Wednesday, October 10, 2018

MANFAAT MINYAK ESENSIAL MAWAR UNTUK PERAWATAN RAMBUT DAN KULIT

Khasiat Minyak Mawar. Minyak esensial mawar telah digunakan untuk mengobati kondisi kesehatan dan digunakan dalam perawatan kecantikan alami selama ribuan tahun. Minyak essensial mawar terkenal dengan sifat antiviral, antidepresan, antiseptik dan astringentnya. Minyak ini berasal dari esktrasi bunga mawar. Lihat juga MINYAK ANTI BAKTERI DAN JERAWAT

MANFAAT MINYAK ESENSIAL MAWAR UNTUK PERAWATAN RAMBUT DAN ULIT

Minyak esensial dari mawar diekstraksi dengan penyulingan kelopak mawar yang mengandung ratusan bahan yang bermanfaat untuk kulit.

Umumnya, minyak esensial mawar diambil dari bunga mawar Damaskus, karena dianggap sebagai jenis mawar terbaik yang tersedia di pasar.

Berikut ini manfaat pemakaian minyak essensial mawar untuk kulit.

Membersihkan kulit
Minyak essensial mawar mengandung bahan antioksidan yang dapat menyingkirkan radikal bebas pada kulit. Selain itu juga mencegah pori tersumbat, membersihkan kulit dari kotoran dan debu, sehingga membuat kulit sehat dan bercahaya.

Mengurangi peradangan
Seperti disebutkan sebelumnya, minyak mawar mengandung sifat anti-inflamasi dan antiviral yang membantu mengobati kulit yang teriritasi dan meradang. Ini membantu mengurangi peradangan dan menjaga kulit Anda tetap nyaman. Hanya beberapa tetes minyak esensial mawar di daerah yang meradang dapat membantu mengobati kulit yang teriritasi. Cara lain untuk menggunakan minyak mawar untuk kulit yang meradang adalah dengan mencampur beberapa minyak bunga mawar dengan minyak kelapa.

Mengobati jerawat
Minyak mawar dapat mengobati jerawat sangat efektif. Bahkan, juga menyamarkan noda yang pada wajah. Sifat anti virus dan antibakteri di dalamnya, dapat membunuh kuman pemicu jerawat pada kulit. Larutkan minyak esensial mawar dengan air destilasi dan oleskan pada kulit Anda. Cuci bersih dengan air normal setelah satu jam.

Menghidrasi kulit
Minyak esensial mawar juga berfungsi sebagai hydrator kulit alami karena dapat menjaga keseimbangan Ph kulit. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial mawar ke krim biasa Anda dan aplikasikan di wajah.

Mengecilkan pori
Minyak esensial mawar adalah zat yang sangat baik untuk mengecilkan pori-pori yang membesar, dan mencegah kotoran terakumulasi di dalamnya. Minyak mawar umumnya baik untuk wanita berusia lebih dari 30 tahun, karena membersihkan pori-pori yang tersumbat, juga mengecilkan ukuran pori sehingga mengurangi kemungkinan munculnya jerawat.

Dasar makeup
Jika mencari dasar makeup yang dapat mencegah foundation luntur dan menjaga kulit tetap terhidrasi, minyak essensial mawar jawabannya. Larutkan beberapa tetes minyak essensial mawar dengan air, lalu oleskan pada kulit sebelum mengaplikasikan foundation.

Mencegah penuaan dini
Minyak mawar kaya akan antioksidan dan sifat anti bakteri yang sangat bermanfaat pada kulit, terutama pada kulit yang menua, kusam dan kering. Dengan mengoleskan minyak mawar dapat mencegah tanda penuaan, seperti bintik-bintik. Selain itu, memijat wajah Anda dengan minyak esensial mawar secara teratur dapat membantu mencegah munculnya keriput dan garis-garis halus pada kulit.

Melembapkan kulit kering di bagian bawah mata
Beberapa orang mengalami kulit kering pada bagian bawah mata. Nutrisi di dalam minyak essensial mawar dapat melembapkan area di bawah mata dan membuatnya tetap terhidrasi setiap saat.

Menstimulasi pertumbuhan rambut
Saat ini minyak mawar juga banyak digunakan pada produk perawatan rambut.
Ini berguna untuk merangsang folikel rambut yang meningkatkan kekuatan dan pertumbuhan rambut Anda secara keseluruhan. Bahkan, minyak mawar pun berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan uban.

Mengobati ketombe
Minyak mawar memiliki khasiat antifungi yang efektif, terutama pada ketombe. Campurkan beberapa tetes minyak mawar ke dalam shampo saat hendak keramas.

Perlu diperhatikan, jangan menelan atau menerapkan minyak bunga mawar langsung pada kulit Anda tanpa saran dari tenaga medis profesional karena sebagai minyak esensial murni, bunga mawar sangat terkonsentrasi sehingga dapat menyebabkan kerusakan.

Minyak mawar secara umum aman digunakan selama berkualitas baik. Disarankan untuk melakukan tes patch kulit untuk memastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi atau kepekaan terhadap minyak ini.

Konsultasikan dulu dengan dokter anda sebelum menggunakan minyak esensial untuk pengobatan atau sebagai produk kecantikan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon