Friday, February 9, 2018

4 PENYEBAB KULIT WAJAH SERING GATAL DAN CARA MENGATASINYA

Mengatasi Kulit Wajah Sering Gatal. Rasa gatal di wajah di waktu-waktu tertentu sering kali dialami setiap orang. rasa gatal tersebut bisa sangat ringan sehingga dapat segera dihilangkan hanya dengan menggosok atau menggaruknya sebentar. Tapi di beberapa kasus, rasa gatal ini sangat mengganggu dan sulit untuk mengontrolnya. Lihat juga PENYAKIT KULIT DI NEGARA TROPIS Waspadai 8 Penyakit Kulit yang Terjadi di Indonesia

4 PENYEBAB KULIT WAJAH SERING GATAL DAN CARA MENGATASINYA

Untuk mengatasinya, tentu kita harus tahu penyebab kulit wajah gatal.

1. Alergi musiman
Alergi karena lingkungan atau musim merupakan penyebab tersering wajah terasa gatal. Hal ini terutama dialami mereka yang tinggal di negara empat musim.

Alergi musiman berkembang ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap sesuatu di lingkungan selama waktu tertentu.

Untuk mencegah timbulnya alergi pada saat pergantian musim, sebaiknya Anda melakukan :
- Hindari mengeringkan pakaian di udara berangin
Kehadiran angin tentu bisa membuat pakaian yang di cuci menjadi lebih cepat kering. Namun, hindari menjemur pakaian saat angin sedang dalam intensitas tinggi di pergantian musim ini.

Angin bisa menerbangkan serbuk sari tanaman, debu, hingga serangga yang nantinya akan menempel pada pakaian dan dapat memicu alergi. Terlebih, bila yang Anda jemur adalah sprei.

Ada baiknya untuk mengeringkan sprei pada ruang terbuka namun tak terpapar angin langsung. Sebab, alergi umumnya bermula dari sprei yang terkontaminasi oleh serbuk sari tanaman, debu, serta serangga lainnya.

- Obat penangkal alergi
Alergi seperti gatal pada kulit atau mata yang merah bisa membuat Anda menjadi tidak nyaman. Terlebih saat alergi terjadi di tengah jam sibuk.

Untuk itu, menyediakan obat penangkal alergi bisa menjadi upaya untuk meredakan ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

- Olahraga dalam ruangan
Khusus untuk Anda yang mudah terserang alergi, hindari untuk jogging di luar ruangan saat intensitas angin tinggi.

Sementara Anda bisa menggantinya dengan olah fisik di dalam ruangan atau bergabung menjadi anggota gym. Jangan sampai upaya sehat Anda malah berbuah sebaliknya hanya karena alergi.

- Gunakan kacamata hitam
Angin tak hanya membawa “polutan” yang bisa menimbulkan reaksi alergi pada kulit, namun juga mata. Mata merah mungkin menjadi salah satu jenis alergi yang banyak terjadi di pergantian musim.

Menggunakan kacamata hitam saat melakukan aktivitas luar ruang bisa mencegah polutan alergi masuk ke mata Anda.

2. Kulit kering
Kelembaban kulit yang menurun juga bisa menyebabkan kulit menjadi gatal.

Jika rasa gatalnya timbul karena kulit kering, pemakaian pelembab dan cukup minum air bisa membantu menghidrasi kulit. Pilih pelembab khusus untuk kulit wajah kering dan sebaiknya pilih produk yang bebas pewangi atau zat tambahan lain.

3. Eksim
Lebih dari sekadar kulit yang mengering, eksim adalah rasa gatal ekstrim dan sulit diatasi. Eksim juga merupakan bagian dari alergi.

Yang harus dilakukan untuk meredakan gejala eksim kulit
- Jangan mandi lama-lama
Mandi terlalu lama membuat kulit kering, yang bisa memicu kambuhnya gejala eksim. Saat mandi, air dan bahan-bahan kimia dari sabun akan meluruhkan sebum yang seharusnya bertugas untuk melembapkan kulit secara alami. Itu sebabnya, mandi terlalu lama akan semakin mengikis minyak alami kulit, sehingga kulit makin kering dan rentan iritasi.

- Rutin menggunakan pelembap
Jangan lupa untuk memoleskan pelembap kulit setelah mandi. Pelembap harus bebas dari alkohol, aroma, pewarna, parfum, atau bahan kimia lainnya. Pelembap dengan kandungan emolien atau salep seperti petroleum jelly boleh Anda gunakan.

- Pilih pakaian yang sesuai
Eksim kulit bisa kambuh apabila Anda mengenakan pakaian yang berbahan kasar dan bikin gatal, seperti wol, atau jika pakaian terlalu ketat sehingga memerangkap keringat di permukaan kulit.

- Kurangi kebiasaan menggaruk
Kebiasaan menggaruk dapat memperburuk kondisi eksim kulit Anda. Menggaruk, apalagi dengan kuku yang panjang dan kotor, dapat menyebabkan luka iritasi bahkan infeksi.

Rajin-rajin potong kuku untuk menjaga agar kuku selalu pendek. Alternatif lain yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa gatal selain menggaruk, Anda bisa menekan-nekan lembut bagian kulit yang terasa gatal.

- Kendalikan stress
Stres akibat tidak tahan dengan gejala eksim, di samping stres harian lainnya, dapat memperburuk kondisi kulit. Oleh karena itu, carilah metode relaksasi yang paling sesuai untuk Anda guna menghilangkan stres.

4. Alergi makanan dan obat
Reaksi alergi terhadap makanan dan obat juga bermanifestasi pada kulit. Rasa gatal di wajah yang disebabkan oleh alergi bisa diatasi dengan obat-obatan. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapat obat yang tepat.

Yang harus dilakukan saat muncul gatal karena alergi
- Jangan digaruk
Pertolongan pertama yang paling tepat saat muncul gatal karena alergi adalah jangan menggaruknya. Rasa gatal karena alergi memang sangat mengganggu dan pasti membuat Anda ingin segera menggaruknya. Namun jangan lakukan hal ini untuk kebaikan kulit Anda. Hal ini justru akan membuat alergi gatal semakin parah bahkan meningkatkan risiko terjadinya infeksi pada kulit.

- Gunakan salep atau krim pereda gatal
Salep atau krim dengan kandungan hidrokortison akan meredakan atau mengurangi gatal karena alergi yang Anda derita. Anda juga bisa gunakan Gunakan lotion calamine.

- Mandilah dengan air dingin
Mandi dengan air dingin dapat mengurangi ruam pada kulit atau Anda bisa juga menggunakan kompres air dingin pada kulit yang gatal karena alergi.

- Gunakan pakaian yang longgar dan lembut
Pakaian yang ketat dapat memperburuk rasa gatal pada kulit. Anda bisa memakai pakaian dari bahan katun yang dingin dan nyaman di kulit. Hindari juga pakaian berbahan wol karena dapat memperparah gatal karena alergi Anda.

- Hindari penyebab alergi
Anda akan mengalami alergi ketika tubuh Anda terpapar langsung pada alergen. Jika Anda sudah mengetahui penyebabnya, Anda bisa menghindarinya agar alergi tidak lagi terjadi.

Untuk mengetaui pasti apa penyebab gatal pada kulit Anda, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk menemukan apa penyebab gatal tersebut. Dengan begitu, Anda bisa melakukan upaya pencegahan ke depannya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon