Sunday, February 3, 2019

WAJIB TAHU, MENGENAL ISTILAH DALAM KEMASAN PRODUK TABIR SURYA

Arti Istilah yng Ada pada Kemasan Tabir Surya. Untuk kita yang tinggal di negara tropis, penggunaan tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang terik. Sebelum membeli tabir surya yang tepat untuk kulit Anda, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa istilah yang selalu ada dalam kemasan tabir surya. Lihat juga PANDUAN MEMILIH TABIR SURYA YANG TEPAT SESUAI DENGAN KONDISI KULIT

WAJIB TAHU, MENGENAL ISTILAH DALAM KEMASAN PRODUK TABIR SURYA

Berikut ini beberapa penjelasan istilah yang terdapat pada produk tabir surya.

SPF

SPF kependekan dari Suncreen Protection Factor atau faktor pelindung dari sinar matahari. Setiap produk kosmetik dan tabir surya biasanya mencantumkan angka yang menunjukkan tingkat SPF. SPF tersedia dari angka 2 hingga 60.

Tingkatan SPF menentukan waktu aman bagi kulit Anda terkena sinar matahari. Misalnya tabir surya dengan SPF 15 berarti kulit Anda akan terlindungi selama 15 kali lebih lama dari daya tahan alami kulit Anda. Jika kulit Anda biasanya mengalami kemerahan setelah 10 menit berjemur sinar matahari maka dengan memakai tabir surya SPF 15, kulit Anda aman selama 15x10 menit yaitu 150 menit.

Namun tidak berarti semakin tinggi angka SPF akan bekerja sesuai kelipatan angka tersebut. Fakta yang terjadi adalah SPF 50 hanya bisa memberi proteksi lebih banyak sekitar 1% hingga 2% dibanding SPF 30. Yang perlu diingat adalah SPF hanya berlaku untuk melindungi terhadap radiasi UV-B saja.

UV-A
Sinar ultraviolet yang masuk ke bumi dalam radius A, B dan C (UV-A, UV-B, dan UV-C). UV-A tidak terasa panas di kulit & dapat menembus kulit lebih dalam daripada sinar UV-B. Menurut studi para ahli selama 20 tahun mengatakan bahwa sinar UV-A merusak sel kulit (keratinosit) yang pada akhirnya berkontribusi dalam menyebabkan kanker kulit.

UV-B dan UV-C

UV-B adalah penyebab mengapa kulit kita menjadi terbakar ketika berada di bawah sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Paparan sinar UV-B dalam kadar yang tinggi pada kulit kita akan mendorong kulit untuk melepaskan zat histamin dalam jumlah banyak pada kulit kita akan menyebapkan pelebaran pembuluh darah dan peradangan.

Paparan UV-B dalam waktu lama akan menyebabkan sel kulit mati dan pada akhinrya mengelupas. Pernahkan kamu berenang/berjemur pada siang hari dan setelahnya kulit menjadi kemerahan, terbakar dan mengelupas? Inilah dampak buruk sinar UVB pada kulit.

UV-C dapat dihambat secara efektif oleh lapisan ozon. Sedangkan UV-A dan UV-B bisa masuk ke permukaan bumi meski juga telah disaring oleh atmosfer bumi.

PA (Protecting grade of UV-A)

PA adalah ukuran (mengacu pada standart di Jepang) yang digunakan untuk menentukan seberapa besar perlindungan sunblock untuk melindungi kulit kita dari sinar UV-A. Lebih mudahnya, jika SPF akan melindungi kulit dari sinar UV-B, maka PA akan melindungi kulit kita terhadap sinar UV-A.

PA ditandai dengan kode + (contohnya: PA+++), semakin banyak tanda (+) maka semakin tinggi tingkat proteksinya terhadap sinar UVA.

Sweatproof

Tabir surya yang berlabel sweatproof biasanya tahan terhadap keringat, sehingga tidak pudar karena keringat.

Water resistant
Tabir surya yang memiliki label water resistant dapat memberi perlindungan hingga 40 menit jika terkena air atau keringat.

Waterproof

Tabir surya yang memiliki label waterproof dapat memberi perlindungan lebih lama dibanding tabir surya berlabel water resistant yaitu hingga 80 menit jika terkena air atau keringat. Cocok digunakan jika Anda sedang berenang.

Sunblock

Sunblock merupakan tabir surya jenis fisik yang fungsinya menghalangi atau memantulkan cahaya matahari melalui permukaan kulit. Tabir surya fisik biasanya memiliki kandungan zinc oxide ataupun titanium dioxide yang berfungsi radiasi UV. Namun, sunblock hanya bisa menghalangi sinar UV-B.

Organic Sunscreen

Organic sunscreen merupakan tabir surya jenis kimia yang fungsinya menyerap atau menyaring radiasi ultraviolet (UV). Tabir surya kimia biasanya memiliki kandungan seperti octylcrylene, avobenzone, octinoxate, octisalate, oxybenzone, homosalate, 4-MBC, ataupun para-aminobenzoic acid (PABA).


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon