Friday, October 20, 2017

Tanda-tanda Ibu Hamil Terkena Virus Rubella yang Harus Diwaspadai

Tanda-tanda ibu hamil terkena virus Rubela saat ini harus segera disosialisasikan kepada masyarakat. Penyakit rubella cukup berbahaya bagi wanita yang sedang hamil dan akan berdampak pula pada kematian bayi yang dikandung. Virus rubella bisa menyerang wanita hamil ketika usia kehamilan di bawah lima bulan, pada usia tersebut virus rubella dapat memberikan dampak buruk bayi, yaitu meninggal di dalam kandungan.

Tanda-tanda Ibu Hamil Terkena Virus Rubella yang Harus Diwaspadai


Penularan virus ini terjadi melalui beberapa aktivitas yang cukup sederhana, yaitu ditularkan melalui bersin dan batuk, bahkan saat seseorang memegang barang yang sudah terkontaminasi virus rubella. Kesehatan wanita hamil sangat rawan terhadap beberapa virus, oleh sebab itu wanita hamil harus selalu waspada dan segera melakukan penanganan ketika merasakan adanya tanda-tanda ibu hamil terkena virus rubella.

Kenali Tanda-tanda Ibu Hamil Terkena Virus Rubella


Terasa Sakit Pada Kepala Disertai Hidung Tersumbat

Tanda-tanda ibu hamil terkena virus rubella yang pertama adalah kepala terasa sakit yang disertai dengan hidung tersumbat dalam jangka waktu yang cuku lama. Tanda ini merupakan gejala awal dari penyakit rubella yang harus segera ditangani, karena apabila tidak segera ditangani akan berdampak buruk pada kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Ibu hamil akan merasakan tidak nyaman ketika mengalami sakit kepala yang disertai hidung tersumbat. Apabila ibu hamil mengalami gejala tersebut dalam jangka waktu 14 sampai 21 hari sangat dianjurkan untuk segera memeriksakan pada dokter agar segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Adanya Rasa Mual Yang Lebih

Rasa mual memang sering terjadi pada setiap wanita hamil, khususnya rasa mual akan dialami pada usia kehamilan muda yang dapat ditangani dengan meminum air atau minuman hangat. Namun jika rasa mual terjadi dalam jangka waktu lama pada masa kehamilan berarti terjadi  sesuatu yang sangat tidak wajar.

Hal yang tidak wajar tersebut merupakan salah satu gejala penyakit rubella. Untuk wanita hamil yang merasakan mual secara berkepanjangan harus segera memeriksakan kesehatannya pada dokter. Konsultasikan apa yang dirasakan sehingga akan ada penanganan yang cepat dan wanita hamil dapat segera disembuhkan.

Muncul Bintik-bintik Merah Pada Badan

Gatal adalah hal wajar yang sering dirasakan oleh setiap orang, termasuk wanita hamil. Gatal yang wajar biasanya tidak disertai dengan munculnya bintik merah pada tubuh. Gejala penyakit rubella yang ketiga ditunjukkan kemunculan bintik kemerahan pada tangan dan menyebar pada keseluruhan tubuh selama empat hari. Segera tangani dengan cepat gejala tersebut agar tidak menular pada keluarga dan kerabat sekitar.

Iritasi Mata

Seseorang yang merasakan sakit pada mata biasanya akan diikuti dengan rasa sakit pada seluruh tubuh. Dampak tersebut juga dirasakan pada wanita hamil, rasa sakit pada matanya pasti akan mengganggu dan berdampak buruk pada kondisi janin. Pengobatan pada wanita hamil tidak boleh sembarangan dan harus dengan cara yang aman. Salah satu gejala penyakit rubella pada wanita hamil adalah iritasi  mata yang berlangsung lebih dari tiga hari.

Untuk menjaga kesehatan pada wanita hamil bukanlah perkara yang mudah. Bagi wanita yang ingin melahirkan bayi sehat maka akan sebaiknya jika wanita hamil dapat menjaga kesehatannya, salah satunya adalah dengan menjaga pola makan dan istirahat yang cukup.

Pada masa hamil akan lebih baik jika dimanfaatkan dengan kegiatan olahraga kecil, seperti jalan kaki. Dengan olahraga pada nantinya bisa membantu wanita hamil mudah untuk melakukan proses kelahiran. Penyakit rubella yang menyerang wanita hamil sangat membahayakan kesehatan janin yang dikandungnya. 

Oleh sebab itu, wanita hamil harus mengenal tanda-tanda ibu hamil terkena virus rubella, sehingga wanita hamil akan cepat tanggap ketika menemukan beberapa gejala penyakit rubella.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon