Sunday, November 5, 2017

Masalah Kesehatan Yang Dipengaruhi Oleh Golongan Darah

Darah merupakan cairan yang berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Darah juga menyuplai nutrisi dan mangangkut zat-zat sisia metabolisme. Sistem endokrin dan hormon-hormon juga diedarkan melalui darah. Secara umum darah manusia digolongkan dalam 4 golongan darah, O, AB, B dan A.

Masalah Kesehatan Yang Dipengaruhi Oleh Golongan Darah


Setiap individu memiliki golongan darah masing-masing disertai sifat dan kebutuhan yang berbeda entah itu dari segi jenis olahraga maupun asupan makanan yang dibutuhkan. Untuk menjaga kesehatan, pola makan dan jenis olahraga harus disesuaikan dengan golongan darah karena setiap golongan memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Kesalahan dalam mengatur pola makan dan jenis olahraga bukannya mendatangkan kesehatan malah justru dapat mendatangkan penyakit.

Untuk menjaga kebugaran, manusia rela melakukan banyak hal termasuk olahraga, diet, istirahat cukup sampai mengkonsumsi suplemen penambah nutrisi. Namun hal-hal yang di luar kendali anda sering kali mempengaruhi kesehatan tubuh seperti halnya dengan golongan darah, dan bahkan sebuah penelitian yang telah dilansir oleh Theasianparent  mengungkapkan bahwa kesehatan seseorang berkaitan erat dengan golongan darah lebih dari yang anda fikirkan.

Golongan Darah A

Orang yang memiliki golongan darah A kebanyakan memiliki tingkat hormon stress kortisol lebih tinggi dibandingkan dengan golongan darah lain sehingga mereka yang memiliki golongan darah A lebih cenderung mudah mengalami stress. 

Sebaiknya orang yang memiliki golongan darah ini menghindari makan kambing, sapi, kerbau, bebek, angsa, kelinci, lobster, cumi-cumi, kelapa, es krim, keju dan susu sapi. Makanan yang bagus dikonsumsi oleh golongan darah A adalah ikan salem, makarel, sarden, keong, tempe, kedelai, beras, tahu, mangga, nanas, bluberi, kacang tanah, brokoli, bayam, wortel dan jamur.

Di beberapa negara seperti Norwegia dan Swedia penduduknya lebih dominan memiliki golongan darah A. Penyakit yang sering dijumpai pada orang yang memiliki golongan darah A yaitu; Cepat marah, obesitas, hipertensi, gangguan saluran pencernaan dan kanker. Olahraga yang cocok untuk orang bergolongan darah A dalah jenis olahraga yang mampu menenangkan fikiran seperti taichi atau yoga.

Golongan Darah B

Menurut sebuah studi yang telah dilakukan pada tahun 2012 oleh Harvad University, orang yang memiliki golongan darah selain O lebih berisiko terkena penyakit kardiovaskular, namun golongan. Jadi golongan darah ini memiliki risiko penyakit kardiovaskular atau serangan jantung. 

Selain jantung, penyakit yang sering dijumpai pada orang yang memiliki golongan darah B adalah; susah tidur, kerusakan sistem saraf, penyakit hati, migrain atau sakit kepala, gangguan saluran empedu, kegemukan, gangguan saat haid dan sakit tulang belakang. Sedangkan jenis olahraga yang cocok untuk golongan darah B merupakan olahraga yang disertai dengan unsur mental seperti berenang, tenis dan hiking.

Makanan yang baik dikonsumsi oleh orang dengan golongan darah B yaitu; ikan salem, kambing, kelinci, rusa, susu sapi, ikan sarden, brokoli, roti, wortel, ubi, terong, bunga kol dan teh hijau. Untuk makanan yang sebaiknya dihindari oleh orang dengan golongan darah B adalah; angsa, ayam, bebek, babi, kuda, belibis, kepiting, keong, lobster, katak, es krim, labu, gandum, jagung, tomat, kelapa dan alpukat.

Golongan Darah AB

Persentase orang dengan golongan darah AB hanya sebesar 4% dari keseluruhan populasi penduduk dunia. Ini merupakan jumlah paling sedikit dibandingkan dengan golongan darah lainnya. Golongan darah AB memiliki kecenderungan dengan penyakit modern. Untuk mengurangi stress sebaiknya lakukan teknik-teknik meditasi atau relaksasi agar sistem imun semakin baik.

Golongan darah AB kebanyakan memiliki gangguan pada jantung untuk masalah kesehatan, namun sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Vermont juga mengungkapkan bahwa orang dengan golongan darah AB cenderung mengalami masalah memori dan berfikir. Kemungkinan memiliki masalah memori pada orang dengan golongan darah ini mencapai 82%.

Selain itu, kebanyakan gangguan kesehatan yang menyerang orang dengan golongan darah AB merupakan kesalahan karena makanan yang tidak sesuai dengan jenis golongan darahnya. Beberapa penyakit yang timbul karena ketidaksesuaian antara makanan dan golongan darah yaitu; penyakit jantung, penyakit kanker, masalah sistem saraf, kekurangan sel darah merah (animea), depresi, komplikasi hati dan empedu, alzeimer dan parkinson.

Untuk menjaga kesehatan, sebaiknya orang dengan golongan darah AB mengkonsumsi ikan tuna, ikan sarden, putih telur, susu kambing, krim asam rendah kalori, anggur merah, teh hijau dan keju ricotta. Sedangkan makanan yang sebaiknya dihindari karena bereaksi seperti racun adalah; daging sapi, daging ayam, daging bebek, daging babi, daging angsa, daging kodok, kepiting, lobster, ek krim, mentega, telur bebek, acar, jagung, kacang hitam, kesemek, kelapa, mangga, jambu biji, kopi, soda, saus tomat dan minuman beralkohol.

Golongan Darah O

Golongan darah O merupakan golongan darah yang paling mudah dijumpai di seluruh dunia. Orang yang memiliki golongan darah O, antibodi yang ada pada tubuhnya akan bereaksi keras terhadap Helicobacter pylori, jenis bakteri yang menyebabkan luka dan juga bisul. Jadi, jika anda memiliki golongan darah O, maka cenderung lebih rentan terserang sakit perut dan bisul saat terinfeksi bakteri Helicobacter pylori.

Gangguan kesehatan yang sering menyerang orang dengan golongan darah O adalah; gangguan pada pencernaan atau usus, kencing manis, sakit pinggang dan tulang, peredaran darah kurang baik, kadar kolesterol tinggi, kadar asam urat tinggi, tekanan darah tinggi, gout, kanker, penyumbatan arteri dan serangan jantung.

Para pemilik golongan darah O sangatlah beruntung karena bagi anda yang suka daging-dagingan bisa makan semua jenis daging kecuali daging hasil olahan. Namun, untuk mengimbanginya sebaiknya konsumsi juga berbagai sayur-sayuran, minyak nabati, buah-buahan segar dan jika perlu minyak zaitun. Jenis olahraga yang cocok untuk orang dengan golongan darah O adalah olahraga yang gerakannya cepat dan lincah seperti aerobik atau bisa juga beladiri maupun lari.

Makanan yang perlu dihindari atau dibatasi jumlahnya adalah; brokoli, bunga kol, pakcoi, tauge, sawi, kentang, jamur dan terong. Makanan seperti daging kerbau, daging sapi, daging kambing, daging rusa, jantung/hati, ikan cucut, ikan kod dan ikan ekor kuning baik untuk dikonsumsi. Sedangkan makanan yang pantang untuk dikonsumsi adalah; cumi-cumi, daging babi, kodok, gurita, sotong, kerang, telur puyuh, es krim, burung puyuh, keju, susu sapi dan yogurt.

Makanan yang netral dikonsumsi oleh orang dengan golongan darah O adalah belut, lobster, ikan mas, udang, ikan sarden, susu kedelai, beras, gandum, tempe, mentega dan telur.

Walaupun anda tidak bisa mengubah golongan darah, namun dengan mengetahui bahwa penyakit tertentu cenderung lebih mudah menyerang maka bisa membantu anda untuk menjalani gaya hidup yang berbeda. Lawan stress yang datang dengan latihan taichi atau yoga. Selain olahraga dan pola makan yang baik, berinteraksi dengan orang lain serta menghindari rokok juga merupakan langkah penting untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon