Monday, October 29, 2018

INILAH 6 AKIBAT OVER EKSFOLIASI PADA KULIT

6 Tanda Ini Menunjukkan Anda Berlebihan Melakukan Eksfoliasi. Eksfoliasi kulit wajah yang sering kita lakukan tanpa disadari justru membuat kulit semakin bermasalah. Berbagai proses eksfoliasi, mulai dari toner atau serum dengan kandungan BHA (Beta Hyaluronic Acid) scrub, masker khusus eksfoliasi, dan alat khusus yang diusapkan ke wajah untuk meluruhkan kulit mati malah membuat kondisi kulit semakin memburuk akibat terlalu berlebihan melakukan proses eksfoliasi. Sebagai referensi lihat juga BAHAN-BAHAN ALAMI UNTUK EKSFOLIASI KULIT

INILAH 6 AKIBAT OVER EKSFOLIASI PADA KULIT

Terlalu sering melakukan eksfoliasi bisa menjadikan kulit menua lebih cepat. Sel kulit membutuhkan waktu untuk beregenerasi secara alami. Normalnya adalah 28 hari. Melakukan eksfoliasi terlalu sering bisa membuat kulit yang masih muda terkelupas sebelum waktunya.

Berikut beberapa akibat jika kita terlalu sering mengeksfoliasi kulit wajah.

1. Wajah tampak bengkak

Eksfoliasi berlebihan pada kulit akan menyebabkan peradangan. Saat scrub seharusnya bisa membantu menghilangkan sel kulit mati, tapi jika kita menggosok terlalu keras justru akan merusak penghalang lipid alami pada kulit. Sehingga ini akan menyebabkan pembengkakan pada wajah.

2. Kulit wajah berkilau

Mungkin kita berfikir kalau wajah berkilau itu baik, namun kilau wajah karena terlalu sering scrubbing ternyata membahayakan kulit.

Produk scrub atau lulur yang sering kita gunakan biasanya mengandung retinol dan asam. Inilah yang akan membuat wajah kehilangan cantik alaminya.

3. Munculnya jerawat

Menghilangkan kotoran wajah penyebab jerawat bisa dilakukan dengan scrubbing. Namun jika dilakukan terlalu sering malah akan menimbulkan jerawat lebih banyak.

Kelebihan scrubbing bisa menghilangkan minyak alami dari kulit dan membuatnya rentan terhadap komedo, whiteheads, serta jerawat.

4. Kulit terkelupas

Kulit akan menjadi sensitif jika kita terlalu berlebihan dalam mengeksfoliasi. Hal ini terjadi karena kulit akan cenderung kehilangan kemampuan untuk menahan air di dalamnya. Ini jugalah yang menyebabkan kulit mudah terkelupas.

5. Kulit terasa gatal

Saat merasa gatal pada kulit setelah pakai produk kecantikan, itu bisa menjadi tanda kalau kita sudah berlebihan melakukan eksfoliasi.

Ketika kita menggosok kulit secara berlebihan, kemungkinan lapisan kulit epidermis akan terganggu. Akibatnya kulit akan kehilangan perlindungan sehingga menyebabkan gatal-gatal.

6. Mudah mengalami pigmentasi

Kulit yang sensitif akibat eksfoliasi memang banyak menimbulkan berbagai masalah kulit. Pertahanan kulit yang lemah membuatnya mudah untuk terserah berbagai dampak buruk dari lingkungan termasuk dari sinar matahari. Kulit akan mudah mengalami hiperpegmentasi sehingga warnanya tidak merata bahkan cenderung gelap.

Ketika berbagai permasalahan kulit akibat eksfoliasi muncul, sebaiknya hentikan perawatan atau kurangi intenstitas pemakaiannya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon