Tuesday, October 31, 2017

Jenis Makanan yang Justru Meningkatkan Stress

Stress terjadi bukan hanya dikarenakan adanya banyak pikiran, depresi ataupun berbagai masalah yang timbul. Stress juga bisa dikarenakan anda salah untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang selama ini anda konsumsi. Beberapa jenis makanan bisa menjadi salah satu penyebab meningkatnya tingkat stress dan menyebabkan diri menjadi lebih stress.

 Jenis Makanan yang Justru Meningkatkan Stress


Makanan memang menjadi salah satu factor penyebab stress yang memiliki risiko stress yang cukup tinggi.  Kebanyakan orang saat ini tidak terlalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi asalkan praktis dan cepat. Padahal dengan mengkonsumsi makanan secara acak dan tidak memperhatikan betul-betul makanan tersebut malah justru akan semakin meningkatkan daya stress yang bisa lebih berefek buruk untuk tubuh.

Tentunya beragam makanan yang meningkatkan stress ini ada baiknya untuk segera dihindari. Dengan menghindari makanan ini diharapkan tubuh akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang bisa kurang baik untuk tubuh dan meningkatkan stress begitu pesat. Sehingga, anda bisa mendapatkan makanan yang pas dan tepat untuk dikonsumsi saat stress.

Berikut Makanan Peningkat Stress


Makanan Pedas

Masalah dan permasalahan diri yang mudah tertekan bisa dikarenakan adanya factor permasalahan pada pencernaan. Sistem pencernaan yang kurang berfungsi dengan baik ini juga bisa menjadi tanda jika tubuh sedang mengalami stress. Metabolisme yang ada pada tubuh menjadi lebih lambat dan  lebih lama dikarenakan tubuh sedang mengalami stress.

Hal ini akan diperparah dengan mengkonsumsi makanan pedas akan membuat kondisi pencernaan menjadi semakin parah. Dengan adanya masalah pada pencernaan yang semakin parah juga akan semakin meningkatkan stress pada diri dan membuatnya menjadi lebih parah lagi. Hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi sayuran dan juga buah untuk menjadi penyeimbangan nutrisi pada tubuh.

Makanan Manis

Bukan hanya makanan pedas saja yang meningkatkan stress pada tubuh. Makanan manis juga memiliki pengaruh yang cukup tinggi dengan kondisi stress pada tubuh. Meskipun banyak yang mengatakan jika makanan manis bisa meningkatkan suasana hati namun hal ini justru tidak berlangsung dalam waktu yang lama alias hanya dengan waktu yang sangat singkat saja.

Es krim, susu cokelat, donat ataupun makanan lainnya tidak lantas langsung menjadikan suasana hati langsung berubah. Makanan manis yang cocok untuk meredam stress adalah cokelat gelap atau mentega kacang. Tentunya makanan ini harus dikonsumsi dengan kadar yang pas dan tidak berlebih.

Keripik Kentang

Terlihat sangat mengasyikkan dan tentu menjadi satu makanan yang sering dikonsumsi pada saat melakukan kegiatan ataupun saat menonton film di rumah. Namun, keripik kentang memiliki kandungan lemak trans yang cukup tinggi yang akan menjadi timbunan lemak dan kemudian menyebabkan masalah peningkatan stress dan bahkan juga bisa mengganggu pada masalah berat badan.

Roti Tawar dan Pastri

Kandungan yang ada pada roti tawar seperti tepung terigu putih, sodium, gula dan juga zat aditif lainnya menjadikan roti putih menjadi makanan yang kurang sehat untuk kesehatan mental dan juga fisik. Kandungan tepung terigu putih ini menyebabkan tubuh mengalami gangguan pada pencernaan dimana gangguan pada pencernaan ini yang menambah tingkat stress pada tubuh.

Untuk menanggulangi hal ini anda bisa mengkonsumsi pengganti roti tawar dengan menggantinya menjadi roti yang bebas gluten. Kandungan bebas gluten ini akan membuat tubuh terhindar dari stress dan juga lebih menyehatkan bagi tubuh.

Teh, Kopi, Minuman Energi, Cokelat

Berbagai jenis minuman juga menjadi satu hal yang harus dihindari untuk dikonsumsi terutama pada saat tubuh mengalami stress yang meningkat. Minuman ini menjadi minuman yang bisa merubah suasana hati tetapi kandungan lainnya yaitu theobromine, kafein dan juga neuro stimulator juga sangat tinggi dimana kandungan ini juga semakin meningkatkan stress. 

Jika ingin mendapatkan minuman yang menyegarkan anda bisa beralih ke air lemon hangat ataupun teh herbal bebas gula. Dengan mengkonsumsi minuman ini tetap bisa menjadi minuman penyegar yang bisa berguna untuk menenangkan diri dan juga mengatasi dehidrasi pada tubuh.

Donut

Makanan yang satu ini biasanya menjadi makanan camilan yang juga sering menjadi makanan pelampiasan saat diri mengalami stress. Namun sebenarnya donut juga kurang baik untuk dikonsumsi. Donut memiliki kandungan gula yang cukup tinggi dimana kandungan gula ini justru akan meningkatkan rasa cemas dan juga stress yang begitu tinggi pada diri anda. Selain itu, kadar gula yang terlalu tinggi juga meningkatkan kadar hormone kortison yang terlalu tinggi.

Permen Karet

Mengunyah permen karet bisa mengakibatkan permasalahan yang akan memperburuk tingkat stress pada tubuh. Mengkonsumsi permen karet bisa mempengaruhi kondisi pencernaan dan pencernaan ini sangat berhubungan dengan tingkat stress yang mungkin dialami oleh tubuh. Ketika gangguan pencernaan, maka tubuh akan lebih mengalami stress.

Makanan Olahan

Bukan rahasia lagi jika makanan olahan juga memiliki beragam kandungan yang kurang menyehatkan untuk tubuh. Lemak, sodium dan juga zat aditif buatan lainnya akan menjadi salah satu penyebab begitu meningkatnya kadar kortisol yang da pada tubuh. Hal ini akan menjadi tingkat stress meningkat secara drastis pada tubuh. 

Berbagai makanan seperti kentang goring, permen karet ataupun daging menjadi makanan yang harus dihindari supaya tubuh tidak semakin mengalami stress. Pilih makanan yang lebih sehat dan mungkin dengan membuat makanan sendiri untuk semakin meningkatkan kesehatan pada tubuh.

Kopi

Kopi memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi dimana minuman ini justru akan menambah tingkat stress dan gelisah yang ada pada diri anda. Berbagai kopi manis dengan berbagai varian rasa seperti vanilla ataupun moka dan lainnya tentu membuat minuman menjadi meningkatkan rasa stress yang tinggi.

Alkohol

Mengkonsumsi alcohol bis mengakibatkan tingkat hormone kortisol yang semakin meningkat. Adanya hormone kartisol yang semakin meningkat ini menyebabkan hormone stress yang semakin diproduksi dan semakin meningkat. Sehingga dengan mengkonsumsi alcohol tidak meninggalkan ketenangan tetapi justru semakin meningkatkan rasa stress menjadi semakin meningkat lagi.

Minuman Bersoda

Soda juga menjadikan tubuh mendapatkan kandungan soda yang semakin tinggi. Tak hanya berpengaruh pada tingkat stress pada tubuh saja, tetapi juga dengan mengkonsumsi minuman dengan kandungan soda yang tinggi akan semakin membuat tubuh menjadi kurang sehat juga karena bisa memicu obesitas dan juga diabetes pada tubuh.

Permen

Saat panic ataupun stress biasanya akan memilih permen sebagai makanan yang bisa menenangkan. Tapi sebenarnya permen malah justru akan semakin meningkatkan tingkat stress pada diri anda. Kandungan gula yang terlalu diri bisa meningkatkan kadar stress dan malah juga bisa menyebabkan mudahnya diri untuk tersulut emosi.

Latte

Banyak yang beranggapan jika minuman yang satu ini juga meningkatkan rasa tenang pada diri. Namun nyatanya tidak. Meskipun memang bisa memperbaiki mood namun hal ini tidak lebih besar dibandingkan dengan efek buruk yang bisa semakin memperburuk kondisi tubuh anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon