyeri Sendi

Cabai memiliki kandungan cairan capsaicin dimana kandungan ini berguna untuk meredakan rasa sakit pada sendi. Cairan ini mampu memberikan rasa sakit pada kulit dimana kemudian akan terjadi proses pengiriman pesan kimiawi dari kulit kepada sendi. Dengan adanya proses ini menyebabkan rasa sakit pada sendi akan teratasi dan menjadi lebih reda.

Tekanan darah dan jantung

Kandungan capsaicin pada cabai juga memiliki efek yang cukup baik untuk menjaga dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan capsaicin juga membantu untuk mengurangi kolesterol pada tubuh dan bahkan juga mampu untuk mencegah penyumbatan darah. Beberapa hal tersebut merupakan sebab dari penyakit jantung sehingga dengan adanya penekanan tentu membuat tubuh terhindar dari penyakit jantung.

Anti Alergi

Cabai juga memiliki kandungan anti inflamasi. Kandungan ini berguna untuk membantu mengatasi permasalahan alergi yang ada pada tubuh. Kandungan inflamasi ini menjadi anti alergi yang cukup ampuh dibalik rasa pedas dari cabai.

Melawan Diare

Meskipun cabai memiliki fungsi untuk melancarkan pencernaan tetapi kandungan Capsaicin yang ada pada cabai juga berguna untuk memerangi bakteri yang ada pada tubuh terutama pada bagian pencernaan. Dengan bakteri yang dibunuh ini membuat tubuh terhindar dari infeksi bakteri terutama untuk mencegah dan melawan diare.

Mengatasi Demam dan juga Flu

Demam dan flu bisa menjadi dua penyakit yang cukup mengganggu aktivitas. Dengan menggunakan cabai dengan kandungan yang dimilikinya bisa membuat cabai bisa mengatasi dan memecahkan masalah pada tubuh. Cabai bisa mengeluarkan lender yang ada pada tubuh kemudian bisa dikeluarkan dengan lebih lancar. Dengan hal ini tentunya menjadi pemulihan untuk flu menjadi lebih maksimal.

Mengatasi Stroke

Cabai dengan kandungan yang cukup banyak juga berguna untuk memperlancarkan dan memecah penyumbatan yang ada pada pembuluh darah. Dengan adanya manfaat ini akan membuat cabai memiliki kandungan untuk mengurangi risiko pada seseorang. Sehingga dengan rutin mengkonsumsi cabai, rasa pedasnya bisa menangani stroke.

Anti Iritasi

Kandungan yang ada pada cabai juga berguna sebagai kandungan anti iritasi pada tubuh. Dengan adanya manfaat ini bisa membuat cabai mampu untuk dijadikan dalam meredakan untuk tenggorokan batuk dan juga diare dengan lebih cepat.

Sebagai Antioksidan

Cabai juga berguna sebagai antioksidan. Fungsi ini berguna untuk melindungi sel-sel yang ada pada tubuh dari kerusakan. Sel-sel yang ada pada tubuh ini biasanya  akan dirusak dengan radikal bebas yang bisa masuk ke tubuh kapan saja dan bisa menyebabkan tubuh menjadi kurang sehat. Dengan adanya kandungan capsaicin ini membantu untuk menangani infeksi bakteri.

Mencegah Sakit Kepala Migran

Cabai memiliki fungsi yang bisa mengahlikan rasa sakit dari tempat yang berbeda pada tubuh. Sehingga ketika kepala mengalami masalah dan timbul rasa sakit hal ini bisa berbeda ke tempat yang lain dan menyebabkan rasa migran menjadi berkurang yang dirasakan pada kepala.

Meningkatkan produksi Air Liur

Stimulan yang ada pada cabai membantu dalam meningkatkan produksi air liur. Sering diabaikan, tapi sebenarnya air liur ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh terutama mulut karena produksi air lir ini membantu dalam menjaga kesehatan. Adanya air liur membuat bakteri dan juga kuman bisa mati kemudian membuat mulut menjadi lebih sehat.

Anti Bakteri

Cabai sering juga digunakan menjadi bahan pengawet yang sangat ampuh pada makanan. Hal ini dikarenakan cabai juga menjadi makanan yang mengandung anti bakteri yang cukup tinggi. Dengan penggunaan cabai ini membuat makanan terhindar dari kontaminasi bakteri yang bisa membuat makanan menjadi kurang sehat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon