Friday, December 21, 2018

STOP PEMAKAIAN 12 HAL INI UNTUK PERAWATAN KECANTIKAN

Jangan Mengaplikasikan 12 Hal Ini pada Kulit Wajah. Banyak tips kecantikan yang menjadi viral di dunia maya dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. Namun kini sebaiknya Anda harus memikirkan ulang untuk mempraktekkannya. Sebagai referensi, baca juga Tips Perawatan Kulit Sensitif Tanpa Memakai Bahan Kimia

STOP PEMAKAIAN 10 HAL INI UNTUK PERAWATAN KECANTIKAN

Tidak semua bahan-bahan tersebut dapat diaplikasikan pada kulit wajah. Berikut ini adalah beberapa produk yang sebaiknya jangan pernah diaplikasikan pada kulit wajah.

1. Body lotion

Menggunakan body lotion untuk menggantikan pelembab wajah yang sudah habis sebaiknya jangan dilakukan karena dapat menyebabkan pori-pori kulit wajah tersumbat.

Sebaiknya, carilah pelembap yang memang dibuat khusus unttuk area wajah. Kebiasaan menggunakan body lotion pada kulit wajah jelas akan menimbulkan masalah.

2. Sabun batang

Mencuci muka sebenarnya termasuk ke dalam interaksi yang kompleks. Sabun batang jelas tidak bisa menjawab kebutuhan tersebut.

Sabun batang justru dapat menghilangkan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh kulit wajah, karena produk ini menggunakan bahan kimia yang sulit diterima oleh kulit dan tidak alami. Hasilnya bisa membuat kulit wajah terasa kasar, kering, bahkan gatal.

3. Pasta gigi

Pasta gigi memang terbukti dapat mengeringkan jerawat, namun mengaplikasikan pasta gigi ke wajah dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembapan. Pasta gigi akan menyerap kelembapan yang ada di kulit sekitar jerawat. Selain itu, bahan-bahan kimia yang ada di pasta gigi berisiko membuat kulit terbakar.

4. Hairspray

Hairspray jelas berbeda dengan setting spray yang berguna untuk membuat makeup bertahan lebih lama. Hairspray mengandung alkohol yang bisa menghilangkan kelembapan pada kulit, menyumbat pori-pori, menyebabkan iritasi, dan jerawat.

5. Lemon

Beberapa ahli kecantikan tidak menganjurkan penggunaan lemon pada kulit wajah, karena dapat membuatnya lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Setelah mengaplikasikan lemon pada kulit wajah, setidaknya beri waktu selama 24 jam.

6. Air panas

Air panas dapat mengelupas minyak alami dari kulit yang menyebabkannya kering, gatal, bahkan eksim. Rambut juga bisa menjadi kasar karena minyak alami yang hilang.

Menggunakan air panas untuk kulit wajah juga justru dapat menghilangkan kelembapan dari lapisan terluar kulit. Masih sering menggunakan air panas untuk mencuci muka?

7. Masker putih telur

Masker kulit putih memang dapat mengencangkan kulit, namun telur mentah kemungkinan mengandung bakteri salmonella yang dapat menginfeksi wajah.

8. Produk yang kadaluwarsa

Produk kadaluwarsa tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Jika digunakan dalam jangka panjang justru dapat mengiritasi kulit.

9. Lem

Lem tidak diformulasikan untuk perawatan kulit. Penggunaan lem pada kulit wajah dapat menyebabkan kulit iritasi, hipersensitivitas, jaringan parut, dan perubahan pigmentasi.

10. Hydrogen Peroxide

Sama halnya seperti lemon, hydrogen peroxide sebaiknya tidak digunakan pada kulit wajah karena selain mengiritasi kulit, juga berpotensi beracun bagi sel-sel kulit.

11. Alkohol

Mengusapkan alkohol ke wajah untuk mengobati jerawat memang terdengar bagus. Alkohol dapat mengeringkan luka dan menghilangkan bakteri serta kuman. Namun penggunaan alkohol tidak diperuntukkan untuk luka terbuka dan bagian kulit yang sensitif dan tipis seperti wajah.

Alkohol bersifat iritan dan dapat menyebabkan kulit menjadi sangat kering. Kulit yang teriritasi justru akan memperburuk kondisi kulit berjerawat, dan akan menimbulkan bekas kehitaman pada kulit.

12. Petroleum Jelly

Petroleum jelly sering kali dianggap sebagai produk ajaib karena dapat digunakan dalam berbagai cara. Salah satunya adalah untuk memanjangkan bulu mata. Namun, sayangnya banyak yang belum tahu bahwa penggunaan petroleum jelly pada bulu mata dapat memiliki dampak buruk. Jika digunakan pada bulu mata, petroleum jelly dapat menyebabkan penyakit milia yang biasa tumbuh pada area bawah mata. Selain itu, petroleum jelly juga dikhawatirkan dapat menyumbat pori-pori yang berujung dengan terjadinya bintitan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon