Monday, November 6, 2017

7 Makanan Yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Otak

Otak merupakan organ yang terpenting dalam tubuh manusia. Menjaga kesehatan otak sama pentingnya denga menjaga kesehatan organ-organ tubuh lain seperti jantung, paru-paru, ginjal, hati, usus, lambung dan lain-lain. Otak merupakan organ yang bertugas untuk mengendalikan seluruh anggota tubuh agar tetap seimbang.

7 Makanan Yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Otak


Kekurangan nutrisi otak, bisa saja dialami oleh manusia dengan ciri-ciri sebagai berikut; pusing, cenderung lebih mudah marah, pandangan agak kabur, sering keluar air mata dan lebih mudah lupa merupakan pertanda bahwa otak anda kekurangan nutrisi. 

Ketika makanan anda kurang bernutrisi, biasanya suplemen menjadi pilihan untuk mengatasi hal ini karena makanan yang kurang akan kandungan nutrisi bisa mengakibatkan penurunan kesehatan otak anda dan timbul gejala-gejala kekurangan nutrisi otak, beberapa makanan memiliki kandungan rendah untuk otak dan sebaiknya Anda hindari.

Konsumsi Dua Sendok Madu Mampu Meningkatkan Kinerja Otak


Dengan dua sendok makan madu setiap hari saat sarapan mampu meningkatkan kinerja otak, meningkatkan kesehatan dan berbagai manfaat lain yang bisa diperoleh dari khasiat madu. Selain rasanya yang lezat, madu merupakan makanan terbaik untuk menjaga kinerja otak karena kaya akan kandungan bio hormon, enzim dan zat mineral yang bisa merangsang otak untuk berkonsentrasi lebih baik serta mengusir stress.

Kalau bisa, ganti pemanis yang biasa anda gunakan dengan madu. Terlebih lagi jika anda suka mengkonsumsi makanan yang mengandung gula  tambahan sangat tidak baik untuk kesehatan otak. Terlalu tinggi jumlah gula dalam tubuh anda selain bisa menyebabkan diabetes ternyata juga bisa bisa mengakibatkan otak mengalami peradangan. Peradangan terjadi pada bagian hippocampus dimana area ini merupakan area penting untuk ingatan manusia.

Makanan Laut Kaya Akan Kandungan Nutrisi Yang Bagus Untuk Otak

Segala makanan laut dan ikan sangat bagus untuk memenuhi nutrisi otak, sehingga mampu merangsang perkembangan otak untuk meningkatkan kecerdasan. Hal ini karena kebanyakan makanan laut kaya akan asam amino yang bertugas untuk merangsang sekresi dopamin dan juga noradrenalin. 

Ikan Salmon merupakan salah satu contoh makanan laut yang kaya akan asam lemak omega 3.  Omega 3 mampu mendongkrak fungsi otak pada orang dewasa atau usia produktif. Penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Neurology juga mengungkapkan bahwa orang yang memiliki rentan usia 25 tahun kebawah diberikan asupan omega 3 selama tiga bulan memiliki nilai tes jauh lebih baik dalam hal memori.

Namun dalam pengolahannya, sebaiknya makanan yang kaya akan nutrisi ini tidak digoreng. Makanan yang digoreng sangat tidak bagus untuk kesehatan, kandungan lemak trans pada makanan yang digoreng mampu memperburuk ingatan anda. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi kadar lemak trans juga bisa membuat orang mudah tersinggung, agresif dan erat kaitannya dengan pengecilan volume otak.

Kedelai Kaya Akan Kandungan Lestisin dan Vitamin B1

Untuk meningkatkan kecerdasan, konsumsilah kedelai atau makanan olahan dari kedelai karena kaya akan kandungan lestisin dan vitamin B1 yang bisa membantu komunikasi antar sel-sel otak sehingga informasi lebih cepat diproses. Minium 2 gelas susu kedelai atau konsumsi setidaknya 100 gram kedelai setiap hari bisa meningkatkan kinerja otak anda. Kandungan lemak baik pada kedelai juga sangat bagus untuk tubuh. Selain kedelai, makanan yang kaya akan lemak baik adalah alpukat.

Sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak  jenuh seperti susu sapi dan kripik karena bisa mempengaruhi kesehatan otak anda. Lemak jenuh yang terkandung dalam susu dan kripik selain tidak bagus untuk otak namun juga organ tubuh yang lain. setidaknya anda harus mengurangi sebesar 16 gram lemak jenuh setiap harinya atau setara dengan 3 potong keju cheddar agar kesehatan tetap terjaga.

Kandungan Tripofan Pada Pisang Mampu Memicu Produksi Hormon Serotonin

Buah pisang juga sangat bagus untuk menjaga kinerja otak, hanya dengan mengkonsumsi sebanyak 100 gram buah pisang saja kebutuhan tubuh akan hormon serotonin terpenuhi sebesar 1.7 mg. Yang memicu hormon serotonin adalah kandungan tripofan (senyawa asam amino) yang ada pada pisang.

Hormon serotonin sendiri berfungsi untuk meningkatkan otak dalam berkonsentrasi. Selain meningkatkan konsentrasi, hormon serotoim sendiri bisa memicu seseorang untuk lebih bahagia karena suasana hati menjadi lebih stabil. Konsumsi satu atau dua buah pisang setiap hari agar kinerja otak anda semakin meningkat dan mood membaik secara alami.

Cokelat Bisa Melindungi Sel Saraf Dari Kerusakan Saat Terkena Serangan Stroke

Selama ini banyak sekali orang yang beranggapan bahwa cokelat memiliki dampak buruk untuk kesehatan. Padahal beberapa penelitian menunjukan bahawa manfaat yan terkandung dalam cokelat begitu banyak diantaranya adalah meningkatkan kecerdasan, penampilan dan kesehatan.

Bubuk cokelat yang dicampur dengan gula mampu mengembalikan keseimbangan metabolisme otak sehingga kesehatan dan aktivitas mental seseorang semakin meningkat. Penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins University juga menunjukkan bahwa cokelat bisa melindungi sel saraf otak dari kerusakan saat terkena serangan stroke.

Dengan mengkonsumsi cokelat batang atau minum tiga cangkir coklat setiap hari bisa meningkatkan metabolisme dan memori otak anda.

Beberapa Bumbu Yang Ada di Dapur Bagus Untuk Kesehatan Otak

Beberapa bumbu yang ada di dapur anda seperti pala, seledri, kemangi, bawang putih dan cabe ternyata sangat bagus untuk kesehatan otak anda. Pala memiliki kandungan minyak esensial yang bisa membantu seseorang untuk memperoleh suasana hati yang baik, meningkatkan konsentrasi dan juga meningkatkan kinerja otak.

Cabai yang sering anda gunakan disetiap masakan untuk menambah selera juga tinggi akan kandungan vitamin C serta unsur-unsur yang bisa memperbesar pembuluh darah ke otak. Capsaicin merupakan komponen aktif yang ada pada cabai dan bisa merangsang pelepasan hormon endorfin. Endorfin sendiri merupakan hormon yang memicu seseorang untuk lebih bergairah dan optimis.

Konsumsi bawang putih setengah siung setiap hari bisa merangsang sirkulasi darah pada otak sehingga meningkatkan presentase oksigen yang ada di dalam sel otak. Kemangi juga merupakan herbal alami yang sangat bagus untuk otak. Minyak esensial yang terkandung dalam kemangi mampu menghilangkan mood buruk, mengurangi kecemasan atau rasa khawatir dan meningkatkan konsentrasi otak.

Minyak Zaitun Atau Olive Oil

Anda bisa menambahkan lemak sehat pada setaip makanan dengan minyak zaitun. Minyak zaitun mampu meningkatkan memori otak, serta mencegah panyakit pikun (dementria) dan berbagai penurunan fungsi kognitif pada otak. Selain itu, minyak zaitun atau olive oil juga kaya akan anti inflamasi dan antioksidan yang sangat baik untuk mencegah penyakit kanker.

Demikian beberapa makanan yang bisa meningkatkan kinerja otak. Makanan bernutrisi dan pola makan yang sehat harus dipenuhi untuk mendukung performa otak agar tetap maksimal sehingga tidak terjadi kerusakan otak, suplai darah ke otak lancar, membagun sel-sel otak, melawan radikal bebas dan mencegah penurunan fungsi kognitif otak.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon