Monday, November 6, 2017

7 Penyebab Badan Cepat Lelah Meskipun Cukup Istirahat

Kesibukan dengan aktivitas keseharian kadang membuat diri seseorang lupa untuk beristirahat, jadi badan harus di istirahatkan dengan baik. Sebagian orang menggunakan waktu senggangnya untuk kegiatan yang kurang sehat untuk tubuhnya misal konsumsi makanan cepat saji atau melakukan aktivitas liburan yang berlebihan sehingga badan semakin lelah.

7 Penyebab Badan Cepat Lelah Meskipun Cukup Istirahat


Solusi yang mudah di lakukan ketika badan lelah yakni dengan beristirahat, namun terkadang dengan istirahat yang berlebihan juga berakibat pada badan menjadi lemas. Tidak hanya itu, jika istirahat sudah cukup namun badan masih cepat lelah dan lemas, pernah mengalami?

Beberapa Alasan Mengapa Tubuh Lemas Meskipun Cukup Istirahat


Tidak pernah olahraga

Jika Anda merasa sudah cukup tidur namun badan masih terasa lemas dan mudah lelah, ada hal yang perlu di koreksi lebih lanjut misal kurangnya kualitas dalam tidur. Sering tidur malam dengan segudang aktivitas membuat tubuh lemas dan akhirnya tidur pun tidak pulas.

Salah satu tips untuk membuat badan lebih segar dan tidur menjadi berkualitas adalah dengan berolahraga, lakukan olahraga secara rutin setiap harinya agar badan anda lebih segar. Tidak perlu olahraga berat, cukup ringan seperti pus up atau sit up atau lari kecil 10-15 menit setiap harinya maka Anda akan merasakan dampak setelahnya.

Sering stress

Penyebab berikutnya adalah stress, stress menjadi penyebab tubuh memproduksi hormon cortisol. Produksi hormon yang berlebihan membuat tubuh menjadi kelelahan. Hal ini Anda harus memikirkan solusinya dengan menyesuaikan apa penyebab Anda stress.

Kembali ke masalah sebelumnya, stress juga membuat tidur menjadi tidak berkualitas dan alhasil Anda akan merasakan lelah di setiap harinya dan mudah mengantuk saat beraktivitas, membuat kurang produktif.

Kurang minum air putih

Sebagian orang, minum air putih hanya setelah makan saja atau bahkan hanya ketika haus. Kutipan dari sebagian ahli medis, minum air putih akan membuat badan lebih segar karena hampir seluruh tubuh manusia berisi cairan. Hal ini jika tidak terpenuhi dengan baik akan membuat badan menjadi lemas dan mudah lelah.

Salah dalam program diet

Jika tidur dirasa sudah cukup, maka bisa di perhatikan pola makan Anda sehari-hari. Bisa jadi pola makan Anda menjadi penyebab badan  menjadi lemas karena kurangnya asupan gizi dalam tubuh.

Terkhusus jika Anda sedang melakukan program diet, biasanya melakukan pantangan tidak makan makanan tertentu, jika asupan yang dibutuhkan tubuh namun tidak terpenuhi maka metabolisme tubuh akan terganggu dan membuat tubuh menjadi cepat lelah dan lemas.

Anemia ( kurang darah )

Untuk kekurangan darah menjadi alasan umum, namun perlu diperiksa saja dengan cek tekanan darah di rumah sakit atau puskesmas terdekat. Jika sudah di ketahui penyebabnya bisa mengatasinya dengan konsumsi obat penambah darah atau yang lebih alami dengan konsumsi makanan yang bisa menaikan darah, namun tetap dengan memperhatikan jumlah porsinya, lakukan dengan bertahap.

Gangguan pada kelenjar Tiroid

Fungsi dari kelenjar Tiroid untuk mengatur ritme pembakaran energi dalam tubuh manusia, jika produksi yang berlebihan atau jumlahnya yang tidak sesuai jatah mestinya mengakibatkan badan menjadi lemas karena proses metabolisme terganggu tidak sebagaimana mestinya.

Anda bisa melakukan test, untuk mengetahui produksi atau aktivitas kelenjar Tiroid agar masalah kelelahan yang berlebihan segera teratasi.

Terdapat diabetes

Penyakit satu ini bisa menjadi penyebab kelelahan berikutnya, jika gejala seperti pandangan mata kabur, sering buang air kecil maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memeriksakan kadar gula dalam darah untuk segera di tangani.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon