LETAK JERAWAT DI WAJAH DAN KONDISI KESEHATAN

Letak Jerawat Menandakan Suatu Penyakit. Munculnya jerawat bukan hanya disebabkan masalah hormon atau akibat dari salah pemakaian kosmetik. Keberadaan jerawat di area tertentu ternyata bisa menjadi tanda masalah kesehatan. Baca juga Redakan Jerawat Dengan Konsumsi 6 Vitamin Ini

LETAK JERAWAT DI WAJAH DAN KONDISI KESEHATAN
Letak Jerawat di Wajah dan Penyebabnya

Kemunculan jerawat yang tidak biasa ini menandai kondisi kesehatan yang lagi tidak fit. Mulai dari malnutrisi, dehidrasi, sampai penyakit kronis.

Berikut letak jerawat di wajah dan kaitannya dengan masalah kesehatan.

1. Dahi

Bagian dahi menunjukkan tubuh sedang dehidrasi atau masalah pencernaan di usus kecil serta mengalami stres. Jika jerawat berada di tengah dahi, berarti pertumbuhan bakteri di usus kecil sedang meningkat.

Mengurangi soda dan minuman berkarbonasi bisa dilakukan untuk mengurangi jerawat di area ini. Konsumsi minuman yang mengandung antioksidan seperti teh hijau juga sangat dianjurkan untuk memperlancar sistem pencernaan.

2. Di antara alis

Jerawat di area ini bisa disebabkan karena masalah yang terjadi pada hati. Penyebabnya adalah karena kita makan terlalu banyak daging, makanan berlemak atau memang alergi terhadap beberapa jenis makanan. Konsumsi gula dan alkohol yang berlebihan juga bisa jadi pemicunya. Ini juga pertanda bahwa antioksidan alami di tubuh berkurang.

Cara mengatasinya adalah dengan makan makanan yang sehat. Pilih makanan yang ringan seperti semangka atau timun dan hindari makanan yang terlalu banyak mentega dan gula.

Olahraga ringan seperti berjalan-jalan dengan teratur selama 30 menit setiap hari.
Jika diperlukan, konsumsi suplemen yang baik untuk hati.

3. Mata

Ini bisa menjadi tanda fungsi hati yang buruk, komplikasi sendi, atau pencernaan yang buruk. Jerawat kronis dapat muncul di sekitar mata juga akibat dari peradangan sistemik di berbagai organ dan jaringan getah bening.

Jika mengamati adanya jerawat di dekat mata, kurangi asupan gula dan garam. Warna kekuningan di mata juga menunjukkan fungsi hati yang lemah.

4. Hidung

Jerawat di sepanjang hidung dan pipi dapat mengindikasikan masalah dengan jantung atau tekanan darah. Jerawat di area ini juga terjadi karena pola makan yang buruk sehingga menyebabkan gangguan pencernaan dan peradangan jerawat.

Konsumsi makanan yang kurang asam lemak esensial seperti salmon, alpukat dan zaitun bisa mendasari munculnya jerawat. Mengonsumsi makanan seperti daging atau makanan olahan serta kurang asupan buah dan sayur pun menjadi pemicu jerawat di area ini.

5. Pipi

Adanya kelainan metabolik, masalah paru-paru dan kurang asupan nutrisi ditandai dengan adanya jerawat di pipi. Perubahan warna pada pipi juga menandakan metabolisme yang buruk dan penyerapan nutrisi yang rendah seperti asam folat dan zat besi.

Selain itu, penting untuk diketahui bahwa jerawat di pipi mungkin disebabkan oleh ponsel atau sarung bantal yang kotor atau terlalu sering menyentuh wajah. Pastikan untuk menjauhkan tangan yang kotor dari wajah dan gunakan seprei yang bersih.

6. Area bibir

Jerawat di sekitar mulut atau bibir merupakan tanda mengalami sembelit atau menunjukkan konsumsi makanan berlemak yang berlebihan. Jerawat di bibir bagian bawah menunjukkan kemungkinan mengidap gangguan pencernaan dan fungsi enzim yang buruk serta adanya parasit atau cacing di usus bagian bawah.

Adanya perubahan warna pada bibir, seperti pucat, dapat menjadi salah satu tanda seseorang mengalami penyakit jantung koroner atau komplikasi kardiovaskular lainnya.

7. Lidah

Jerawat yang berada di area lidah akan menunjukkan bercak-bercak putih atau merah di sekitarnya. Adanya jerawat di area ini menunjukkan tubuh mengalami beban racun yang tinggi, komplikasi paru atau kekurangan gizi.

Bercak putih melingkar di tengah atau belakang lidah menunjukkan penumpukan racun di area usus dan harus segera melakukan detoksifikasi. Ini bisa terjadi karena terlalu banyak makan makanan olahan dan kurang vitamin.

8. Dagu

Jerawat di area ini terkait dengan ketidakseimbangan hormon. Pada wanita, jerawat di sekitar dagu bisa timbul saat siklus menstruasi terjadi, atau bisa menunjukkan masalah seperti sindrom ovarium polikistik.

Atur dan kurangi stres sebisa mungkin, tidur yang cukup dan berolahraga. Melakukan hal ini dapat membantu menyembuhkan atau mengurangi peradangan jerawat di area dagu.

Dari info di atas tentang Letak Jerawat di Wajah dan Hubungannya dengan Kondisi Kesehatan, maka dapat dilakukan pengobatan yang tepat untuk mengatasi masalah jerawatan yang diderita, Mengatasi jerawat harus dengan langkah yang tepat sehingga dapat dibasmi hingga ke akarnya.

0 Response to "LETAK JERAWAT DI WAJAH DAN KONDISI KESEHATAN "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel