9 INFO PENTING SEBELUM MENGGUNAKAN VITAMIN C DALAM PERAWATAN KECANTIKAN KULIT, UNTUK MENDAPATKAN HASIL MAKSIMAL

9 Langkah Penting Sebelum Menggunakan Vitamin C untuk Kulit. Penggunaan vitamin C dalam perawatan kulit sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Vitamin C memiliki manfaat yang besar untuk kulit, salah satunya adalah melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Sebagai referensi, baca juga 5 BAHAN KOSMETIK PENGGANTI VITAMIN C UNTUK KULIT SENSITIF

9 INFO PENTING SEBELUM MENGGUNAKAN VITAMIN C DALAM PERAWATAN KECANTIKAN KULIT, UNTUK MENDAPATKAN HASIL MAKSIMAL


Ada banyak vitamin C yang dijual di pasaran, namun jenis yang digunakan, cara menggunakan, dan menyimpannya dapat mempengaruhi hasilnya. Agar hasilnya maksimal, sebaiknya Anda mengetahui beberapa hal di bawah ini sebelum menggunakan vitamin C untuk kulit.

1. Waktu yang paling tepat pakai serum vitamin C

Jika kandungan vitamin C terdapat pada serum, waktu terbaik untuk menggunakannya yakni di pagi hari. Memang, tidak ada larangan untuk memanfaatkan serum tersebut di malam hari. Akan tetapi, menurut Dr. Hogan, penggunaan di pagi hari tersebut sangatlah tepat karena radiasi sinar UV sedang berada pada titik maksimalnya.

Perlu diketahui bahwa vitamin C tidak bisa memberikan efek maksimal ketika terlalu banyak terpapar sinar. Jadi, cara paling tepat untuk menggunakan serum vitamin C, yakni membiarkannya meresap terlebih dahulu sebelum Anda mulai beraktivitas di luar. 

2. Mengaplikasikan langkah yang tepat

Untuk serum, vitamin C sebaiknya digunakan pada kulit yang baru saja dibersihkan, namun sebelum dilembapkan. Sedangkan untuk pelembap sebaiknya digunakan di akhir rutinitas.

3. Sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit 

Walaupun vitamin C baik untuk kulit, di beberapa kondisi, pemakaiannya justru bisa menimbulkan masalah. Misalnya yaitu efek menyengat pada kulit wajah sensitif yang baru saja di eksfoliasi.

Produk vitamin C yang berbeda tentu juga memiliki konsentrasi yang berbeda juga. Secara umum, vitamin C memiliki konsentrasi di bawah 5% hingga 30%.

Pemilik kulit sensitif dianjurkan menggunakan vitamin C dalam kadar sekitar 5% saja agar tidak iritasi. Namun, untuk kulit berminyak atau memiliki masalah pigmentasi, dianjurkan menggunakan vitamin C dengan konsentrasi yang lebih tinggi.

4. Jangan mencampur vitamin C dengan kandungan tertentu lainnya

Vitamin C sebenarnya cukup aman dan dapat ditoleransi dengan baik, namun jika Anda memiliki kulit sensitif, vitamin C akan sedikit berisiko. Kandungan lain yang harus dihindari agar tidak dipakai bersamaan dengan vitamin C adalah benzoil peroksida.

5. Vitamin C bisa digunakan bersamaan dengan retinol, namun hati-hati

Kedua kandungan ini tidak boleh digunakan bersamaan, karena hasilnya akan kurang efektif. Contohnya, vitamin C digunakan di pagi hari, sedangkan retinol di malam hari.

6. Pastikan untuk menyimpan vitamin C dengan benar

Vitamin C adalah produk yang sensitif terhadap cahaya dan udara, sehingga produk ini harus disimpan dalam wadah yang buram agar tidak teroksidasi.

7. Perhatikan formula keseluruhan


Perlu diketahui, produk-produk dengan kandungan vitamin C memiliki formula yang beragam, termasuk tingkat oksidasinya. Dengan demikian, kestabilannya pun juga berbeda satu sama lain.

Sebagai contoh, natrium ascorbyl fosfat dan asam L-askorbat merupakan zat yang mudah larut dalam air, sehingga bisa dikatakan memiliki sifat ringan. Nah, produk dengan kandungan dan reaksi vitamin C tersebut cocok untuk kulit wajah yang cenderung oily.

Apabila kulit Anda bertipe kering, ada baiknya untuk memilih produk moisturizer dengan kandungan vitamin C yang mudah larut dalam lemak. Contohnya yaitu tetrahexyldecyl ascorbate dan ascorbyl palmitate. 

8. Perhatikan apakah produk tersebut berubah warna

Serum vitamin C seharusnya tidak berwarna. Jika teroksidasi, warnanya akan berubah menjadi kuning atau cokelat dan kemungkinan produknya akan menjadi kurang efektif.

9. Jangan membatasi diri dengan serum

Cara terbaik untuk menggunakan vitamin C dalam rutinitas perawatan kulit adalah dengan serum. Namun, Anda tidak perlu membatasi diri, karena kamu juga bisa mendapatkan manfaat dari vitamin C dari produk pembersih, pelembap, eksfoliator, bahkan tabir surya.



0 Response to "9 INFO PENTING SEBELUM MENGGUNAKAN VITAMIN C DALAM PERAWATAN KECANTIKAN KULIT, UNTUK MENDAPATKAN HASIL MAKSIMAL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel