Wednesday, December 26, 2018

GLYCOLIC ACID, KANDUNGAN TERBAIK UNTUK MERAWAT KULIT SAAT BERUSIA USIA 30 TAHUN

Gunakan Perawatan Kulit Mengandung Glycolic Acid Saat Memasuki Usia 30an. Memasuki usia 30an, kulit mulai menunjukkan perubahan. Berkurangnya sistem regenerasi pada usia tubuh dewasa menyebabkan sel-sel kulit mati mengalami penumpukan. Akibatnya, wajah menjadi tampak kusam serta pigmentasi tidak merata. Lihat juga PERAWATAN KULIT JELANG USIA 30 TAHUN, CEGAH PENUAAN DINI

GLYCOLIC ACID, KANDUNGAN TERBAIK UNTUK MERAWAT KULIT SAAT BERUSIA 30 TAHUN

Di usia 30-an, gunakan produk produk perawatan kulit yang mengandung glycolic acid atau asam glikolat. Tak cuma mencerahkan wajah, zat ini juga bisa membersihkan kulit.

Asam glikolat merupakan bahan pengelupasan wajah (exfoliant) pada kelompok alpha hydroxy acid (AHA) yang ditemukan di tanaman-tanaman alami seperti batang gula, tanaman umbi dan nanas. Bahan ini memuliki molekul yang terkecil di antara kelompok asam, yang berarti bisa diserap lebih cepat oleh kulit.

Asam glikolat dapat merangsang regenerasi sel-sel baru dan kolagen yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Selain fungsi peremajaan kulit, asam glikolat juga dikenal efektif sebagai bahan eksfoliasi dengan mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki tekstur kulit yang kasar.

Glycolic acid biasa digunakan untuk mengangkat sumbatan di pori-pori kulit dan perawatan jerawat karena sangat efektif mengangkat sel minyak dan kotoran. Tak hanya pada produk exfoliator, asam glikolat juga bisa ditemukan pada produk anti-aging. Sebab bahan ini juga bisa membantu menyamarkan kulit yang kusam dan mencerahkan kulit.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa glycolic acid bisa meningkatkan produksi kolagen dan menebalkan lapisan terluar kulit. Membuat kulit menjadi lebih kenyal.

Produk asam glikolat yang digunakan bersama AHA bisa diaplikasikan pada pagi hari pada wajah yang bersih. Selanjutnya gunakan serum antioksidan dan tabir surya.

Umumnya, produk dengan kandungan asam glikolat menggunakan konsentrat dalam batas aman, yaitu 5 - 8%. Karena hanya bekerja di lapisan kulit, asam glikolat pun cenderung tak akan diserap dan masuk dalam jaringan tubuh, seperti halnya retinoic acid atau hydroquinone. Asam ini cenderung aman digunakan, bahkan oleh ibu hamil dan menyusui.

Direkomendasikan pemakaian produk asam glikolat yang berbentuk krim dan bisa dikelupas atau dalam produk cleanser. Karena bahan ini cukup keras, hindari menggunakan komponen retinol atau AHA lainnya pada waktu bersamaan karena kulit akan menjadi kering.

Kulit sensitif biasanya lebih toleran terhadap asam glikolat. Namun jika khawatir, coba lah yang konsentrasinya rendah atau gunakan tidak setiap hari.

Asam ini juga memiliki kemungkinan meningkatkan kesensitifan kulit terhadap sinar matahari. Karena itu, ada baiknya Anda juga mengaplikasikan tabir surya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon