Thursday, October 11, 2018

PANDUAN MEMILIH SKINCARE YANG AMAN UNTUK IBU HAMIL DAN MENYUSUI

Tips Memilih Produk Perawatan Kulit dan Kosmetik untuk Ibu Hamil dan Menyusui. Ibu hamil dan sedang menyusui, sebaiknya berhati-hati dalam memilih produk kosmetik dan perawatan kuit. Jangan sembarangan dalam memilih kosmetik, pilih yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Baca juga Tanda-tanda Ibu Hamil Terkena Virus Rubella yang arus Diwaspadai

PANDUAN MEMILIH SKINCARE YANG AMAN UNTUK IBU HAMIL DAN MENYUSUI

Selain harus memastikan perawatan kulit yang dipilih tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi janin, juga perubahan hormonal saat hamil seringkali menimbulkan persoalan pada kulit. Kulit ibu amil cenderung lebih sensitif. Gangguan pada kulit yang dialami oleh ibu hamil mulai dari pigmentasi, muncul bintik hitam dan garis di perut, jerawat, hingga stretch mark.

Berikut beberapa panduan untuk memilih kosmetik yang aman untuk bumil dan busui :

1. Pemakaian pelembab

Pelembab merupakan produk wajib untuk ibu hamil dan ibu menyusui, yang berfungsi menjaga kadar air dalam kulit sehingga mengurangi risiko terjadinya stretch mark. Stretch mark ini muncul jika volume otot, lemak, dan berat janin bertambah. Selain itu, pelembab juga dapat mengurangi risiko iritasi pada kulit yang terlalu sensitif maupun kulit yang mudah terinfeksi.

2. Tabir surya

Tabir surya juga menjadi produk wajib bagi ibu hamil dan ibu menyusui, karena saat hamil biasanya terjadi pigmentasi kulit, terutama pada area wajah. Hal ini mengakibatkan melasma atau bercak berwarna gelap.

3. Gunakan produk sesuai kebutuhan

Peningkatan kadar hormon pada masa kehamilan akan memengaruhi peningkatan sirkulasi darah dan sistem imun, termasuk di kulit. Hal ini menyebabkan kulit pada ibu hamil cenderung lebih sensitif, mudah iritasi, maupun mudah terinfeksi. Oleh karena itu, dalam penggunaan kosmetik atau skincare harus disesuaikan dengan kebutuhan dan secukupnya. Pemakaian produk yang berlebihan juga akan memperparah iritasi bahkan bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya reaksi alergi.

4. Hindari kosmetik atau skincare berbahan golongan derivat

Bahaya dari kosmetik atau skincare yang berbahan golongan derivat pada ibu hamil bisa menyebabkan kecacatan pada janin dan keguguran. Sementara itu, produk yang berbahan derivat antara lain vitamin A, retinol, tretinoin, isotretinoin. Jika ragu dalam memilih produk skincare atau kosmetik, sebaiknya konsultasikan kepada dokter spesialis kulit.

Selalu cari informasi tentang kosmetik yang aman dan tidak membahayakan janin untuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon