Wednesday, February 27, 2019

KAYA ANTIOKSIDAN, ALGA MERAH AMPUH MENGATASI PENUAAN DINI

Kandungan dan Manfaat Alga Merah Pada Produk Anti-Aging. Alga merah sejenis ganggang laut yang memiliki nama latin Rhodophyta ini diketahui tinggi akan zat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit, terutama untuk mengatasi masalah penuaan dini. Sebagai referensi, baca juga JAMUR DAN KECANTIKAN Mengandung Antioksidan Tinggi Jamur Ampuh Lawan Penuaan Dini

KAYA ANTIOKSIDAN, ALGA MERAH AMPUH MENGATASI PENUAAN DINI

Ganggang merah memiliki banyak sel yang mengandung klorofil dan zat warna merah (fikoeritrin). Hidup di laut menyerupai rumput sehingga disebut rumput laut (seaweed). Awalnya berwarna hijau, namun warnanya berubah menjadi merah tua karena terlalu lama kontak dengan sinar matahari. Hal ini terjadi ketika ganggang menghasilkan astaxanthin untuk melindungi diri dari proses oksidasi akibat paparan sinar matahari.

Saat ini, makin banyak produk skin care anti-aging yang beredar di pasaran, menggunakan alga merah sebagai bahan utamanya.

Untuk produk krim mata, produk yang mengandung alga merah bisa menjadi andalan saat Anda mengalami mata sembab dan lelah di pagi hari. Kandungan airnya menyingkirkan lingkaran hitam di bawah mata untuk menyiapkan pondasi riasan mata yang sempurna.

Skin care yang mengandung alga merah disarankan bagi pemilik kulit kering yang lebih beresiko pada kemunculan kerutan halus. Ganggang ini akan mengikat air dan menstimulus kolagen untuk mengatasinya.

Berikut kandungan serta manfaat apa saja yang dimiliki oleh alga merah.

Astaxanthin Sebagai Zat Anti-oksidan

Astaxanthin merupakan jenis karotenoid, yakni pigmen alami yang menyebabkan tanaman atau hewan dapat memiliki warna merah atau merah muda. Karotenoid termasuk sebagai zat anti-oksidan yang berperan penting dalam melawan efek buruk radikal bebas sekaligus menjaga imun tubuh.

Anti-oksidan yang terdapat pada astaxanthin 40 kali lipat lebih baik dari beta karoten, dan 6000 kali lebih kuat dibandingkan dengan vitamin C. Tak heran, jika ada banyak brand skin care yang mengenakan bahan ini sebagai ingredients utamanya. Selain melindungi kulit dari UVA dan UVB, alga merah juga baik untuk meremajakan kulit.

Protein untuk Merangsang Pembentukan Sel

Protein pada dasarnya memiliki berbagai manfaat bagi manusia, salah satunya untuk menunjang pembentukan sel-sel pada tubuh. Tak hanya dibutuhkan untuk pembentukan sel atau jaringan baru, protein juga diperlukan untuk memelihara sel atau jaringan yang telah berkembang.

Protein yang terkandung pada alga merah dikenal sangat baik untuk meregenerasi sel kulit, termasuk merangsang pembentukan jaringan tisu yang berfungsi mencegah hiperpigmentasi sekaligus menjadikan kulit tetap terlihat awet muda.

Vitamin B12 Sebagai Anti-inflamasi

Selain protein dan astaxanthin, alga merah juga memiliki kandungan vitamin B12. Vitamin yang satu ini merupakan salah satu jenis vitamin yang memiliki peranan penting untuk menjaga hidrasi kulit. Selain itu, vitamin B12 juga dapat melembapkan, sekaligus mengatasi berbagai permasalahan kulit, seperti ruam, peradangan, dan juga jerawat.

Karena dapat menghidrasi kulit dengan baik, secara otomatis vitamin B12 pada alga merah mampu mencegah kulit menjadi kering. Dengan memiliki kulit yang senantiasa terhidrasi dan bebas kering, tanda-tanda penuaan pun akan semakin berkurang.

Fatty Acid untuk Mengunci Kelembapan Kulit

Fatty acid yang terdapat pada alga merah adalah Omega 3 dan Omega 9 yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Faty acid sendiri merupakan salah satu bahan yang sebenarnya dibutuhkan kulit untuk membentuk lapisan pelindung kulit.

Fatty acid juga memiliki fungsi untuk mengunci kelembapan sel kulit secara optimal. Karena itu, kadar lembap alami pada kulit pun akan senantiasa terjaga dan selalu terlihat awet muda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon