Monday, January 22, 2018

TIPS MEMILIH MASKER YANG TEPAT SESUAI DENGAN JENIS KULIT 8 Jenis Masker Wajah yang Beredar di Pasaran

Panduan Memilih Masker Wajah yang Paling Tepat. Masker wajah merupakan produk kecantikan yang sejak lama digunakan untuk merawat kecantikan kulit. Berbagai macam variasi masker yang beredar di pasaran tentu membuat bingung, memilih masker mana yang tepat untuk kulit. Lihat juga Masker Rumahan Pengganti Botox Bikin Kulit Halus dan Kencang

TIPS MEMILIH MASKER YANG TEPAT SESUAI DENGAN JENIS KULIT 8 Jenis Masker Wajah yang Beredar di Pasaran

Berikut ini adalah beberapa jenis masker wajah yang bisa disesuaikan dengan kulit Anda.

1. Masker lumpur (mud mask)

Masker wajah berbahan lumpur dapat membantu mengeluarkan kelebihan minyak dan kotoran dari permukaan wajah. Masker ini idealnya digunakan untuk jenis kulit berminyak, namun tidak akan membuat jenis kulit kering menjadi lebih kering lagi.

2. Masker tanah liat (clay mask)

Sama halnya dengan masker lumpur, tanah liat juga dapat menghilangkan minyak yang tidak diinginkan dari kulit dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Sayangnya, masker wajah dari tanah liat dapat menyebabkan kulit kering jika tidak digunakan secara benar.

Saat memakai clay mask, usahakan jangan sampai terlalu kering untuk menghindari iritasi dan dehidrasi pada kulit. Apalagi jika kulit wajah Anda tergolong cukup sensitif. Segeralah basuh wajah ketika masker mulai mengering dengan air hangat.

3. Masker kupas (peel of mask)

Masker kupas ini sama seperti ketika Anda memiliki masker strip untuk komedo yang tertempel di seluruh wajah. Masker ini biasanya tersedia dalam formula yang dapat memenuhi semua masalah kulit Anda.

Selain itu, masker kupas ini juga dapat merangsang sirkulasi untuk memberi penampilan kulit yang lebih kencang secara keseluruhan. Masker ini biasanya bertekstur gel ringan yang akan mengering seiring waktu, untuk dikupas kemudian.

Aplikasikan masker ini ke seluruh wajah, diamkan hingga minimal 20 menit. Jika sudah kering, peel off mask biasanya akan mudah dikelupas tanpa perlu dibasuh dengan air.

4. Masker krim

Cream mask cocok dipakai oleh siapapun yang memiliki jenis kulit normal dan kering. Masker krim juga dapat menjadi pelembap di saat Anda harus bekerja lembur. Formulanya yang sangat kaya dikemas dengan bahan untuk melembutkan dan melembapkan kulit, membuat kulit terlihat lebih ideal.

Setelah diaplikasikan ke wajah, kita perlu menunggu selama lebih kurang 20 menit kemudian menghapusnya menggunakan cleanser.

5. Masker gel

Seperti masker krim, formulasi gel sangat cocok digunakan untuk kulit iritasi. Masalah yang dapat diatasi oleh masker gel juga sangat luas, mulai dari anti penuaan hingga jerawat.

Sebaiknya simpanlah masker gel ke dalam kulkas agar mendapatkan efek dingin dan menyegarkan.

6. Masker lembaran (mask sheet)

Walau hanya berbentuk seperti kertas tissue, sheet mask mengandung banyak nutrisi yang tersimpan pada lembaran kertas. Tak heran biasanya sheet mask terasa basah bila disentuh. Masker wajah ini terbuat dari kertas khusus yang terendam dalam formula yang mirip serum dengan berbagai macam kandungan dan manfaatnya. Lembaran masker tersebut bisa berupa soft plastic, gel, atau tencel yakni serat kayu khusus yang telah teruji secara dermatologis.

Masker yang satu ini memberi sedikit kelembapan jauh ke dalam kulit Anda. Setelah menggunakan masker ini, Anda tidak harus membilasnya.

7. Scrub Mask

Scrub mask menjadi solusi yang paling tepat untuk mengangkat kulit mati. Fungsi masker wajah ini jelas mampu mempercepat pegelupasan sel kulit mati karena teksturnya yang kasar. Bukan berarti dengan tekstur seperti itu akan merusak kulit. Justru butir-butir halus yang terdapat di dalam masker tersebut berperan aktif dalam mengikis sel kulit mati.

8. Masker termal

Masker termal memiliki ciri khas berupa rasa hangat yang meningkat secara bertahap setelah dioleskan ke wajah. Fungsinya adalah menghangatkan jaringan di permukaan, membuka pori-pori, dan mendorong kulit untuk 'bernapas'.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon