Thursday, November 2, 2017

Cara Duduk Yang Benar Untuk Menjaga Kesehatan Tulang Belakang

Cara duduk yang benar merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan kita untuk menjaga tulang belakang supaya tetap dalam kondisi sehat. Tulang belakang seperti punggung ini memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga kestabilan tubuh. Mayoritas orang terbiasa dengan melakukan pekerjaan sambil duduk, selain itu saat menuju tempat kerja pun kita diperjalanan juga duduk. 

Cara Duduk Yang Benar Untuk Menjaga Kesehatan Tulang Belakang


Oleh karena itu hal ini sangat penting untuk diketahui seperti apa posisi tubuh ketika duduk yang benar. Agar dapat menjaga kesehatan tulang punggung kita.  Posisi duduk yang salah dapat mengakibatkan penyakit pada tulang belakang dan apabila hal ini tidak ditangani secara cepat maka dampaknya akan terasa saat mendatang.

Berikut Beberapa Kelainan yang dapat Terjadi pada Tulang Belakang


Lordosis 

Lordosis merupakan posisi tulang punggung yang terlalu bengkok kedepan. Ada beberapa kemungkinan yang dapat dilakukan saat kita dalam posisi duduk seperti keadaan dimana badan terlalu membungkuk, posisi badan miring, dan posisi duduk yang terlalu sering mumbusungkan dadanya kedepan. Lordosis ini disebabkan karena kebiasaan pada posisi duduk yang terlalu sering membusungkan dadanya kedepan. 

Kifosis 

Tanpa kita sadari saat kita menikmati pekerjaan kita sambil duduk maupun berdiri terkadang posisi kita terlalu sering membungkuk bahkan hal ini dapat berlangsung selama berjam – jam, dan rutinitas setiap harinya akan terus seperti ini. 

Oleh karena itu saat kita terus membiarkan hal ini berangsur-angsur lama maka akan mengakibatkan tulang punggung terlalu bengkok kebelakang atau yang biasa disebut dengan kifosis. 

Skoliosis

Selain kita terbiasa pada posisi duduk membungkuk maupun membusungkan dadanya kedepan, sebagian orang juga terbiasa untuk duduk dalam keadaan miring. Skoliosis ini merupakan tejadinya perubahan posisi tulang punggung yang terlalu bengkok ke kanan maupun ke kiri. 

Hal ini selain disebabkan karena posisi duduk yang berangsur – angsur lama dalam keadaan miring juga diakibatkan karena terlalu sering mengangkat beban berat yang di titik beratkan paa salah satu lengan atau bahu. 

Cara Duduk yang Benar untuk Menjaga Kesehatan Tulang Belakang

Duduk Tegak dengan Posisi Punggung Lurus Serta Bahu Kebelakang 

Saat kita mengerjakan suatu pekerjaan pastinya kita terlalu asik dengan pekerjaan yang dilakukan sehingga posisi duduk kita jarang untuk diperhatikan. Akan tetapi tanpa kita sadari saat kita mengerjakan suatu pekerjaan yang dilakukan dengan duduk sangat terbiasa kita melakukannya dengan posisi membungkuk, bahkan miring kanan maupun kiri sambil memutar – mutar kursi kita sendiri. 

Hal ini tanpa disadari dapat menyebabkan kesehatan punggung kita berkurang, pastikan saat Anda duduk posisi duduk Anda dalam posisi punggung lurus serta bahu kebelakang. Pastikan paha menempel pada kedudukan kursi dan letakkan posisi kedua telapak kaki pada lantai jangan digantung pada penyangga kursi dibawah. 

Fokuskan Beban Tubuh pada Satu Titik Keseimbangan 

Saat kita dalam posisi duduk kita harus fokuskan beban tubuh pada satu titik keseimbangan, jangan sampai kita membiarkan posisi duduk kita terlalu membungkuk karena hal ini akan mengakibatkan beban tubuh akan tidak seimbang dan akibatnya dapat mengganggu kesehatan tulang belakang. 

Mengetahui Posisi Terbaik Ketika Anda Duduk 

Posisi duduk yang baik akan membingungkan bagi setiap orang, dan akan menimbulkan beberapa pertanyaan seperti apakah posisi duduk yang saya lakukan sudah pada posisi terbaik atau belum? Untuk itu Anda perlu memastikan bahwa Anda sudah pada posisi terbaik.

Pertama kali duduklah langsung di ujung belakang kursi kemudian membungkuklah dalam – dalam, setelah itu angkat tubuh sambil membuat lengkungan pada pusat pinggang sejauh mungkin posisi kedepan. Lalu sedikit dikendorkan posisi tersebut secara pelan – pelan ke belakang sekitar 10 – 20 derajat. 

Usahakan Istirahat Setiap 30 – 45 Menit

Ketika kita duduk pasti akan membuat kita tanpa sadar dapat duduk pada tempat yang sama selama berjam – jam. Akan tetapi ada baiknya saat Anda sudah duduk kurang lebih selama 30 – 45 menit Anda melakukan istirahat dengan cara berdiri. 

Anda bisa berdiri disekitar meja kerja Anda maupun jalan – jalan disekitar ruang kerja Anda agar tubuh dalam keadaan fresh dan meningkatkan konsentrasi bekerja karena sudah tidak terlalu capek. 

Jangan Menyilangkan Kaki saat Duduk

Menyilangkan kaki saat duduk merupakan kenyamanan tersendiri bagi kita semua, baik itu saat bekerja maupun keseharian kita. Akan tetapi hal ini sebaiknya Anda hindari karena posisi duduk yang benar yaitu kedua kaki kita tetap sejajar tidak menyilangkan kaki satu sama lainnya. 

Pastikan Posisi Lutut Benar 

Posisi lutut memiliki peran penting pada saat kita duduk oleh karena itu tekuklah lutut sejajar dengan pinggul jangan terlalu kebawah, apalagi saat kita mempunyai hobi menggoyang – goyangkan posisi kaki saat kita bekerja hal ini akan mengurangi tingkat kesejajaran antara lutut dengan pinggul karena posisi lutut kita akan semakin kebawah. 

Selain itu saat kita menyilangkan kaki kita maka posisi lutut kita akan tidak beraturan dan kaki yang satunya akan menahan beban karena tindihan dari penyilangan kaki tersebut.  

Jangan Memutar Pinggang dalam Keadaan Duduk

Memutar pinggang saat kita merasa sedikit lelah memang kebiasaan sebagian orang, akan tetapi perlu diketahui efek jangka panjangnya bagi kesehatan tulang punggung kita akan sangat berbahaya, karena pada saat kita memutar pinggang pastinya karena terasa sangat lelah dan tulang terasa sangat tegang lalu kita memutanya hal ini akan mengakibatkan terjadinya keretakan pada tulang belakang. 

Selain itu saat ditempat kerja Anda ingin mengambil sesuatu didekat meja maka jangan hanya memutar pinggangnya saja tetapi putarlah keseluruhan tubuh. 

Buatlah Posisi Tangan Senyaman Mungkin saat Bekerja Sambil Duduk 

Saat kita melakukan segala pekerjaan yang dilakukan dengan duduk, maka pastikan posisi tangan Anda juga dalam keadaan yang nyaman. Ketika melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan mengetik tentu hal ini akan membuat Anda berlama – lama dalam mengerjakannya sambil duduk, saai itu pastikan Anda berada pada posisi duduk yang nyaman serta tangan juga dalam keadaan yang nyaman. 

Jika memang diperlukan menggunakan sandaran tangan untuk mengistirahatkan lengan maupun siku maka lakukanlah karena hal ini akan menguangi beban pada bahu dan leher. 

Duduk dengan Posisi yang Santai 

Meskipun Anda diharuskan menyelesaikan pekerjaan Anda dengan sesegera mungkin, bahkan sebagian orang yang terbiasa dengan pekerjaan yang dikejar target, dan mengharuskan Anda untuk duduk terus menurus, maka Anda tetaplah duduk dalam posisi yang santai tetapi tetap dalam keadaan yang benar seperti yang sudah dijelakan diatas. 

Karena saat Anda dikejar dengan target maupun tuntutan profesi yang mengharuskan terus menurus untuk duduk tetapi Anda dalam keadaan yang tegang maka hal ini akan mengganggu kesehatan otak dan tulang belakang karena dengan duduk dalam keadaan tegang akan menjadikan tubuh mudah lelah dan posisi duduk tentunya akan menjadi tidak beraturan karena rasa panik. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon