Tuesday, October 31, 2017

Tips Mengatasi Mendengkur yang Aman

Tidur dengan mendengkur atau dalam dunia kedokteran disebut dengan sleep apnea menjadi satu aktivitas yang sering dianggap remeh padahal sebenarnya sangat penting untuk diperhatikan dan diatasi. Mendengkur bisa mengakibatkan kualitas tidur menjadi terganggu karena adanya gangguan pernapasan yang membuat tidur menjadi kurang nyenyak dan kurang nyaman sehingga saat bangun malah justru membuat badan menjadi pegal dan kurang sehat.

Tips Mengatasi Mendengkur yang Aman


Mendengkur terjadi karena adanya penyempitan pada saluran pernapasan dalam waktu yang singkat dan mungkin hanya beberapa detik saja dan terjadi secara terus menerus. Penyempitan pada pernapasan inilah yang menyebabkan tubuh mengalami kekurangan oksigen khususnya pada sirkulasi darah. Hal ini pula yang menjadi satu tanda jika tubuh mengalami gangguan dan sebagai tanda jika tubuh mengalami kurang oksigen.

Tubuh yang mengalami kekurangan oksigen akan langsung di respon oleh otak dan kemudian otak akan secara aktif menggerakan otak mulut hal ini bertujuan untuk membuat cadangan oksigen bisa sampai hingga ke otak. Jika pada penyempitan ini kemudian menjadi jalan keluar masuknya udara maka hal inilah yang kemudian menjadi suara yang mendengkur dengan suara yang bisa didengar pada orang yang mendengkur.

Ada banyak sekali penyebab dari mendengkur mulai dari sakit tenggorokan, adanya kelainan pada hidung, posisi tidur yang kurang pas, mengkonsumsi minuman keras dan masih banyak lainnya. Mendengkur bisa saja dihindari dengan melakukan beberapa cara yang tentunya tidak berbahaya dan bisa menghasilkan efek yang maksimal.

Berikut Cara Mengatasi Mendengkur


Ubah Posisi Tidur

Bagi anda yang biasanya tidak mendengkur kemudian tiba-tiba terasa mendengkur bisa dideteksi jika hal ini dikarenakan posisi tidur yang salah. Posisi tidur memang sangat mempengaruhi tentang kualitas tidur dan bahkan bisa menjadi salah satu penyebab mendengkur. Menurut para penelitian, posisi tidur dengan cara telentang merupakan posisi yang paling sering mengakibatkan mendengkur.

Sebaiknya ketika tidur dan terasa mendengkur ada baiknya untuk segera mengambil posisi tidur dengan posisi menyamping. Hal ini dikarenakan ketika tubuh tidur dengan cara telentang ada bagian tubuh yang menjadi penghalang pada jalan napas. Sebelum tidur usahakan untuk mengambil posisi tidur menyamping supaya tubuh tidak mengalami mengorok dan bisa tidur dengan berkualitas dan memuat anda bisa bangun lebih segar lagi.

Atur Jadwal Tidur

Sangat penting bagi tubuh untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup dan juga istirahat yang cukup. Jadwal tidur yang kurang teratur dan tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk istirahat akan membuat tubuh dengan cepat untuk mendengkur. Atur ulang dan jadwalkan secara teratur waktu tidur yang pas dan cukup untuk tubuh bisa beristirahat dengan baik dan cukup.

Apabila tubuh mengalami kekurangan waktu beristirahat misalnya dikarenakan bekerja yang terlalu padat akan memicu tubuh mengalami kelelahan yang luar biasa sehingga membuat kondisi badan dengan otot-otot yang tegang dan menyebabkan mendengkur pada saat anda tidur. Oleh karena itu, atur waktu tidur sehingga anda bisa tidur dengan lebih rutin dan lebih cukup supaya tubuh tidak terlalu lelah.

Tidur yang terjadwal akan membuat seseorang bisa mendapatkan waktu tidur yang konstan dan sama secara terus menerus. Paling tidak dengan mendapatkan waktu istirahat yang cukup terutama untuk tidur yang cukup selama 7-8 jam sehari akan membuat seseorang mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan meminimalkan dari risiko mendengkur.

Perhatikan Berat Badan

Salah satu penyebab dari mendengkur adalah dikarenakan berat badan yang terlalu berlebih. Orang yang mengalami kelebihan berat badan terutama yang sudah mengalami obesitas juga memiliki risiko yang tinggi untuk mengalami mendengkur ketika tidur. Hal ini dikarenakan, berat badan yang terlalu berlebih menyebabkan adanya lemak yang bersarang pada leher dimana lemak ini kemudian menekan dan menyumbat tenggorokan.

Meskipun hal ini juga tidak langsung dialami oleh semua orang yang mengalami berat badan yang berlebih namun salah satu penyebab ini bisa dilihat ketika anda mengalami pertambahan berat badan kemudian menjadi mendengkur saat tidur. Hal ini berarti anda harus segera menurunkan berat badan hingga sampai pada berat yang ideal lagi untuk menghindari masalah pada tenggorokan dan menyebabkan mendengkur.

Menjaga Kebersihan Kamar dan Bantal

Mendengkur juga bisa saja dikarenakan efek alergi pada debu ataupun sesuatu yang belum anda sadari. Bantal ataupun tempat tidur yang kotor juga bisa menyebabkan mendengkur pada sebagian orang yang dikarenakan iritasi pada debu. Iritasi ataupun alergi debu ini bisa menimbulkan penyempitan pada saluran pernapasan dan juga terjadinya pembengkakan pada tenggorokan sehingga seseorang menjadi lebih mudah untuk mendengkur.

Mengganti bantal secara berkala dan juga mencuci sarung bantal hingga spre secara teratur sangat penting untuk menghindarkan pada debu yang menempel. Selain itu, jika memiliki hewan peliharaan juga jangan biarkan tidur di tempat tidur terutama di bantal. Kebersihan kamar mulai dari furniture ataupun perabotan juga penting untuk membuat udara tetap segar dan tidak terlalu banyak debu yang menempel dan menyebabkan gangguan pada pernapasan.

Konsumsi Air Putih yang Cukup

Asupan air putih juga sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat terutama menghindarkan tubuh dari kebiasaan mendengkur. Tubuh yang mengalami kekurangan cairan terutama air putih akan membuat hidung menjadi lebih lengket dimana hal ini menyebabkan penyempitan dan menyebabkan tubuh menjadi mendengkur.

Mengkonsumsi air putih yang cukup akan membantu untuk melancarkan aliran air pada tubuh. Air putih paling tidak dengan mengkonsumsi 3.7 liter per hari untuk pria dan 2.7 liter untuk wanita akan membantu untuk membuka penyumbatan pada hidung dan juga membersihkan lender-lendir yang bisa menjadi penyumbat pernapasan.

Mencuci Hidung dengan Air Garam

Mendengkur juga bisa diakibatkan karena hidung yang tersumbat. Untuk mengatasi hal ini anda bisa menggunakan cara yaitu dengan mencuci hidung dengan menggunakan air garam. Membasuh hidung dengan air garam sebelum tidur berpengaruh dengan saluran pernapasan yang semakin terbuka dan semakin melancarkan peredaran udara di sekitar hidung.

Selain dengan menggunakan air garam, anda juga bisa menggunakan air hangat untuk mandi sebelum tidur malam. Hal ini akan lebih melancarkan pernapasan dan menggugurkan setiap lender yang ada pada bagian pernapasan dan juga pada bagian hidung.

Tidak Mengkonsumsi Kopi atau Makanan Berat

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi ataupun mengkonsumsi makan berat saat malam hari sebelum tidur atau paling tidak 3 jam sebelum tidur bisa mengakibatkan insomnia atau kesusahan tidur. Hal ini akan menyebabkan tubuh mengalami kurang waktu untuk istirahat dan kurang waktu untuk mengistirahatkan badan dengan baik dan cukup.

Oleh karena itulah, paling tidak hindari mengkonsumsi makanan berat dan juga kopi 3 hingga 4 jam pada saat sebelum tidur. Hal ini untuk membuat tubuh bisa tidur dengan lebih nyenyak dan paling tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup yaitu 7-8 jam per harinya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon