Wednesday, February 21, 2018

PERBEDAAN DASAR LIP BALM, LIP BUTTER, LIP TINT, LIPSTIK, LIP CREAM, LIP LINER

Perbedaan Lip balm, Lip Butter, Lipstik, Liptint/Lip stain, Lip Gloss, Lip Cream, dan Lip liner. Banyak beredar aneka produk perawatan dan makeup untuk bibir. Walaupun semuanya diawali dengan kata lip, manfaat dan efeknya ternyata berbeda. Baca juga SERBA SERBI PELEMBAB BIBIR Manfaat Lain Lip Balm untuk Kecantikan

PERBEDAAN DASAR LIP BALM, LIP BUTTER, LIP TINT, LIPSTIK, LIP CREAM, LIP LINER

Sebagian besar lip product ini ditambahkan pewarna agar dapat digunakan sekaligus sebagai make-up. Namun, beberapa lebih difokuskan sebagai pelembap dan digunakan untuk alasan kesehatan. Biasanya pelembap digunakan untuk mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah.

Lip Balm

Lip balm pada awalnya adalah salep yang digunakan untuk bibir pecah-pecah. Biasanya, kandungan standar di dalamnya adalah Vitamin E, SPF, dan kandungan lainnya untuk menjaga bibir tetap lembab dan tidak pecah-pecah. Untuk kemasannya sendiri, banyak macamnya, salah satunya yang sering digunakan adalah LipBalm kemasan Stick, atau biasa disebut Chapstick. Untuk Warna Lipbalm itu sendiri biasanya Tanpa warna, namun sekarang banyak perusahaan yang membuat Lipbalm yang ditambah liptint yang biasa disebut Tinted LipBalm.

Lip Butter

banyak orang yang tidak bisa membedakan antara Lip Balm dengan Lip Butter. Sebenarnya, keduanya memiliki fungsi yang kurang lebih sama, yaitu melembabkan bibir dan ditujukan untuk bibir kering dan pecah-pecah. Bedanya dengan lip balm, lip butter memiliki kandungan minyak lebih banyak. Lip Butter memiliki tekstur yang lebih mirip Mentega/Butter. Biasanya, warna-warna Lip Butter cenderung berwarna lembut, meski sekarang juga banyak perusahaan yang mengeluarkan Lip Butter dengan warna terang.

Lip liner

Lip liner ini bentuknya seperti pensil alis. Bedanya, lip liner digunakan untuk membingkai bibir. Digunakan di sepanjang garis bibir untuk memberikan efek yang lebih rapi ketika memakai lipstik. Biasanya, Lip Liner digunakan untuk Membuat bibir terlihat lebih penuh dan Bold. Fungsi lainnya juga menjaga pewarna bibir yang memiliki tekstur berminyak supaya tidak keluar dari garis bibir. Lip Liner cocok dipakai ketika sedang memakai riasan Full Make up.

Lip tint/Lip stain

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang jauh antara LipTint dan Lip Stain. Hanya saja, sejauh ini Lip stain memiliki tekstur yang lebih seperti Gel dibanding Liptint yang cair. Keduanya memiliki persamaan, yaitu tidak adanya kandungan lilin dalam produk tersebut.

Kandungan utama Liptint/Lipstain adalah air, alkohol, atau gel. Ini juga yang membuat Lip Product ini lebih cepat membuat bibir kering. Liptint/Lipstain biasanyan banyak digemari pengguna makeup korea, dan remaja, karena efek warnanya yang terlihat seperti warna bibir alami.

Lip Gloss

Dibandingkan Lip Balm dan Lip Butter, Lip Gloss memiliki kandungan Minyak paling tinggi, sehingga tak jarang orang menggunakan Lip Gloss juga sebagai pelembab bibir. Namun, jika Lipbalm & Lip Butter biasa hadir dalam bentuk padat, maka Lip Gloss adalah Bentuk Cairnya/Liquid. Kandungan minyaknya yang tinggi membuat efek berkilau pada bibir. Bahkan, banyak Lip Gloss yang menambahkan Shimmer/Glitter pada produknya agar dapat hasil kilau yang lebih dramatis.

Lipstick

Produk makeup pewarna bibir ini biasanya hadir dalam berbagai warna. Yang membedakan lipstik dari lip gloss adalah sifatnya yang padat dan kandungan minyaknya yang lebih sedikit.

Warna yang ditinggalkan lipstik di bibir juga lebih pekat. Efek warna lipstik bermacam-macam, ada yang glossy, satin, dan matte.

Lip Cream

Perbedannya dengan Lipstik biasa adalah, jika Lipstik adalah versi padatnya, maka Lip Cream adalah versi cairnya/Liquid. Untuk masalah tekstur, juga sama dengan lipstik. Ada yang matte, semi matte, satin, dan lain lain. Namun, kini Lip Cream lebih banyak beredar versi Matte, karena tingginya permintaan dibanding versi lainnya.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon