Sunday, November 5, 2017

Berbagai Penyakit Serius Akibat Gangguan Pada Mulut Dan Gigi

Mulut merupakan tempat masuknya sumber-sumber penyakit. Gangguan pada pada mulut bisa menyebabkan berbagai gangguan pada organ tubuh yang lain. Penyakit yang timbul akibat dari mulut dan gigi disebut dengan focal infection (FI) atau focal infection dental origin. Infeksi awalnya masuk lewat mulut dan gigi kemudian menjalar ke organ-organ tubuh yang lain.

Berbagai Penyakit Serius Akibat Gangguan Pada Mulut Dan Gigi


Penyakit mulut, seperti infeksi yang menyerang bagian akar gigi maupun jaringan penyangga pada gigi anda mampu melibatkan lebih dari 350 bakteri dan mikroorganisme bisa menyebabkan gangguan pada organ tubuh lain. Hal ini disebabkan karena letak jaringan yang tidak terlalu jauh dari pembuluh darah membuat produk dari infeksi berupa toksin dengan cepat menyebar ke seluruh anggota tubuh.

Diperkirakan ada sekitar 6 milyar mikroba yang bersarang di dalam mulut berasal dari 500 starin dengan jenis berbeda dan yang paling banyak adalah porphyromonas gingivalis, candidi albicans, streptococus mutans, treponema denticola, actinobacillus actiomy cetemcomitans dan streptococcus sanguis. Jadi, mulut dan gigi merupakan tempat yang cukup jorok jika tidak dibersihkan dengan benar.

Berikut ini beberapa penyakit yang diakibatkan oleh gangguan pada gigi maupun rongga mulut


Penyakit Jantung Dan Stroke

Ada sebuah teori yang sudah bayak diyakini bahwa gangguan  focal infection entah itu karena sakit gigi, penyakit mulut, dan gangguan lain pada sekitar rongga mulut bisa menyebabkan penyakit serius seperti jantung dan stroke. Oral bacteria atau bakteri yang berasal dari rongga mulut akan masuk ke dalam pembuluh darah dan menempel pada timbunan lemak yang ada pada arteri jantung sehingga membentuk bekuan.

Penyakit jantung sendiri merupakan penyakit yang diakibatkan oleh penebalan pembuluh darah akibat timbunan lemak yang berlebih. Jika hal ini terjadi, maka aliran darah menuju jantung menjadi terhambat sehingga oksigen maupun nutrisi yang dibutuhkan oleh jantung menjadi terhambat dan menimbulkan serangan jantung. Jika penyumbatan terjadi di otak, maka akan menimbulkan penyakit stroke. 

Penyakit Pada Saluran Pernafasan

Anda harus menjaga kebersihan mulut, karena infeksi yang timbul akibat gangguan pada rongga mulut dapat menyebabkan gangguan pada saluran pernafasan juga. Bakteri yang ada pada rongga mulut akan terhisap sehingga ikut masuk ke dalam saluran pernafasan. Yang lebih parahnya lagi bakteri yang masuk akan berkembangbiak  dan menyebar ke paru-paru sehingga menimbulkan gangguan pada saluran pernafasan.

Menyebabkan Bayi Lahir Prematur

Ibu hamil yang mengalami gangguan pada mulut memiliki risiko lebih besar bayi yang dikandung akan lahir secara prematur. Bahkan kemungkinan ini mencapai 7 kali lipat lebih besar dari mereka yang tidak memiliki gangguan mulut sama sekali. Selain lahir lebih awal, bayi yang dikandung juga memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari bayi normal. Hal ini disebabkan karena penyakit periodental yang diderita oleh ibu hamil dapat memicu cairan biologis yang memicu kelahiran. Agar bayi sehat, sebaiknya jaga selalu kebersihan gigi dan mulut anda.

Gangguan Pada Mata

Saat sakit gigi, sering kali disertai dengan gangguan pada mata seperti nyeri pada bagian atas mata dan mata menjadi cepat lelah. Lubang gigi yang terlalu dalam dapat membuat infeksi menyebar hingga ke ujung akar sehingga ada kemungkinan infeksi tersebut menjalar hingga mata dan kepala. Nyeri pada mata juga ditimbulkan karena syaraf penyusun antara organ mata dan gigi memiliki induk yang sama. 

Sakit Kepala Bagian Belakang

Gangguan gusi, sakit gigi, infeksi yang menjalar dan masalah pada sendi rahang bisa mengakibatkan sakit kepala. Ini disebabkan oleh efek nyeri alih atau nyeri yang menjalar ke bagian kepala bagian belakang. Posisi saraf gigi dan saraf otak letaknya berdekatan sehingga saling berhubungan satu sama lain. Hal ini turut serta mempengaruhi saraf otak anda untuk ikut merasakan sakit kepala, atau bisa juga karena infeksi pada gigi yang menghasilkan zat kimia tertentu sehingga merangsang saraf tertentu untuk merasakan nyeri yang  sama.

Jika saat mengunyah anda merasakan sakit kepala, ada kemungkinan terjadi masalah pada sendi rahang yang bertugas untuk melakukan gerakan mengunyah. Jika hal ini terjadi sebaiknya segera pergi ke dokter untuk memeriksakan keadaan gigi anda  dan juga sendi yang terkait. Dokter juga akan melakukan tes medis seperti rotgen gigi jika diperlukan karena penangganan akan disesuaikan dengan keluhan yang ada.

Benjolan Pada Mulut (Kanker Mulut)

Kanker mulut bentuknya sama dengan kanker yang tumbuh di bagian anggota tubuh lain hanya saja letaknya yang berbeda. Kanker mulut letaknya statis atau tidak berpindah-pindah. Jika terserang sariawan, anda akan merasakan nyeri dan akan semakin parah saat makan makanan yang pedas.  Namun hal ini tidak terjadi pada kanker mulut, sehingga benjolan semakin lama akan semakin besar dan setelah stadium 3 atau 4 baru menyadarinya.

Kebanyakan orang akan memeriksakan diri setelah bertahun-tahun karena benjolan tak kunjung sembuh dan semakin lama semakin besar. Gigi yang berlubang dan mengakibatkan infeksi merupakan salah satu pemicu dari kanker mulut ini.

Adapun beberapa ciri kanker mulut untuk membedakan dengan penyakit ringan lain adalah; timbul bercak kemerahan atau putih yang tidak kunjung sebuh, penebalan atau benjolan pada diding mulut bagian dalam, gigi goyang tanpa ada penyebab yang jelas, sakit tenggorokan dan pembengkakan pada kelenjar getah bening di sekitar leher.

Radang Gusi Sehingga Menyebabkan Gusi Berdarah

Radang gusi bisa menyebabkan pendarahan pada gusi. Radang gusi biasanya disebabkan oleh karang gigi,  yang ada pada permukaan gigi di atas gusi (supragingnvia) dan di bawah gusi (supgingvia). Karang gigi yang timbul di daerah gigi sulit sekali untuk dibersihkan dan mengharuskan anda untuk pergi ke dokter gigi untuk mengatasinya.

Karang gigi merupakan kumpulan plak gigi yang termineralisasi (proses terbentuknya seperti pada batu karang) sehingga karang melekat kuat pada permukaan gigi. Karang yang timbul pada gigi bisa menjadi tempat bersarangnya kuman-kuman yang dapat mengakibatkan pendarahan pada rongga mulut. Sebaiknya periksakan kesehatan gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali untuk menghindari penyakit yang lebih serius.

Penyakit Diabetes

Kerusakan gigi yang parah bisa menyebabkan penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena bakteri yang masuk ke aliran darah bisa menganggu sisitem kekebalan tubuh. Saat mengalami kerusakan, sistem kekebalan tubuh melepaskan senyawa yang disebut dengan cytokines. Cytokines sendiri bisa menyebabkan kerusakan pada sel pankreas sebagai tempat penghasil insulin. Insulin ini bertugas untuk mangatur metabolisme karbohidrat dan juga tingkat gula darah dalam tubuh manusia.

Agar terhindar dari berbagai gangguan mulut selain menjaga kebersihan, sebaiknya hindari rokok, minuman beralkohol, pola makan yang buruk dan mengunyah buah pinang. Segera periksakan jika gigi anda berlubang agar tidak sampai terjadi infeksi yang bisa menyebabkan berbagai gangguan lain yang lebih serius.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon