Friday, October 20, 2017

Tips Agar Make Up Untuk Kulit Berminyak Tahan Lama

Memiliki kulit wajah dengan tipe berminyak sebenarnya menguntungkan. Menurut sebuah penelitian, kulit berminyak tidak akan cepat keriput dibandingkan dengan tipe kulit lainnya. Namun salah satu kendala wanita yang memiliki kulit berminyak adalah kesulitan menerapkan make up untuk kulit berminyak yang benar, sehingga dandanan mereka menjadi tidak tahan lama.

Tips Agar Make Up Untuk Kulit Berminyak Tahan Lama


Tentu hal tersebut akan menjadi masalah ketika diharuskan memakai riasan dalam waktu yang relatif lama. Make up yang luntur tentunya akan merusak penampilan Anda. Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki kulit berminyak harus pandai memilih make up yang tepat serta menerapkan cara pengaplikasian yang benar agar riasan Anda awet hingga seharian.

Cara Make Up Untuk Kulit Berminyak


Mencuci Wajah

Wajah berminyak mudah sekali kotor, jika tidak segera dibersihkan, bukan hanya akan menimbulkan jerawat tetapi juga akan membuat riasan menjadi tidak tahan lama karena tidak dapat menempel dengan baik. Maka dari itu, mencuci wajah menjadi syarat nomor satu sebelum mulai berdandan.

Gunakan sabun muka yang mampu mengontrol kelebihan minyak di wajah. Pastikan Anda memilih sabun muka yang tepat, agar kelembaban kulit Anda tidak hilang namun juga tidak terlalu berminyak.

Kompres Es Batu

Es batu akan membantu pori-pori wajah mengecil sehingga produksi minyak akan berkurang. Sensasi dinginnya juga akan menolong wajah agar terlihat lebih segar sesaat sebelum menggunakan riasan.

Pakai Toner

Pelembab biasanya akan memberikan efek kenyal pada wajah sehingga mudah mengoleskan make up. Namun untuk kulit berminyak yang akan dirias sebaiknya tidak menggunakan pelembab. Gunakan jenis kosmetik ini ketika wajah Anda bebas dari riasan, contohnya pada malam hari. Sebagai gantinya, gunakan toner atau penyegar. Aplikasikan dengan menepuk lembut, agar penyegar merasuk ke kulit.

Gunakan Primer dan Concealer

Primer sangat cocok dijadikan base sebagai make up untuk kulit berminyak. Jenis kosmetik ini lebih sempurna menutup pori-pori. Selain itu, pilihlah primer yang memberika efek matte pada kulit. Kesan ini akan mengurangi efek “bersinar” ketika kulit mulai memproduksi minyak alami.

Masalah lain pada kulit berminyak adalah jerawat. Untuk menutupi bekas jerawat, gunakan concealer. Penggunaan concealer dinilai lebih sempurna dalam mengkoreksi wajah yang memiliki noda bekas jerawat.

Pilih Foundation Yang Tepat

Kunci riasan yang tahan lama ada pada alas bedak. Pilihlah foundation yang menyertakan label oil control atau oil free. Jika memungkinkan, pilih alas bedak yang memiliki komposisi water based bukan oil based. Foundation yang bertekstur cair juga lebih direkomendasikan dibandingkan dengan yang bertekstur padat.

Ketika mengaplikasikan alas bedak ke kulit wajah, jangan gunakan jari. Panas di jari akan mengaktifkan kelenjar minyak, sehingga hasil sapuan alas bedak tidak akan merata. Lebih baik gunakan kuas atau sponge blender.

Bedak Tabur dan Kosmetik Lainnya

Biasakan menggunakan bedak tabur sebelum mengaplikasikan bedak padat. Bedak tabur lebih mampu menutup pori-pori sehingga tidak menimbulkan kesan mengkilat. Selain itu pilihlah kosmetik make up untuk kulit berminyak yang bukan hanya waterproof tetapi juga oily proof agar riasan tahan lama.

Blotting Paper

Siapkan selalu kertas minyak untuk wajah guna menyerap kelebihan minyak. Jika tidak memiliki blotting paper, Anda dapat menggunakan tisu. Namun jangan aplikasikan dengan cara mengusap, cukup tepuk-tepuk wajah agar minyak terangkat namun riasan tidak rusak.

Sebenarnya make up untuk kulit berminyak yang tahan lama tidak terlalu sulit. Jika ingin riasan lebih awet, Anda dapat melakukan touch up setiap tiga jam sekali atau saat diperlukan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon