Friday, December 28, 2018

RAWAT KECANTIKAN KULIT DENGAN VITAMIN B5, WAJAH LEBIH CERAH DAN MENCEGAH PENUAAN DINI

5 Manfaat Vitamin B5 untuk Kulit. Vitamin B5 yang disebut juga dengan asam pantotenat merupakan salah satu vitamin yang serbaguna karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Vitamin B5 ternyata juga bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit. Sebagai referensi, baca juga KOMPOSISI BAHAN PERAWATAN KULIT TIDAK BOLEH DIPAKAI BERSAMAAN

RAWAT KECANTIKAN KULIT DENGAN VITAMIN B5, DAPAT WAJAH LEBIH CERAH DAN MENCEGAH PENUAAN DINI

Vitamin B5 merupakan bagian dari vitamin B kompleks (pantothenic acid) kini sudah banyak digunakan dalam produk skin care.

Dalam skincare, vitamin B5 berfungsi sebagai humektan yang bisa menarik dan mengikat kadar air dalam kulit sehingga terus terhidrasi. Meski panthenol merupakan kandungan alkohol, tetapi jangan khawatir karena jenisnya adalah fatty alcohol yang justru bisa menenangkan kulit iritasi, melembutkan kulit, dan membuatnya terlihat lebih segar.

Berikut manfaat vitamin B5 untuk kecantikan.

Menghidrasi Kulit

Manfaat vitamin B5 untuk kulit yang pertama adalah menjaganya agar senantiasa terhidrasi. Paparan sinar matahari, terlalu lama berada di dalam ruangan ber-AC, serta gaya hidup yang kurang sehat adalah sebagian kecil dari penyebab kering dan dehidrasinya kulit. Untuk membantunya agar tidak kering dengan menciptakan lapisan pelindung guna mengunci kadar air pada kulit, Anda bisa mengandalkan vitamin B5. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak lebih lembut dan meningkat elastisitasnya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menggunakan produk skin care seperti sunscreen yang dilengkapi dengan kandungan vitamin B5 untuk mencegah supaya kulit tidak kering dan kasar, seperti pelembap dan juga face mist.

Mencegah Tanda Penuaan Dini

Vitamin B5 dapat meningkatkan produksi kolagen serta dapat meregenerasi sel kulit wajah dengan baik, sehingga tekstur kulit lebih kenyal. Selain itu, jenis kandungan ini juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit dengan mengunci kadar air dalamnya, sehingga keremajaan kulit pun senantiasa terpelihara. Vitamin B5 juga mampu meningkatkan produksi glutathione yang bekerja sebagai anti-oksidan guna melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis-garis halus yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, polusi, serta kulit yang stres.

Menenangkan Kulit Iritasi

Salah satu manfaat penting dari vitamin B5 adalah kemampuannya untuk menenangkan serta meredakan kulit yang iritasi dan mengalami luka. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa vitamin B5 atau pantothenic acid secara efektif bekerja sebagai anti inflamasi untuk dapat mengurangi iritasi dan berbagai masalah kulit lainnya. Vitamin B5 juga berperan penting untuk membantu penyembuhan luka dengan cara meningkatkan kemampuan sel kulit yang berperan dalam membentuk jaringan baru setelah terjadinya luka. Pada saat kulit mengalami luka atau iritasi, pantothenic acid bekerja untuk meningkatkan pembentukan keratinocytes yang penting untuk menjaga fungsi kulit sebagai pelindung tubuh.

Mencegah Minyak Berlebih Penyebab Jerawat

Kulit berminyak bukan hanya akan membuat wajah tampak kusam, tetapi juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat karena adanya kelebihan sebum, kotoran, serta bakteri yang menyumbat pori-pori. Vitamin B5 mampu mengurangi produksi sebum dan minyak berlebih secara efektif karena dapat meningkatkan produksi squalene yang dapat memperkuat jaringan folikel, sehingga produksi minyak berlebih pun dapat ditekan. Selain itu, pantothenic acid juga dapat bekerja sebagai antibakteri yang dapat mencegah minyak, kotoran, dan debu pada wajah yang dapat memicu terjadinya jerawat.

Menjadikan Tampilan Wajah Lebih Glowing

Vitamin B5 menjadi salah satu ingredient penting yang harus ada di dalam produk skin care jika ingin mendapatkan kulit wajah yang glowing dan tampak sehat. Vitamin B5 dapat bekerja secara efektif untuk menjadikan kulit tetap terhidrasi, terjaga kelembapanya, bebas dari iritasi dan jerawat, serta membantu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Meskipun sangat bermanfaat dan sangat mudah didapat, namun asupan vitamin B5 tidak boleh berlebihan. Maksimal orang dewasa hanya boleh mengonsumsi 5 mg vitamin B5 setiap harinya.

Kelebihan vitamin B5 dalam tubuh dapat menyebabkan reaksi alergi yang cukup mengganggu seperti gatal, kulit ruam dan kering, dada sesak, sulit bernapas, pembengkakan pada bagian tubuh seperti bibir, mulut, lidah, dan wajah, serta diare.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon