Sunday, November 5, 2017

TIPS AMAN MENGGUNAKAN HENNA TANPA TAKUT TIMBUL MASALAH KULIT Cara Aman Menggunakan Henna Tanpa Takut Alergi

Cara Aman Menggunakan Henna. Mempercantik kulit dengan menggunakan Henna sudah sejak lama dilakukan wanita. Henna adalah nama tumbuhan tertua yg digunakan sebagai kosmetik, digunakan untuk terutama bagian tangan. Sangat aman digunakan. Jarang sekali menimbulkan masalah. Namun beberapa waktu lalu, viral di media sosial beberapa orang yang mengalami masalah seperti kulit yang terbakar pasca mengenakan henna. Lihat juga Gejala Alergi Kosmetik Pada Kulit

TIPS AMAN MENGGUNAKAN HENNA TANPA TAKUT TIMBUL MASALAH KULIT Cara Aman Menggunakan Henna Tanpa Takut Alergi

Henna natural alami biasanya aman karena tidak mengandung pewarna kimia atau bahan tambahan yg berbahaya lainnya. Henna asli berasal dari tanaman yang ketika dihancurkan akan menghasilkan warna kejingga-jinggaan pada kulit. Umumnya, henna ini tidak menimbulkan kerusakan kulit.

Henna natural alami tidak akan pernah membuat warna merah, maroon, ungu, biru, hitam atau warna lainnya.

Henna yg membuat kulit berwarna selain reddish-brown (coklat kemerahan) pasti mengandung bahan kimia PPD (paraphe nylene-diamine) yang berbahaya bagi kesehatan dan kulit .

Kebanyakan masalah kulit yang dikaitkan dengan penggunaan henna, bisa dihubungkan dengan PPD yang ditambahkan pada henna alami untuk menghasilkan warna cokelat tua atau warna hitam dan agar henna lebih cepat kering.

PPD juga ditambahkan pada pewarna rambut untuk mendapatkan fungsi yang sama. Sebagian orang yang alergi dengan PPD akan mengalami kemerahan pada kulit hingga kulit gatal atau melepuh dalam kurun 24-48 jam bagi mereka yang berkulit sensitif.

Kemerahan ini bisa bertahan hingga dua minggu bahkan pada beberapa kasus, bekasnya baru menghilang beberapa bulan setelah henna dibersihkan.

Sebelum menggunakan henna, pastikan produk henna tidak mengandung PPD. Agar lebih aman, aplikasikan sedikit henna pada tangan bagian dalam, atau di belakang telinga, atau di samping leher selama 48-72 jam. Jika timbul kemerahan, bersisik atau gatal selama 72 jam, kemungkinan Anda alergi dengan produk tersebut.

Perlu diingat, beberapa gejala alergi muncul setelah henna digunakan secara berulang.

Jika ragu karena mempunyai kulit sensitif, ada baiknya konsultasi dengan dokter agar lebih aman.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon